Sukses

Intip 4 Resep Nikmat untuk Keluarga Selama Social Distancing

Ini resep yang bisa diterapkan selama kamu dan keluarga social distancing.

Liputan6.com, Jakarta Dengan adanya wabah virus COVID-19, pemerintah menghimbau masyarakat agar social distancing dalam waktu tertentu. Dengan kata lain, kita diimbau untuk berada di rumah untuk bekerja, belajar dan melakukan aktivitas lainnya.

Bagi seorang ibu, mungkin akan memutar otak agar anggota keluarga lainnya tidak bosan dan tetap memberikan asupan makanan bergizi. 

Berikut beberapa resep yang bisa diterapkan selama kamu dan keluarga social distancing.

Semur ayam

 

Untuk membuatnya, pertama siapkan setengah ekor ayam lalu goreng sampai berwarna kecoklatan. Siapkan 6 butir telur ayam lalu rebus sampai matang dan kupas. 

Kamu juga perlu menyiapkan 1 batang serai, dua lembar daun salam, 1,5 liter air, 100 ml kecap manis, 1 sdt penyedap rasa, seperempat sdt garam, satu sdt gula merah, setengah butir pala parut. 

Selain itu, kamu perlu menyiapkan setengah sdt merica putih bubuk, 2 sdm bawang merah goreng dan 3 sdm minyak. Untuk bumbu, kamu siapkan 6 siung bawang putih, 5 butir bawang merah dan 2 cm jahe. 

Setelah menyiapkan bahan-bahan tersebut, untuk cara memasaknya, panaskan minyak di dalam panci berukuran sedang di atas api sedang. Tumis bumbu halus, serai, dan daun salam hingga harum.

Masukkan ayam dan telur, aduk rata. Tambahkan air, lalu kecap manis Bango, penyedap rasa, garam, gula merah, pala, dan merica. Didihkan. Kecilkan api, masak hingga kuah mengental. Sesaat sebelum disajikan, taburi dengan bawang merah goreng.

Cah Kangkung Manis

Menu mudah lain yang bisa kamu buat di rumah ialah cah kangkung manis. Untuk itu, siapkan bahan, seperti 1 ikat kangkung, 1 siung bawang putih lalu iris tipis, 3 siung bawang merah dan iris. Selain itu, ¾ sdt garam, setengah lada putih, setengah gula pasir, dan 3ml kecap manis bango. Siapkan pula 50ml air matang, 2 sdm minyak goreng dan bawang goreng.

Untuk membuatnya, Cuci bersih kangkung, siangi daun dan batang mudanya saja.Tumis bawang merah dan putih hingga harum. Lalu, masukan kangkung aduk hinga layu.

Tambahkan air, gula, garam dan Kecap Manis Bango. Setelah meresap, angkat dan sajikan hangat. Taburi bawang goreng sebagai pelengkap sajian. Mudah kan?

Udang Bakar Kecap Bango

 

Menu ini bisa menjadi salah satu makanan yang bisa kamu sajikan selama social distancing. Caranya pun cukup mudah. Pertama, siapkan 4 ekor udang pilihan, setegah sendok makan air jeruk nipis, setegah sndok makan margarin, setegah siung bawang putih dan setegah sendok teh garam. 

Untuk bumbu olesan, kamu perlu menyiapkan sdm bawang merah goreng, setegah sdm air jeruk nipis, satu sendok makan sau sambal, seperempat seendok teh lada putih bubuk. Dan 50 ml kecap manis bango.

Untuk membuatnya, Pertama gunting sungut udang windu, belah punggungnya dan cuci bersih.

Lumuri udang menggunakan bawang putih yang telah diparut, air jeruk nipis dan garam sampai rata, biarkan sekitar 30 menit.

Aduk semua bahan bumbu olesan jadi satu yaitu kecap manis Bango, saus sambal botol, bawang merah goreng yang di haluskan, air jeruk nipis dan lada putih bubuk. Lelehkan margarin kemudian aduk dengan bumbu olesan sampai menjadi rata.

Setelah 30 menit, maka olesi kembali udang menggunakan bumbu olesan yang telah dibuat.

Proses terakhir yaitu bakar udang dengan bara api sampai matang sambil diolesi dengan bumbu yang masih tersisa. Setelah matang, maka segera angkat dan pindahkan ke piring saji. Resep udang bakar kecap, dibuat untuk 3 porsi. 

Nasi Goreng Kambing 

Untuk makan malam, kamu bisa membuat nasi goreng kambing. Ribet? Tentu tidak. Kamu perlu menyiapkan nasi matang dan daging kambing yang sudah dipotong sesuai selera.

Untuk bumbunya kamu bisa gunakan Bango Bumbu Kuliner Nusantara varian Nasi Goreng Kambing Khas Jakarta. Kamu cukup gunakan bumbu itu untuk dimasak ke dalam nasi putih dan daging kambing yang sudah disiapkan sebelumnya. Kamu juga bisa menggantinya dengan daging ayam sesuai seleramu. Mudah bukan?

Bango Bumbu Kuliner Nusantara terbuat dari rempah-rempah pilihan, alami berkualitas tinggi, dan tanpa bahan pengawet. Jadi dijamin deh rasa masakannya tak bakal kalah dengan masakan-masakan dijual diluar sana.

Mudah bukan keempat resep di atas, jika ingin membuat kreasi masakan rumahan yang lain, kamu bisa cek www.bango.co.id.

Yuk, kreasikan masakan kamu dan tetap jaga kesehatan keluarga selama di rumah.

 

(*)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini