Sukses

5 Bagian Penting Kitchen Set yang Wajib Dipelajari Sebelum Membeli

Liputan6.com, Jakarta - Keberadaan sebuah kitchen set dalam dapur memiliki peran esensial. Selain membuat desain dapur lebih memukau, kitchen set mampu menjadikan dapur lebih rapi sehingga kegiatan memasak di rumah pun jadi menyenangkan.

Apabila Anda sedang merencanakan untuk menghadirkan kitchen set, Anda harus memikirkannya dengan matang. Ada lima bagian yang harus diperhatikan dengan seksama sebelum membelinya, seperti dilansir Dekoruma, beberapa waktu lalu.

Kabinet Bagian Atas

Kabinet bagian atas berfungsi untuk menyimpan alat memasak yang jarang dipakai dan berbobot berat. Dipasang secara berdampingan di dinding atas, kabinet atas harus memiliki kedalaman maksimal 40 cm.

Apabila langit-langit Anda cukup tinggi, berikan plafon atau material solid tertutup di atas kabinet. Hal ini dilakukan untuk mencegah permukaan kabinet dari kitchen set Anda menjadi sarang debu.

2 dari 3 halaman

Kabinet Bagian Bawah

Kabinet bagian bawah dikhususkan untuk menyimpan barang-barang yang sering Anda pakai. Selain berfungsi sebagai penyimpanan, area ini kerap juga dijadikan tempat meletakkan microwave.

Bentuk penyimpanannya pun beragam, mulai dari model lemari pintu hingga laci. Apapun bentuknya, sebaiknya kabinet memiliki kedalaman maksimal 60 cm.

Backsplash

Terletak di antara kabinet atas dan bawah, backsplash berguna untuk melindungi dinding dari cipratan air dan minyak saat Anda sedang memasak atau mencuci piring. Biasanya, bahan yang digunakan sebagai backsplash adalah keramik yang mudah dibersihkan.

Bagian kitchen set ini juga menjadi elemen dekoratif sentral dari dapur. Tak heran, banyak kitchen set yang menggunakan backsplash dengan aneka bentuk.

3 dari 3 halaman

Counter Top

Counter top atau bagian kitchen set yang terletak di atas kabinet bawah berfungsi sebagai meja saat Anda menyiapkan bahan masakan Anda. Di samping itu, terdapat bak cuci piring dan kompor tanam yang bisa dipasang di bagian ini.

Counter top berbentuk papan dari material antigores, mudah dibersihkan dan tahan panas serta air, seperti marmer dan granit. Warna dari counter top harus disesuaikan dengan desain dapur supaya tidak mengganggu keselarasan bagian lainnya.

Cooker Hood

Cooker hood yang berada di atas kompor sangat membantu sirkulasi udara di dapur. Hal ini dikarenakan cooker hood mengisap semua asap dan uap yang dihasilkan saat memasak.

Udara di dapur pun jadi lebih segar dan bebas dari bau yang tidak diinginkan. Bagian kitchen set ini bisa diletakkan di antara kabinet atas atau di posisi lainnya dan harus berdampingan dengan kompor.

Loading
Artikel Selanjutnya
Dapur Mewah Bunga Zainal, Bikin Betah Masak
Artikel Selanjutnya
Penghisap Asap Dapur Hoodplus Bikin Memasak Makin Nyaman