Sukses

Di Goa Ini Kamu Bisa Temukan ‘Jejak’ Histori Belanda dan Jepang

Berdasarkan sejarahnya, ternyata goa tersebut adalah milik belanda dan diambil alih oleh Jepang.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia telah merdeka selama 74 tahun. Meski dari lebih dari puluhan tahun bebas dari para penjajah, namun seberapa besar kamu tahu tentang sejarah penjajahan?

Jika ingin tahu historinya, kamu bisa datang ke Goa Belanda-Goa Jepang yang berada di Desa Pusakamulya Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta. Tempat ini memiliki jejak historitas karena merupakan saksi bisu kekejaman penjajah di masa lalu.

Mungkin kamu bingung kenapa di satu goa ini ada dua nama negara atau penjajah. Jadi berdasarkan sejarahnya, ternyata goa tersebut adalah milik belanda dan diambil alih oleh Jepang.

Tempat ini sebenarnya bukan asli alias dibuat paksa oleh oleh warga Purwakarta ketika zaman penjajahan.

Goa tersebut dibuat pertama kali pada 1812 dan memiliki banyak kamar persembunyian serta penyimpanan mesiu dan senjata.

Goa yang berada di ketinggian sekitar 700 meter di atas permukaan laut dan masuk dalam kawasan puncak Gunung Burangrang itu kemudian memperbanyak ruangan pada 1918.

Fungsinya dimaksimalkan pada 1941, kemudian pada 1942, Jepang mengambil alih goa lain yang lebih kecil dan alami.

Nah untuk menjaga warisan budaya ini, pemerintah setempat pun melakukan renovasi. Aspek sarana infrastruktur mulai dibangun dan akses menuju lokasi diperbaiki.

Kini di sekitar Goa Belanda-Jepang, ada wisata alam lain yang bisa kamu nikmati. Mulai dari horse riding, camping ground, hingga agro wisata, dan lintas alam. Bukan hanya itu saja, bahkan lokasi ini juga bisa dijadikan salah satu pilihan untuk foto pre wedding juga lho! 

 

(*)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.