Sukses

Catatan Akhir Pekan: Mereka yang Sukses di Usia Senja

Liputan6.com, Jakarta - Lazimnya bertambahnya umur berpengaruh terhadap kesusksesan seseorang. Semakin tua kondisi fisik kian lemah. Meski begitu, ada sejumlah orang yang justru mengalami kesuksesan di usia yang tak lagi muda.

Kondisi itu yang kadang mencuatkan per pernyataan bahwqa usia bukan rintangan untuk menggapai kesuksesan. Kesuksesan bisa diraih dalam rentang usia yang beragam. Sukses bisa diraih dalam usia muda, bisa juga saat usia senja.

Berikut sejumlah orang yang terbilang sukses justru dalam usia tua. Mereka sukses dalam berbagai bidang, di antaranya dalam bisnis kuliner, olahraga, otomotif.

2 dari 5 halaman

Colonel Sanders

Kisah Harland David Sanders atau yang dikenal dengan nama Colonel Sanders menjadi inspirasi banyak orang, terutama para pengusaha. Lelaki kelahiran Henryville, Indiana, Amerika Serikat, 9 September 1890, baru menuai sukses pada usia 65 tahun dengan mendirikan restoran cepat saji KFC. 

Seharusnya, di usia senjanya ia berada di rumah menikmati hari tua, tapi lain halnya dengan Sanders. Ia justru membangun bisnis ayam gorengnya hingga sukses dan berkembang ke berbagai negara. Resep ayam gorengnya disukai banyak orang.

3 dari 5 halaman

Bambang Hartono

Semangat Bambang Hartono untuk meraih medali dalam ajang Asian Games 2018 tak kalah dengan atlet-atlet muda. Bos PT Djarum ini sukses memboyong medali perunggu pada usia 78 tahun.

Dengan status sebagai orang terkaya di Indonesia, tentunya Bambang tak butuh bonus yang diberikan pemerintah. Ia pun memutuskan menyumbangkan bonus sebesar Rp 250 juta untuk organisasi bridge.

4 dari 5 halaman

Kawasaki Shozo

Nama lain yang juga sukses di usia tua adalah Kawasaki Shozo. Ia awalnya bekerja pada perusahaan pembuatan kapal, kemudian membangun Kawasaki Dockyard Co Ltd pada 1896.

Kawasaki Shozo lahir di Jepang di daerah Kagoshima pada 2 Desember 1837. Ia baru mencapai sukses saatusia 59 tahun setelah  berusaha keras membangun usahanya. Kini, nama Kawasaki menjadi salah satu nama besar di bidang otomotif yang  dikenal di berbagai penjuru dunia.

Di luar nama mereka, tentu masih banyak orang yang sukses saat usia senja. Tentu, semua didasari dengan kesungguhan dalam menjalani bidang keahlian mereka.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini

Loading