Sukses

Kuliner Malam Jumat: Ayam Plus Keju yang Enak, Kenyang dan Murah di Dekat Kampus Binus

Liputan6.com, Jakarta -  Bina Nusantara atau lebih populer dengan nama Binus bukan hanya dikenal sebagai salah satu universitas terkemuka di Jakarta. Di sekitar kampus Binus juga terdapat ragam pilihan kuliner yang enak, terjangkau dan mengenyangkan.

Salah satunya ada di kampus Binus Syahdan yang berlokasi di Jalan KH Syahdan, Kemanggisan, Jakarta Barat. Di kawasan yang padat dan nyaris tak pernah sepi ini dipenuhi berbagai macam usaha kuliner, mulai dari pedagang makanan keliling, warteg, warung kecil, kedai sampai restoran besar dan kafe.

Beberapa langkah dari Binus Syahdan dan terletak di dalam gang yang hanya bisa dilalui mobil di satu jalur, ada kedai Ciz ‘n Chic yang cukup menarik perhatian. Bukan hanya tempatnya yang cukup besar, tapi hampir selalu ramai pengunjung. Selain besar, tempatnya juga cukup nyaman dan bersih. Di sini juga ada toilet dan colokan kabel di pojok kanan dan kiri ruangan.

Sesuai namanya, kedai ini menyajikan ayam sebagai menu utama dan keju sebagai menu pendamping yang diolah menjadi beragam menu kekinian. Lalu, apa keistimewaan Ciz n’ Chic dibanding tempat makan lainnya di sekitar kampus Binus yang jumlahnya sangat banyak?

"Selain rasa, menurut saya harganya terjangkau apalagi buat kantong mahasiswa. Dengan uang Rp20 ribu di sini sudah bisa menikmati makanan, seperti di kafe atau restoran. Porsinya juga cukup banyak, mungkin itu yang faktor utamanya," terang Suryanto Wijaya selaku owner Ciz n’ Chic pada Liputan6.com, baru-baru ini.

"Tujuan utama saya buka tempat makan ini karena mau menyajikan makanan seperti di kafe atau restoran, tapi bisa dinikmati banyak orang karena harganya terjangkau. Tentunya dengan bahan-bahan yang terbaik dan bersih," sambung pria yang akrab disapa Surya itu.

Sebagai lulusan kuliah di bidang perhotelan di Bandung, Surya sempat bekerja di restoran. Namun, itu tak bertahan lama, karena sejak awal ia memang ingin membuka usaha kuliner. Ia kemudian memilih Jakarta untuk membuka tempat usaha. Kebetulan ada temannya yang punya warung mi instan di dekat kampus Binus Syahdan.

"Tempatnya lumayan besar jadi saya join tempat sama teman saya, Lokasinya juga nggak jauh dari tempat yang sekarang ini. Akhirnya saya buka usaha dengan modal pas-pasan di tahun 2006. Meski modalnya nggak besar tapi ternyata bisa lancar dan terus berkembang sampai saat ini," kenang Surya.

Karena suka ayam, ia memilih ayam sebagai menu utama dan dipadukan dengan keju. "Dulu setahu saya belum banyak yang menyajikan menu ayam dengan keju, mungkin karena itu langsung menarik perhatian dan jadi banyak yang suka," tuturnya.

Olahan ayam yang disajikan Ciz n’ Chic umumnya dibuat berbentuk sreak atau potongan daging Lalu ada yang ditaburi keju atau disiram berbagai macam saus, seperti black pepper, mushroom, BBQ dan mayonaise.

Tak hanya ayam, mereka juga menyajikan menu daging sapi dan ikan.Berawal dari hanya 9 menu makanan, kini ada 35 pilihan menu makanan dan 35 jenis minuman.

Untuk makanan ada beberapa menu yang populer seperti Hot Chic Mozarella, Chic Cordon Bleu, Chic Schnitzel, Chic Melted, Fish & Chip, Tenderloin Steak, Mixed Grill, Spaghetti Aglio Olio dan masih banyak lagi. Untuk minuman, ada beragam minuman hangat, minuman dingin, soda, jus, dan smoothies.

Tak hanya ramai pengunjung, Ciz n’Chic juga cukup banyak menerima pesanan ojek online. "Kalau yang makan di sini kebanyakan memang mahasiswa, tapi kalau pesan online yang banyak juga yang keluarga atau orang kantoran. Penjualan dari online lumayan banyak juga, ya mungkin sekarang orang banyak yang malas jalan karena sibuk atau macet, mendingan pesan online lebih gampang," terang Surya.

2 dari 3 halaman

Menu Terfavorit

Menu yang paling favorit adalah Hot Chic Mozarella. Menu ini terdiri diri paha ayam fillet yang dibalur keju mozarella dan disajikan dengan sambal bawang yang gurih. Lalu ada lima menu paket All For Nineteen seharga Rp19 ribu. Menu ini terdiri dari Chicken With Spicy Mayo, Dorry Bites With Spicy Mayo, Nasi Sosis Telur Black Pepper, Nasi Kulit Telur Sambal Bawang dan Wings and Rice.

Semua menu sudah termasuk satu porsi nasi dan minuman es teh manis dan teh panas. Sesuai dengan ‘semboyannya’ yaitu ‘Makan & Minum Enak & Kenyang, menu paket ini memang pas jadi andalan karena memang enak, mengenyangkan dan terjangkau.

"Selain Hot Chic Mozarella, menu paket Rp19 Ribu termasuk yang paling favorit. Dimana lagi dapat makanan yang enak, bikin kenyang plus dapet minum dengan harga di bawah Rp20 ribu," ucap Surya.

Menu paket yang sudah ada sejak 2017 ini juga jadi terobosan Ciz n’ Chic menghadapi gempuran pedagang ayam geprek, gepuk dan sejenisnya yang sangat menjamur pada tiga tahun lalu.

"Wah itu pengaruh juga karena banyak yang jual dengan harga sangat murah. Saya coba bikin paket Rp19 ribu ini dan ternyata sambutannya bagus banget. Saya sempat bernazar kalau paket ini sukses mau ajak beberapa karyawan senior saya liburan ke Singapura dan ternyata tercapai," ujar Surya sambil tersenyum.

Meski sekarang sudah mempunyai lima kedai yang semuanya berlokasi di beberapa kampus di wilayah Jakarta Barat, Surya mengakui usahanya tak selalu berjalan mulus dan ramai.

"Namanya usaha pasti ada turun naiknya. Saya buka di kampur juga nggak sengaja karena memang dapet tempat di sini. Daerahnya memang ramai, tapi kampus ada banyak liburnya juga. Masa libur mereka total bisa sekitar lima bulan," terang Surya.

"Terus kampus Binus sekarang ini kan ada di tempat lain juga, jadi ramainya sudah agak berkurang. Ya itu risiko dan tantangannya. Lumrah aja, yang penting kita jalani usaha dengan benar dan semangat, semua pasti ada jalan keluarnya," ucap pria yang membawahi sekitar 60 karyawan itu dengan nada optimis.

Surya bahkan berencana membuka cabang baru yang katanya masih akan berlokasi di kawasan Jakarta Barat. Beberapa menu baru juga sudah disiapkan agar lebih variatif.

"Untuk harga juga akan ada kenaikan, tapi nggak banyak nggak sampai 10 persen. Apalagi kita udah tiga tahun belum pernah naik harga," kata Surya.

Kalau Anda mau mencicipi seperti apa makanan dan minuman di Ciz n’ Chic, bisa datang setiap Senin sampai Sabtu dari pukul 9.30 sampai 21.30 WIB.

Ada dua kedai di dekat kampus Binus yaitu Binus Anggrek dan Binus Syahdan, lalu ada di dekat kampus Trisakti, Tarumanegara (Untar) dan Mercu Buana. Khusus di kedai Binus Syahdan dan Binus Anggrek buka setiap hari di jam yang sama.

 

Kami menerima kontribusi konten untuk rubrik Kuliner Malam Jumat, yaitu tempat kuliner yang cukup dikenal, punya ciri khas, dan masih buka pada malam hari. Konten harus berupa tulisan, foto dan video berdurasi sekitar 3 menit.

Tulisan berupa cerita mendalam tentang tempat kuliner malam yang diangkat sekitar 1.000 sampai 1.500 kata, foto minimal lima buah, dan video. Format konten video bisa dilihat dari video Kuliner Malam Jumat yang sudah ditayangkan.

Hasil liputan dikirim ke email: dinny.mutiah@kly.id. Tersedia hadiah menarik bagi yang karya terpilih. Untuk pertanyaan lebih detil tentang konten liputan Kuliner Malam Jumat, bisa ditanyakan melalui alamat e-mail yang sama.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Kue Mirip Tisu Toilet Laku Dijual di Jerman
Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Liburan Cerdas Tanpa Habiskan Banyak Uang, Staycation O'Clock!
Artikel Selanjutnya
Renovasi Udara, Alam Sutera Tanam 2000 Pohon demi Lingkungan Lebih Baik