Sukses

7 Rute Kereta Api Paling Berbahaya di Dunia

Perjalanan dengan kereta api adalah salah satu yang teraman. Namun, ada sejumlah rute kereta api yang paling berbahaya di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Kereta api telah menjadi cara bepergian yang disukai sejak awal. Mereka lebih nyaman daripada mengendarai mobil, lebih luas dari pesawat terbang, dan lebih ramah perjalanan daripada bus.

Dari balik jendela kompartemen, Anda dapat menikmati keindahan desa, hutan belantara, kota, atau sawah yang subur. Kereta api merupakan salah satu moda transportasi teraman di seluruh dunia.

Namun, ada beberapa rute kereta api paling berbahaya yang akan membuat para pelancong paling berani sekalipun meneteskan keringat. Dilansir dari Times of India, Selasa, 19 Februari 2020, berikut rute-rute kereta api yang paling berbahaya di dunia.

Tren A Las Nubes, Argentina

Rute sepanjang 217 km, jalur kereta ini bertanggung jawab untuk menghubungkan Salta di Argentina dengan Polvorillo di Chili. Butuh 27 tahun untuk pembangunannya dan sudah beroperasi sejak 1948. Seluruh bentangannya terletak 4.200 m di atas permukaan laut dan sepertinya perjalanan melalui awan. Untuk menempuh 217 km, kereta membutuhkan waktu 16 jam karena melewati 29 jembatan dan 21 terowongan.

Rute Chennai-Rameswaram, India

Chennai adalah kota metropolitan paling selatan di India dan Rameswaram adalah tujuan ziarah terkemuka di negara ini. Perjalanan kereta api ini dari Chennai ke Rameswaram mencakup bentangan sepanjang 2,3 km yang benar-benar membentang di atas lautan. 

Rute White Pass dan Yukon, Alaska

Awalnya rute ini berfungsi sebagai jalur kereta api utama untuk melayani tambang emas di daerah tersebut selama demam emas awal abad ke-20. Dengan jatuhnya industri pertambangan, rute ini ditutup pada 1982 dan beroperasi lagi pada 1988. Rute ini membentang sejauh  67 km dari Skagway ke Carcross yang melewati lereng yang curam, menangguhkan tebing dan sungai.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rute Devil Nose, Ekuador

Ini adalah bentangan sepanjang 12 km di Ekuador yang sering disebut spesimen kereta api paling mengesankan di negara ini. Namun, ini tidak menghilangkan turunan 500 meter, yang hampir vertikal dalam kemiringan. 

Kuranda Scenic Railway, Australia

Menghubungkan Cairns dan Kuranda di Queensland, Australia, rute kereta api sepanjang 34 km ini merupakan campuran dari 15 terowongan, 93 sudut tajam, dan lebih dari 40 jembatan. Belum lagi situs Warisan Dunia UNESCO di Taman Nasional Barron Gorge yang juga ada di antaranya.

Cumbres dan Toltec Scenic Railroad, New Mexico

Yang ini adalah rute sempit sepanjang 103 km yang menghubungkan Chama di New Mexico dan Antonito di Colorado. Terletak di ketinggian 3000 mrter di atas permukaan laut (mdpl). Lintasan ini melewati Cumbres Pass dan Toltec Gorge. Rasakan adrenalin Anda mencapai puncaknya saat kereta melintasi tepi tebing, lingkaran batu, dan terowongan sempit.

Lingkaran Georgetown, Colorado

Rute ini awalnya dibangun pada 1877 dengan tujuan untuk mengakses tambang perak di wilayah ini. Ini menghubungkan dua kota ― Georgetown dan Silver Plume di Pegunungan Rocky. Jalur ini sempat ditutup pada 1939, kemudian dibuka kembali pada 1984 untuk tujuan pariwisata. Ini adalah perjalanan singkat hanya lebih dari 7 km tetapi dalam jarak ini wisatawan bisa melewati jembatan Clear Creek Valley dan Devil's Gate High Bridge.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.