Sukses

Bro-Sis, Ini 4 Alasan Kenapa Kamu Bisa Andalkan Jasa Kurir Online Agar Tambah Sukses

GrabExpress hadir menjadi solusi layanan pengiriman online.

Liputan6.com, Jakarta Pertumbuhan bisnis di Indonesia berkembang sangat pesat, baik secara offline atau online. Apalagi saat ini pertumbuhan bisnis UMKM dan online sellers-pun mulai mampu bertahan menghalau terpaan para pesaing.

Dalam perkembangannya, tak sedikit pula UMKM dan online sellers yang mengandalkan jasa pengiriman paket via online karena interaksi dan transaksi dapat dilakukan tanpa mengenal waktu dan tempat. Dengan perkembangan teknologi saat ini, para pelaku usaha dapat mengirim barang dengan berbagai pilihan pengantaran.

Keuntungan pengiriman barang secara online bukan hanya berlaku bagi para pelaku usaha saja, tapi juga pelanggan. Lewat jasa pengantaran online, pelanggan bisa menerima barang sesuai waktu yang ditentukan.

Nah dalam rangka membantu pertumbuhan bisnis UMKM, layanan kurir online milik Grab bernama GrabExpress hadir menjadi solusi layanan pengiriman online. Dengan empat fitur GrabExpress yang dirancang khusus untuk online sellers,  layanan pengiriman dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien.

  • Langganan Paket Hemat: Para pengguna GrabExpress dapat memanfaatkan langganan paket hemat (Subscription) untuk menikmati harga pengiriman yang lebih hemat. Fitur paket hemat saat ini tersedia di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Makassar, Medan, Bali, Semarang, Manado, Palembang, Yogyakarta, dan Lampung.
  • Pengiriman Instan dan Same-Day: Armada GrabCar dapat membantu pengiriman barang dengan berat maksimal 150 kg dan GrabBike seberat 15 kg. Pengiriman instan dapat menjamin bahwa paket pengguna akan tiba dalam waktu kurang dari 3 jam setelah waktu pengambilan. Sementara itu, khusus di Jakarta tersedia fitur same-day dimana pengguna bisa mengirim barang dengan lebih hemat dan sampai di hari yang sama. 
  • Bukti Pengiriman & Pelacakan Langsung: Dengan fitur ini pengguna dapat memantau proses pengiriman melalui pelacakan lokasi kurir. Selain itu, pengguna juga akan mendapat bukti pengiriman barang melalui foto yang akan diambil kurir pada saat pengambilan dan penerimaan barang. Grab juga menyediakan asuransi untuk barang yang dikirimkan.
  • Kirim ke Banyak Tujuan & Banyak Pemesanan Sekaligus: Fitur Kirim ke Banyak Tujuan pada aplikasi GrabExpress dapat membantu proses pengiriman hingga ke 5 alamat dalam 1 pesanan. Fitur ini saat ini tersedia di kota Jakarta, Bandung, Makassar, Medan dan Surabaya. Sementara, fitur Pesan Banyak Sekaligus mengizinkan pengguna untuk memesan hingga 10 mitra pengemudi dalam waktu yang bersamaan. Dengan kedua fitur ini, pengguna bisa melakukan pengiriman hingga ke 50 alamat berbeda! 

Kisah Sukses Pedagang Asinan Online

Grab meluncurkan GrabExpress dengan tujuan untuk mengembangkan usaha para pelaku bisnis. Salah satu pelaku usaha yang berhasil memanfaatkan GrabExpress adalah pasangan suami istri Fanggang dan Yusuf. Mereka adalah pelaku bisnis industri rumahan yang menikmati kemudahan mengirimkan produk makanan olahan rumahannya secara online.

Fangfang dan Yusuf memilih resign dari pekerjaannya dan membuka bisnis makanan berbasis internet bernama FangsKitchen pada Oktober 2018. Asinan buah dengan rasa pedas, asam dan manis menjadi menu andalan FangsKitchen. Berawal dari kegemarannya akan asinan, Fangfang sering membuatnya untuk acara-acara yang diselenggarakan oleh temannya.

Alhasil banyak yang memesan asinan buatan Fangfang untuk beberapa acara. Hal ini menginspirasinya untuk menekuni bisnis ini hingga saat ini.

 

"Sekarang kami bagi tugas, saya mengurus produksi makanan dan suami bertugas untuk pemasaran. Kami juga saat ini dibantu 2 karyawan untuk memproduksi dan memproses pengantaran pesanan setiap harinya," kata Fangfang. 

Nah tantangan industri makanan adalah memastikan pesanan tiba di tangan pelanggan dengan cepat dan dalam kondisi yang baik. 

"Asinan FangsKitchen menghadirkan buah yang lebih beragam dan premium, termasuk mangga, jambu kristal, nanas, rambutan, stroberi, kiwi dan plum. Oleh karna itu kami ingin terus menjaga kepuasan pelanggan, sehingga memilih mitra pengantaran yang tepat sangatlah penting," jelas Fangfang. 

Maka dari itu, sejak awal FangsKitchen memanfaatkan jasa pengiriman GrabExpres untuk mengantar setiap pesanan, pada para pelanggannya di Jabodetabek. 

"Sejak menggunakan GrabExpress, bisnis saya tumbuh sekitar 80 persen, karena saya bisa fokus kepada produk dan layanan saya, dan tidak perlu pusing memikirkan logistik. Saya dan pelanggan merasa puas karena waktu pengambilan dan pengantaran yang cepat sehingga bisa tiba di tangan pelanggan dengan keadaan segar. Fitur favorit saya di GrabExpress adalah GrabExpress Same Day, dimana pelanggan bisa menang banyak dengan biaya pengantaran yang lebih hemat, dan mitra pengemudi juga bisa lebih fleksibel mengatur pengiriman," tambah Fangfang.

Ya, GrabExpress menjadi layanan kurir ekspres berbasis aplikasi milik Grab yang menjanjikan kecepatan, kepastian. Paling utama adalah keamanan. FangsKitchen pun merupakan satu dari lima juta wirausahawan mikro yang tergabung dalam platform Grab di Indonesia. 

 

(*)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini