Sukses

Scoot Tawarkan Voucher Refund bagi Pemilik Tiket Terdampak Pandemi Corona COVID-19

Liputan6.com, Jakarta - Scoot, maskapai bujet asal Singapura, menawarkan voucher refund bagi calon penumpang yang kepalang membeli tiket sebelum 15 Maret 2020 dengan periode perjalanan sampai 31 Maret 2020. Nilainya utuh sesuai harga tiket yang dikembalikan dan berlaku untuk 12 bulan.

Dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Kamis (19/6/2020), voucher tersebut dapat digunakan untuk pemesanan ulang tiket di kemudian hari ketika penumpang sudah memiliki rencana perjalanan yang baru. Scoot meluncurkan portal self-service untuk semua penumpang yang memenuhi syarat untuk mendapatkan voucher tersebut.

Portal membutuhkan waktu sekitar tiga minggu untuk dikembangkan dan diuji dan telah diluncurkan pada 17 Maret 2020 pukul 12 waktu Singapura. Sejak peluncuran itu, lebih dari 12.000 permintaan refund telah diajukan dan lebih dari 2.000 penumpang telah menerima refund.

"Penumpang disarankan untuk hanya menghubungi Scoot mengenai voucher apabila jadwal keberangkatan mereka dalam waktu 72 jam ke depan, karena akan lebih mudah untuk menggunakan portal self-service," demikian bunyi rilis tersebut.

Sementara, untuk semua pemesanan yang dibuat antara 15 Maret sampai 31 Mei 2020 melalui situs, aplikasi, atau situs pemesanan mini WeChat, Scoot juga akan menerapkan perubahan tanggal gratis satu kali. Namun, ketentuan perbedaan tarif berlaku.

"Untuk pemesanan tersebut, perubahan tanggal gratis satu kali dapat dilakukan sampai dengan empat jam sebelum jadwal keberangkatan, untuk perjalanan sampai 31 Maret 2021," bunyi rilis itu.

2 dari 3 halaman

Meminta Maaf

Scoot mengakui kebijakan pemberian voucher adalah respons atas situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya dan berkembang sangat cepat. Terkait hal itu, Scoot mengatakan butuh waktu lebih lama bagi agen customer service untuk merespons permintaan konsumen.

"Kami dengan tulus meminta maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan," pernyataan Scoot.

Pihak maskapai akan terus meninjau dampak wabah corona Covid-19 terhadap perjalanan udara global dalam beberapa minggu ke depan. Penumpang disarankan menghubungi Scoot melalui saluran alternatif seperti formulir feedback online kami, atau Facebook Messenger.

"Penumpang yang memesan tiket melalui pihak ketiga atau agen perjalanan disarankan untuk menghubungi pihak atau agen terkait untuk mendapatkan bantuan," pungkas rilis tersebut.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Kue Mirip Tisu Toilet Laku Dijual di Jerman
Loading
Artikel Selanjutnya
Efek Positif Italia Lockdown, Air Kanal Venesia Terlihat Lebih Jernih
Artikel Selanjutnya
Shopee Tawarkan 3 Keuntungan #BelanjaDariRumah Saat Jalani Social Distancing