Sukses

Kenalan dengan Model Plus Size Pertama dari Arab Saudi

Liputan6.com, Jakarta - Perempuan cantik terutama para model, selama ini kerap identik dengan kulit putih, rambut panjang, dan tubuh kurus atau langsing. Seiring berjalannya waktu, standar kecantikan mulai mengalami perubahan.

Kini, setiap perempuan punya kesempatan menampilkan ciri khas kecantikan berbeda. Perubahan standar kecantikan itu memicu munculnya para model dari berbagai kalangan, etnis, ras, kulit, sampai ukuran tubuh.

Sekarang ini banyak model yang tubuhnya berukuran besar atau biasa disebut model plus size. Salah satunya Ghaliah Amin. Dilansir dari Arab News, 24 November 2019, namanya mulai jadi perhatian dan pembicaraan saat tampil dalam Fashion Forward Dubai, baru-baru ini.

Ghaliah menampilkan busana yang dipilih oleh rumah mode Reemami dari Uni Emirat Arab (UEA). Pemilihan itu merupakan upaya agar para model menjadi lebih inklusif.  Ia merasa senang dan antusias karena sekarang dunia mode sudah menampilkan keragaman wanita, terutama dari segi fisik.

"Orang-orang senang melihat keragaman di peragaan busana dan di industri fashion. Sangat senang bisa merasakan pengalaman berharga seperti ini di Dubai. Saya berharap bisa melanjutkannya," tutur Ghaliah.

Model yang juga berprofesi sebagai presenter televisi itu percaya penerimaan terhadap keragaman model juga karena budaya dan tradisi Timur Tengah memandang profesi tersebut sebagai hal yang tabu.

Meski begitu, Ghaliah bersyukur bisa menjadi salah satu yang pertama mengukir sejarah di dunia model. Wanita asal Arab Saudi yang kini tinggal di Dubai ini ingin agar sejumlah perempuan memiliki harapan yang sama.

2 dari 3 halaman

Nyaman dengan Semua Tipe Tubuh

Ghaliah punya tujuan yang sederhana saja, yaitu agar semua perempuan, terutama perempuan Arab, merasa lebih nyaman dengan semua tipe tubuh. Ia ingin mereka memahami bahwa lekuk tubuhnyalah yang membuat beda dari orang lain dan istimewa.

"Saya perhatikan sejak saya kecil dunia mode dan merek-merek kelas atas hanya menghubungkan diri mereka dengan tipe tubuh tertentu. Ini membuat saya merasa tersadar sebagai seorang anak. Hal itulah yang kemudian membuat saya ingin menjadi titik perubahan," ucapnya.

Ghaliah ingin membantu para perempuan untuk menyadari bahwa siapa pun dapat terlihat dan merasa cantik, terlepas dari tipe tubuh mereka.

Ghaliah sendiri sudah digandeng 11 Honoré, sebuah platform ritel yang menawarkan produk ukuran plus dari desainer kelas atas. Selain itu, ia juga pernah menjadi model Good American, sebuah produk jeans persembahan Khloe Kardashian.

Ghaliah juga meluncurkan media sosial yang positif pada 2018 berjudul "Ana Ghalia" di Instagram. Bila diterjemahkan, kata itu berarti "Saya berharga".

Tujuan dari media sosial itu mempromosikan kepositifan tubuh dan merangkul inklusi. Dari situlah, Ghaliah Amin berharap bisa menginspirasi sesama wanita lainnya yang bertubuh curvy.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Arab Saudi Kini Tak Pisahkan Pria dan Wanita Saat di Restoran
Artikel Selanjutnya
Raja Salman: Rakyat Saudi Marah Akibat Penembakan di Markas AL Florida