Sukses

Corak Bunga Langka dari India Percantik Koleksi Barli Asmara di MUFFEST 2020

Liputan6.com, Jakarta - Desainer Barli Asmara tiada henti berinovasi dan mencipta karya-karya. Tahun ini, ia kembali memperkenalkan koleksi teranyar bertajuk Neelakurinji di Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2020.

Sebagai lanjutan dari koleksi sebelumnya yakni Dehaliya 2, Neelakurinji tentunya masih dibalut dengan nuansa India. Koleksi teranyar yang terdiri atas 12 look ini terinspirasi dari keindahan bunga yang langka dari India.

Bunga tersebut hidup di pegunungan sebelah barat India. "Neelakurinji itu bunga yang tumbuh 12 tahun sekali," kata Barli Asmara di Jakarta Convention Centre (JCC), Jakarta Pusat, Sabtu, 22 Februari 2020.

Barli butuh eksplorasi cukup lama untuk mendalami serangkaian koleksinya. Semuanya bermula di 2008, ia mengawalinya dengan mengumpulkan cerita soal sejarah hingga value India.

"(Observasi India) mulai dari movie, pakaian, cara bicara, cara mereka bawa selendang," lanjut desainer kelahiran Bandung tersebut.

Sementara, para model yang memeragakan busana rancangan Barli Asmara di MUFFEST 2020 ini tampil dengan signature makeup look daily glow dari Wardah yang merupakan polesan makeup artist Allysa Hawadi.

 
2 dari 3 halaman

Keindahan Neelakurinji

Koleksi ini menampilkan keindahan dan keunikan dari bunga tersebut neelakurinji yang dituangkan dalam motif dan teknik potongan kain yang dibalut tulle dan organza.

"Siluet dan cutting-nya romantis tulle bordir dari bunga-bunga tersebut yang tipis tidak terlalu timbul," lanjutnya.

Barli Asmara memilih tidak memasukkan detail yang telalu berat, seperti penggunaan payet. Ia menyebut harus percaya diri dan berani koleksi baju hadir dengan sentuhan polos dan simpel.

"Saya masukkan warna salem, ice blue, ice mint, beige, semi-gold, warna-warna yang dilihat demand on trend seperti itu," tambah Barli.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: