Sukses

4 Koleksi Boneka Barbie yang Gambarkan Keragaman

Boneka barbie, baik laki-laki dan wanita selama ini digambarkan hanya berasal dari ras Kaukasian dengan wajah dan badan yang rupawan. Jarang diketahui, ternyata Barbie memiliki koleksi boneka yang merangkul berbagai etnis bahkan bentuk tubuh.

Liputan6.com, Jakarta - Boneka barbie merupakan salah satu mainan favorit bagi anak perempuan. Parasnya yang cantik, rambutnya panjang, dan badannya kurus juga menjadikan boneka tersebut seolah sosok wanita yang sempurna. Tak ayal, anak-anak hingga orang dewasa kerap berimajinasi untuk dapat menjadi sesempurna Barbie.

Terdapat beberapa kasus wanita atau pria yang rela melakukan operasi plastik demi bisa mirip boneka yang sudah eksis sejak 1959 ini. Hal tersebut membuat beberapa pihak merasa bahwa bentuk Barbie selama ini merupakan representasi yang kurang sesuai terhadap bentuk tubuh yang ada di dunia nyata.

Tak hanya bentuk tubuh, warna kulit dan rambut, tinggi badan, hingga etnis yang selama ini monoton juga membuat orang berpikir bahwa sosok yang cantik adalah sosok yang memiliki kriteria yang mirip dengan boneka yang diproduksi oleh perusahaan Mattel itu.

Melihat situasi yang ada, perusahaan Barbie pada 2016 mulai berinovasi untuk membuat berbagai variasi. Barbie mengeluarkan boneka dengan berbagai bentuk tubuh, etnis dan pekerjaan. Pada bulan Juli 2019, mereka juga meluncurkan boneka dengan disabilitas.

Liputan6.com merangkum dari laman resmi Barbie, 27 Agustus 2019, berikut adalah berbagai bentuk barbie yang sudah semakin beragam, tidak hanya seperti kriteria yang kita tahu selama ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Berkulit Gelap

Setelah selama ini barbie banyak digambarkan sebagai wanita dari ras kulit putih, Mattel mengeluarkan boneka dengan kulit berwarna gelap disertai dengan rambut hitam yang kribo. Boneka ini cukup merepresentasikan orang dengan kulit hitam yang biasanya berasal dari Afrika.

3 dari 5 halaman

Etnis Tionghoa

Keluaran Barbie dengan etnis Tionghoa ini sebenarnya bukan hal yang baru dilakukan oleh Barbie. Hanya saja, masih jarang orang yang mengetahui adanya keluaran boneka ini.

Barbie dengan etnis ini direpresentasikan dengan baik karena terdapat perbedaan pada struktur wajah seperti mata dibuat lebih sipit, seperti karakteristik yang dimiliki di dunia nyata. Tak hanya itu, warna kulit juga diubah menjadi lebih putih dan tentunya dengan rambut hitam.

4 dari 5 halaman

Badan Lebih Berisi

Gebrakan yang dibuat pada 2016 ini bertujuan untuk mendukung body positivity atau gerakan untuk berpikir positif dan mencintai tubuh sendiri. Barbie mengeluarkan boneka dengan bentuk tubuh yang lebih berisi atau curvy dari yang kita tahu selama ini. Diharapkan dengan adanya keragaman bentuk tubuh, wanita-wanita dapat merasa lebih percaya diri akan tubuhnya.

5 dari 5 halaman

Badan Bidang dan Kurus

Tak hanya wanita, perusahaan Mattel juga mengeluarkan versi laki-laki yang selama ini kita tahu sebagai Ken. Versi awal dari Ken digambarkan dengan laki-laki berbadan kokoh yang memiliki otot perut dan lengan. Hal ini semakin membuat seolah pasangan Ken dan Barbie menjadi sosok yang sempurna di samping wajah mereka yang rupawan.

Koleksi ini dikeluarkan untuk menghargai keragaman bentuk tubuh laki-laki. Karenanya, dikeluarkan boneka dengan sosok laki-laki dengan badan besar dan bidang serta laki-laki dengan badan yang kurus. (Novi Thedora)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.