Sukses

5 Trik Rahasia Menyulap Ruang Gelap Jadi Lebih Cerah

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah desain interior yang bagus dan sehat ditandai dengan pencahayaan yang cukup, baik alami maupun buatan. Selain membantu membunuh bakteri, pencahayaan akan memberikan nuansa hangat dan cerah pada keseluruhan ruang.

Apabila ruangan sudah terlanjur didesain dengan nuansa gelap, Anda bisa membuatnya lebih cerah tanpa harus mengecat ulang dinding ruang. Dekoruma akan memberikan lima trik rahasia untuk membuat ruangan Anda lebih cerah daripada biasanya. Mari kita simak di bawah ini.

Perbanyak elemen putih

Aksen elemen putih bisa menciptakan aura ruang yang lebih ceria. Hal ini dikarenakan warna putih memberikan keseimbangan warna pada ruang. Selain itu, warna putih akan menciptakan ilusi ruang yang lebih luas apabila ruang terkesan sempit.

Tak harus mengecat ulang dinding dengan warna putih, elemen warna putih bisa Anda hadirkan lewat beberapa furnitur besar didampingi dengan dekorasi kecil. Jika warna putih dirasa membosankan, kombinasikan warna putih dengan warna cerah lainnya seperti kuning atau coklat muda.

Gunakan pelapis dinding warna cerah

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan pelapis dinding yang bisa dilepas pasang. Trik ini cocok bagi Anda yang sedang menyewa hunian, baik itu rumah atau apartemen, dan dinding dari hunian tersebut tidak boleh dicat ulang.

Pemilihan wallpaper pun harus diperhatikan. Warna-warna muda cocok untuk menciptakan kesan ruang yang lebih luas. Jika Anda ingin menggunakan wallpaper berpola, pilih kombinasi warna pola yang didominasi dengan skema warna gelap.

2 dari 2 halaman

Jangan Gunakan Gorden Tebal

Gorden memang berfungsi untuk melindungi Anda dari sinar matahari berlebih dan memberikan privasi. Namun pada kasus seperti ini, kehadiran gorden yang tebal dan terlalu banyak justru membuat ruangan makin gelap.

Lama-kelamaan, ruangan akan mempengaruhi kondisi psikologis Anda dan menjadi tidak bergairah melakukan segala sesuatu.

Jangan gunakan gorden dengan model black out alias gorden yang bisa menghalau sinar matahari secara total. Gunakan gorden model sheer atau tembus pandang. Dalam waktu yang bersamaan, sinar matahari tetap bisa menyinari ruangan dan memberikan privasi.

Memanfaatkan tanaman dalam ruang

Warna hijau tanaman selalu jadi idola banyak orang karena memberikan kesegaran mata saat melihatnya. Hal ini berlaku juga pada ruang gelap Anda. Dengan meletakkan beberapa tanaman hijau, warnanya akan kontras dengan warna dinding sehingga ruang terlihat lebih terang.

Tidak hanya bermanfaat sebagai penghidup ruangan saja, pilihlah tanaman dalam ruang yang bisa menjernihkan udara juga. Beberapa di antaranya adalah lidah mertua, sri rejeki, dan peace lily.

Tambahkan cermin

Selain membuat ruangan terlihat lebih luas, cermin juga bisa memantulkan cahaya dari luar ruangan melalui jendela. Supaya fungsi cermin bisa bekerja lebih maksimal di ruangan gelap, pasang di dinding yang berseberangan dengan jendela. Trik ini akan membuat sinar matahari langsung memantul ke cermin.

Loading