Sukses

Tiba di Indonesia, Apakah Tak Akan Ada Jabat Tangan Antara Raja-Ratu Belanda dan Jokowi?

Raja Willem Alexander dan Ratu Maxima dari Belanda tiba di Indonesia untuk kunjungan kenegaraan dan dijadwalkan menemui Presiden Jokowi hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima tiba di Indonesia pada Senin sore, 9 Maret 2020. Pesawat pasangan Kerajaan Belanda itu mendarat di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, untuk memulai kunjungan kenegaraan di Indonesia. Namun, ada hal yang menarik perhatian, apakah mereka akan berjabat tangan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi)?

Dikutip dari laman nltimes.nl, Selasa (10/3/2020), pasangan kerajaan itu dikabarkan tidak akan bersalaman selama kunjungan kenegaraan berlangsung. Tindakan tersebut diambil untuk mengurangi risiko tertular virus corona Covid-19, seperti disampaikan dalam briefing sebelum mereka terbang.

Aturan tak berjabat tangan itu kemungkinan akan dikecualikan saat resepsi berlangsung di Istana Bogor pada Selasa (10/3/2020) dengan tuan rumah Presiden Jokowi. Pengecualian aturan juga bisa berlaku saat menghadiri resepsi bersama Sultan Yogyakarta, Hamengkubuwono X, pada keesokan hari.

Dikutip dari laman Hello, Ratu Belanda tampak chic dengan gaun biru berkerut dengan detail pada bahu rancangan Oscar de la Renta. Ia berjalan berdampingan dengan suaminya Raja Willem Alexander saat turun dari pesawat kenegaraan.

Ibu tiga anak itu memadukan gaun selututnya dengan sepasang court shoes berbahan suede dan syal berwarna krem yang dilingkarkan di lengannya. Sang Ratu menyempurnakan penampilannya sore kemarin dengan sepasang anting kerang dari Seaman Schepps.

Sementara pagi ini, Raja dan Ratu Belanda mengunjungi Taman Makam Pahlawan Kalibata untuk memberikan hormat pada para pahlawan. Tampilan Ratu Belanda lebih netral dengan gaun motif berkerah bulat berwarna abu-abu. Sabuk warna kunyit melingkari pinggangnya, yang senada dengan sepasang sarung tangan dan clutch yang dipegangnya.

Pasangan kerajaan itu meletakkan karangan bunga sebelum mereka berpindah menuju Istana Bogor. Di sana, keduanya akan menemui Presiden Jokowi yang telah menunggu.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Agenda Kunjungan

Bulan lalu, Pemerintah Belanda menyampaikan bahwa Raja Willem dan Ratu Maxima akan melawat ke Indonesia atas undangan Presiden Jokowi. Kunjungan kenegaraan itu berlangsung empat hari yakni 10--13 Maret 2020. 

Selama kunjungan, pasangan tersebut akan mendatangi sejumlah kota, yakni Jakarta, Yogyakarta, Danau Toba, dan Palangka Raya.

Ratu Belanda berencana menambahkan agenda selama kunjungan di Indonesia terkait perannya mewakili Sekjen PBB sebagai Duta Khusus untuk Keuangan Inklusi bagi Pembangunan. Ia bertugas untuk membuat layanan keuangan mudah diakses oleh semua orang, khususnya bagi kelompok masyarakat bawah, perempuan, UMKM, dan petani kecil.

Kedatangannya ke Indonesia kali ini merupakan kunjungannya yang keempat di dalam tugasnya mewakili PBB. Dalam kunjungan tersebut, pasangan kerajaan didampingi oleh Menteri Perdagangan Luar Negeri dan Kerjasama Pembangunan Sigrid Kaag dan Menteri Infastruktur dan Manajemen Air Cora van Nieuwenhuizen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.