Sukses

Beda Usia 24 Tahun... 6 Fakta Miss Moskow yang Dikabarkan Dicerai Eks Raja Malaysia

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Mantan Kepala Monarki sekaligus Kepala Negara Malaysia, Yang di-Pertuan Agong Sultan Muhammad V, dikabarkan menikah dengan pemenang kontes kecantikan Miss Moscow 2015, Oksana Voevodina di tengah cuti dari tugas kerajaan dengan alasan medis pada November 2018 lalu.

Media besar Malaysia, seperti New Strait Times dan Sinar Harian, telah memublikasikan berita tentang pernikahan itu lewat situs daring mereka masing-masing. Namun tampaknya, berita yang dimaksud telah ditarik dari peredaran.

Sosok Oksana Voevodina kemudian jadi sorotan karena menikahi Raja Malaysia. Belakangan, dirinya kembali jadi buah bibir karena rumor perceraiannya yang hingga kini belum ada klarifikasi.

Berikut ini 5 fakta Oksana Voevodina, wanita cantik yang kabarnya ditalak tiga oleh raja Malaysia, Liputan6.com kutip dari beragam sumber, Jumat (19/7/2019):

1. Menikah dengan Gabungan Tradisi Malaysia dan Rusia

Upacara pernikahan Oksana Voevodina dan Sultan Muhammad V berlangsung pada 23 November 2018 di Barvikha Concert Hall, Moskow, Rusia. Meski terkesan tertutup, media sosial menyambut baik berita tersebut.

Pernikahan kerajaan, yang menggabungkan tradisi Melayu dan Rusia, diadakan di Barvikha Concert Hall di Moskow, Rusia, demikian seperti dikutip dari outlet media gaya hidup Malaysia, Hype.my, Minggu 25 November 2018.

Sedikit yang diketahui tentang pernikahan kerajaan itu, dengan sejumlah media Malaysia minim merilis pemberitaan.

2 dari 4 halaman

2. Memiliki Nama Baru Setelah Memeluk Islam

Miss Moscow 2015 Oksana Voevodina dilaporkan memeluk Islam sebelum menikahi Sultan Muhammad V.

Ia kemudian menggunggah fotonya, mengenakan jilbab, di samping suami yang baru dinikahinya. Setelah jadi mualaf Oksana Voevodina punya nama baru: Rihana.

3. Buka Instagram

Pada 3 Juni 2019 ini, Rihanna membuka akun Instagram baru yang diverivikasi dengan centang biru. Di dalamnya berisi sejumlah foto diri dan saat bersama pasangannya Sultan Muhammad V.

Di tengah kabar perceraiannya, ia mengunggah video singkat yang justru menunjukkan keromantisan mereka.

 

3 dari 4 halaman

3. Berkarier di Dunia Model

Sebelum menikah dengan Raja Malaysia, ia bekerja sebagai model di China dan Thailand, serta sempat berpartisipasi dalam sebuah reality show televisi di mana ia digambarkan menjalin asmara pada sesama kontenstan, lengkap dengan adegan asmara mereka.

Konon, kisah-kisah yang dianggap 'cabul', foto-fotonya sebagai model, dan penampilannya di televisi dinggap menodai citra Sultan Muhammad V di kalangan Muslim konservatif, yang merupakan mayoritas di negara asalnya, Kelantan.

4. Gagal jadi Permaisuri Kerajaan Malaysia

Desas-desus yang beredar terdengar bahwa raja-raja di Negeri Jiran dilaporkan tak menyetujui penobatan Oksana Voevodina sebagai permaisuri Kerajaan Malaysia.

Tanpa sebab yang digembar-gemborkan, Sultan Muhammad V akhirnya turun takhta. Ia kembali ke Kelantan, memimpin kerajaan dan rakyat di wilayah yang ada di timur laut Semenanjung Malaysia.

Oksana Voevodina pun gagal jadi Permaisuri Kerajaan Malaysia.

 

4 dari 4 halaman

5. Lebih Muda 24 Tahun dari Suaminya

Miss Moscow 2015, Oksana Voevodina disunting Sultan Muhammad V yang kala itu Raja Malaysia saat dirinya masih berusia 25 tahun. Saat itu sang suami sudah hampir setengah abad, berumur 49 tahun.

Kabar pernikahan pasangan beda usia 24 tahun itu ramai di media sosial. Sejumlah media Malaysia sempat mengabarkannya, sebelum menarik artikel soal itu. Sementara, pihak istana memilih diam, Perdana Menteri Mahathir Mohamad pun mengaku tak tahu.

6. Dirumorkan Cerai Setelah Melahirkan

Oksana Voevodina, Miss Moscow 2015 bersama sang buah hati. (dok. Instagram @rihanapetra/https://www.instagram.com/p/ByrlX-nC7F9/Putu Elmira)

Kabar perceraian Sultan Kelantan Muhammad V dan Oksana sejatinya sempat tersebar pada Januari 2019 lalu. Namun, rumor ini dengan cepat dibantah dan berlalu begitu saja. Pihak Oksana yang diwakili sang ayah dan direktur Miss Moscow menampik kabar keretakan hubungan keduanya.

Dilansir dari The Star, Selasa 16 Juli 2019, sebuah dokumen perceraian yang menunjukkan atas nama perempuan Rusia, Rihana Oksana Gorbatenko telah sah diceraikan talak tiga.

Dokumen perceraian diyakini telah diajukan pada 22 Juni 2019 lalu di Singapura. Permohonan perceraian baru disahkan oleh Pengadilan Syariah pada 1 Juli 2019. Perceraian ini terjadi beberapa pekan setelah sang istri melahirkan anak pertama mereka.

Kendati demikian, hingga kini belum ada keterangan resmi dari kedua pihak.

Istana Kelantan sejauh ini baru mengeluarkan pernyataan untuk menegur praktik menyebut orang-orang tertentu sebagai "Permaisuri of Kelantan", "Raja Perempuan Kelantan", "Sultanah Kelantan" atau "Ratu Kelantan" tanpa penganugerahan resmi dari istana.

Pernyataan itu secara luas berspekulasi untuk ditargetkan pada laporan dan posting media sosial yang menyebut Rihana sebagai "ratu" atau gelar kerajaan lainnya.

"Yang Teramat Mulia Dr Tengku Muhammad Faiz Petra Ibni Sultan Ismail Petra adalah Tengku Mahkota Kelantan, dan ibu Yang Mulia Sultan Muhammad V, Yang Maha Mulia Tengku Anis Almarhum Tengku Abdul Hamid diberi gelar Raja Perempuan Tengku Anis," ujar Pengawas Keuangan Rumah Tangga Kelantan Nik Mohd Shafriman Nik Hassan dalam pernyataan itu.

Sumber mengatakan keluarga kerajaan Kelantan juga terganggu oleh posting Instagram Rihana di mana ia menyatakan harapan bahwa suatu hari putranya akan menjadi putra mahkota negara dan "raja masa depan Malaysia".

"Pemahaman yang tidak jelas tentang adat istiadat kerajaan seperti itu sangat tidak pantas. Anda harus menjadi raja untuk menjadi Raja Perempuan Kelantan," kata sumber lain yang dekat dengan lingkaran kerajaan. 

Sementara Rihana malah memposting video romantis saat bersama mantan raja Malaysia itu.

 
 
 
View this post on Instagram

...

A post shared by Rihana Oksana Petra (@rihanapetra) on

Setelah gagal jadi Permaisuri Kerajaan Malaysia, apakahh ia juga tak akan bisa jadi Raja Perempuan Kelantan?

Loading
Artikel Selanjutnya
Polisi Larang Aktivitas hingga Media Sosial Zakir Naik di Seluruh Malaysia
Artikel Selanjutnya
Indonesia dan Malaysia Bertemu Lakukan Pertukaran Informasi Haji