Sukses

5 Cerita Pernikahan yang Digelar Saat Pandemi Corona Covid-19, Termasuk Mantan Kapolsek Kembangan

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi corona COVID-19 mengubah segala tatanan aspek kehidupan, termasuk bagaimana pernikahan digelar. Banyak cerita terjadi setelah wabah merebak di Indonesia dan peringatan untuk jaga jarak digalakkan sehingga memengaruhi tata cara pernikahan. Ada yang patuh, ada pula yang ngeyel hingga berujung mutasi.

Cerita pernikahan terbaru yang menarik perhatian adalah pesta yang digelar mantan Kapolsek Kembangan Kompol Fahrul Sudiana dan selebgram Rica Andriani. Ia menggelar akad nikah dan resepsi di hotel bintang lima di kawasan Senayan pada 21 Maret 2020.

Pestanya berlangsung meriah dengan dihadiri banyak tamu, termasuk sejumlah selebgram yang menjadi bridesmaid. Sementara, para kolega mantan Kapolsek Kembangan itu mempersembahkan pedang pora untuk menghormati pasangan pengantin baru yang dilaksanakan malam harinya.

Dua minggu setelah acara pernikahan, kisah manis berubah jadi pangkal Fahrul Sudiana dimutasi menjadi analis kebijakan di Polda Metro Jaya. Pasalnya, ia dinilai melanggar Maklumat Kapolri Nomor Mak/2/III/2020 Tentang Kepatuhan Terhadap Kebijakan Pemerintah dalam Penanganan Penyebaran Virus Corona.

Maklumat Kapolri tersebut diteken per tanggal 19 Maret 2020 dan telah disebarkan ke seluruh markas komando kepolisian di seluruh Indonesia. Salah satu isinya adalah tidak mengadakan kegiatan sosial kemasyarakatan yang menyebabkan berkumpulnya massa dalam jumlah banyak, baik di tempat umum maupun di lingkungan sendiri, termasuk di antaranya resepsi keluarga.

Selain cerita pernikahan mantan Kapolsek Kembangan di tengah pandemi corona Covid-19, seperti apa empat cerita pernikahan lainnya? Simak rangkumannya berikut ini.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Resepsi Anak Wakil Wali Kota Samarinda

Drama lainnya terkait resepsi pernikahan juga dialami oleh keluarga Wakil Wali Kota Samarinda Muhammad Barkati. Sang ayah sedianya menggelar pesta pernikahan anak perempuannya Kania yang dipinang seorang anggota polisi bernama Samri pada Minggu, 22 Maret 2020.

Ia menyewa venue seluas 26 ribu meter persegi yang bisa menampung hingga 50 ribu undangan. Namun, IDI setempat meminta agar Wakil Wali Kota membatalkan acara tersebut karena dikhawatirkan membuat penyebaran COVID-19 makin meluas di Samarinda.

Imbauan itu sempat diabaikan orang nomor 2 di Samarinda tersebut. Ia keukeuh untuk menggelar pesta yang sudah direncanakan jauh-jauh hari. Dekorasi tetap dipasang, pelaminan berdiri, meja dan kursi juga dihias, hanya tinggal menunggu digelar. Bahkan, Barkati sampai turun tangan ikut menyemprotkan disinfektan di tempat acara.

Tetapi di menit-menit terakhir, Barkati akhirnya membatalkan resepsi tersebut dan membagikan makanan untuk warga sekitar. Sang putri pun menyampaikan terima kasih atas keputusan sang ayah.

3 dari 6 halaman

Pernikahan Bunga Jelitha

Cerita berikutnya datang dari Puteri Indonesia 2017 Bunga Jelitha Ibrani yang menikah dengan Syamsir Alam pada Sabtu, 21 Maret 2020. Pasangan itu memutuskan hanya menggelar akad nikah dan menunda resepsi karena pandemi corona Covid-19.

Akad nikah yang digelar di The Manor Andara, Depok, Jawa Barat, itu dihadiri sekitar 100 orang. Setiap yang datang didata sebagai bagian tindakan pencegahan, selain menyediakan hand sanitizer di sejumlah sudut bagi para tamu.

4 dari 6 halaman

Rencana Pernikahan Jessica Iskandar

Bila Bunga dan Syamsir tetap menggelar akad nikah, lain halnya dengan pasangan Jessica Iskandar dan Richard Kyle. Keduanya memutuskan menunda resepsi yang sudah dipersiapkan nyaris setahun terakhir.

Sebelum pandemi COVID-19, keduanya berencana menggelar resepsi dua kali di dua tempat berbeda, yakni pada Minggu, 22 Maret 2020 di Bandung dan Sabtu, 11 April 2020, di Bali. Namun, mereka memutuskan menunda karena situasi yang makin tak memungkinkan.

Pengumuman penundaan itu disampaikan keduanya lewat Instagram TV Jessica pada 16 Maret 2020. Richard Kyle dan Jessica Iskandar Iskandar membuat keputusan itu demi kesehatan semua tamu undangan serta pihak keluarga. Mereka tak ingin virus Corona membuat orang-orang terdekatnya resah. 

5 dari 6 halaman

Pernikahan Adinda Bakrie

Sebelum itu, sosialita Adinda Bakrie menggelar pernikahan kedua dengan Vinny Di Lucia pada 15 Maret 2020. Acara akad nikah digelar di sebuah hotel bintang lima di bilangan Gatot Subroto, Jakarta.

Pernikahan digelar sederhana dengan dihadiri kedua anaknya dan keluarga dari Adinda dan Vinny. Sahabat mereka juga turut hadir dalam acara privat itu, seperti Wulan Guritno dan Janna Soekasah.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: