Sukses

6 Khasiat Buah Rambutan, Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Mumpung rambutan sedang musimnya. Jangan lupa dinikmati manfaatnya.

Liputan6.com, Jakarta - Rambutan merupakan buah yang banyak tumbuh di negara dengan iklim tropis seperti Indonesia. Buah dengan ciri khas rambut yang tumbuh di sekeliling kulit tersebut kini sedang memasuki musimnya.

Rak hanya enak, buah ini juga mengandung sejumlah nutrisi, yakni vitamin C, tinggi serat, zat besi, fosfor, protein, dan mineral. Diketahui, jika Anda mengonsumsi 5-6 buah rambutan, Anda bisa memenuhi kebutuhan vitamin C sebesar 50 persen. 

Buah bernama latin Nephelium lappaceum memiliki rasa yang manis dan menyegarkan bila matang sempurna. Di musim rambutan seperti ini, tentu Anda akan dapat dengan mudah menemukannya di pasar hingga supermarket. 

Berikut ini beberapa khasiat buah rambutan yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu, 12 Februari 2020. 

1. Menjaga Kekebalan Tubuh

Antioksidan yang terdapat dalam buah rambutan dapat membantu tubuh untuk melindungi diri dari serangan penyakit. Antioksidan ini diketahui berasal dari kandungan vitamin C yang ada pada rambutan.

Asupan vitamin C yang masuk ke dalam tubuh dapat mendorong produksi sel darah putih untuk melawan infeksi. Semakin sedikit vitamin C dalam tubuh, sistem imun pun akan semakin lemah dan rentan terhadap serangan penyakit. 

2. Menjaga Kesehatan Jantung 

Vitamin C yang terkandung dalam buah rambutan dapat memperbaiki dinding pembuluh darah dan menurunkan risiko serangan jantung. Dengan mengonsumsi rambutan, Anda bisa terhindar dari penyakit akibat rusaknya dinding pembuluh darah.

 

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Dilansir dari Healthline, setiap 100 gram daging rambutan yang dikonsumsi mengandung 75 kalori dan 1,3-2 gram serat. Kandungan serat yang tinggi dan kalori rendah tersebut yang akan membantu Anda menurunkan berat badan.

Dengan makan buah rambutan, dijamin Anda dapat mengurangi nafsu makan dan justru akan merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama. 

4. Melancarkan Pencernaan 

Rambutan memiliki daging buah yang mengandung serat tidak larut air. Jenis serat ini merupakan nutrisi yang langsung melewati sistem pencernaan. Dengan begitu, serat tersebut akan membantu mendorong kotoran yang ada di dalam usus. 

Bantuan serat tidak larut air tersebutlah memperlancar pencernaan Anda dan mudah untuk mengeluarkan kotoran saat buang air besar. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari sembelit dan susah buang air besar. 

5. Menjaga Kesehatan Rambut 

Kandungan vitamin C yang ada dalam rambutan ternyata juga bisa membantu menyehatkan kulit kepala, sehingga menguatkan rambut dan mencegah kerontokan. Selain itu, rambutan pun memiliki kandungan protein yang dapat memperkuat akar rambut dan meningkatkan kualitas rambut. 

6. Baik untuk Kesehatan Tulang 

Tidak hanya kaya akan vitamin, rambutan pun mengandung mineral yang baik untuk tulang. Mineral utamanya terletak pada tembaga yang ada dalam daging buah. Tembaga ini berfungsi untuk pertumbuhan dan pemeliharaan berbagai sel tubuh, seperti sel pada tulang. 

Cukup dengan mengonsumsi empat buah rambutan, Anda bisa memenuhi 20 persen kebutuhan tembaga harian. Tidak hanya itu, Anda pun bisa memenuhi asupan mangan, fosfot, kalium, magnesium, besi,dan seng meskipun jumlahnya tidak banyak.(Tri Ayu Lutfiani)

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.