Sukses

Berapa Kisaran Penurunan Berat Badan yang Aman?

Menurunkan berat badan tidak bisa drastis bila tak ingin mengundang penyakit lain ke tubuh Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tak mau punya berat badan ideal? Selain lebih fit, risiko terkena penyakit berbahaya lebih rendah dibanding mereka yang memiliki berat badan berlebih maupun kurang.

Memiliki berat badan yang ideal memang penting, tapi tak bisa sembarangan. Bila saat ini sedang berupaya menurunkan angka timbangan ke berat ideal, Anda harus mengetahui kisaran penurunan berat badan yang aman.

dr. Fala Adinda dari Jovee menekankan bahwa proses menurunkan berat badan harus dilakukan secara bertahap. Menurunkan berat badan secara signifikan justru akan memperburuk kondisi tubuh dan memicu hadirnya berbagai penyakit, seperti kurang gizi dan munculnya batu empedu.

Kisaran batas penurunan berat badan yang optimal adalah sekitar 0,5 hingga 1 kg per minggu. Usahakan untuk tak melebihi batas tersebut untuk menjaga kesehatan.

Lalu, bagaimana caranya menurunkan berat badan hingga mencapai tahap ideal? Ada empat poin yang bisa Anda lakukan. Berikut detailnya:

1. Makan dengan Porsi yang Tepat

Untuk mendapatkan berat badan normal, Anda harus makan dengan jumlah yang tepat. Mengonsumsi makanan dengan jumlah berlebih dapat memicu timbulnya obesitas atau kelebihan berat badan.

2. Pilih Nutrisi yang Tepat

Usahakan untuk selalu mengonsumsi makanan yang sehat, seperti sayur, buah, dan kacang-kacangan. Batasi juga jumlah asupan makanan berlemak jenuh, termasuk susu, keju, dan daging.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Dapatkan Berat Badan Ideal

3. Imbangi dengan Gerak Aktif

Setelah mengonsumsi berbagai nutrisi yang sesuai, Anda juga perlu mengimbangi dengan melakukan gerak aktif. Hal ini dilakukan agar kalori bisa langsung diproses dan tidak tertimbun di dalam tubuh.

4. Penuhi Kebutuhan Nutrisi dengan Suplemen

Anda memiliki gaya hidup yang aktif, namun tak sempat berolahraga dan belum melakukan pola makan dengan optimal? Penuhi kebutuhan nutrisi dengan asupan vitamin dan suplemen untuk menjaga sistem imun tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.