Sukses

Konser Jakarta City Philharmonic Edisi 21 Curi Perhatian Ribuan Penonton

Liputan6.com, Jakarta - Jakarta City Philharmonic (JCP) kembali hadir memukau lewat konser edisi #21 dengan mengusung tema Schummaniade. Konser ini berlangsung pada Rabu, 19 Juni 2019 di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki.

Ini adalah konser ketiga dari rangkaian konser orkes kota JCP 2019. Ada delapan konser yang bakal diselenggarakan mulai April hingga November 2019.

"Sebanyak delapan edisi JCP akan mewarnai tahun ini disetiap bulannya. Konser perdana JCP diselenggarakan pada April, masih bernaung di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki yang mampu menampung 1.200 penonton." kata Anto Hoed, Ketua Komite Musik Dewan Kesenian Jakarta melalui keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com.

Jakarta City Philharmonic 2019 berhasil menarik perhatian masyarakat dan hal itu terlihat dari meningkatnya jumlah pendaftar pada setiap konser yang diadakan. Sebanyak 2000 orang tercatat melakukan registrasi daring pada konser JCP, sementara kapasitas gedung pertunjukan Teater Jakarta hanya mampu menampung 1200 penonton.

Antusiasme yang besar ini menjadi faktor pendorong Pemerintah Daerah Khusus Ibukota Jakarta (Pemda DKI) untuk ikut mengembangkan program yang telah memasuki tahun keempat pada 2019 ini.

Lewat Unit Pengelola Pusat Kesenian Jakarta (UP PKJ) Taman Ismail Marzuki, Pemda DKI bersama Dewan Kesenian Jakarta dan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) berusaha menyuguhkan pertunjukan musik klasik dunia yang berkualitas, terjangkau serta dapat menjadi kebanggaan warga Jakarta.

"Dalam rekam jejak dua tahun, JCP telah membuktikan diri sebagai orkes simfoni yang mampu menampilkan permainan bagus dan memperoleh simpati dari banyak penonton setia pada setiap konsernya. Saya berharap tahun ini kita dapat mengangkat JCP satu tingkat lebih tinggi lagi." jelas Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta.

"Selain menjadi orkes simfoni terbaik di Indonesia, JCP juga harus menjadi bagian dari agenda pariwisata ibu kota, simbol Jakarta sebagai metropolitan yang mempunyai tingkat peradaban baik, sekaligus kebanggaan warga Jakarta dan sekitarnya," tambahnya.

2 dari 3 halaman

Di Balik Tema Schummaniade

Konser Jakarta City Philharmonic edisi 21 mengangkat tema Schummaniade yang mengacu pada salah satu satu komposer Eropa Barat terpenting era Romantik Robert Schumann.

Sementara, akhiran "iade" berasal dari istilah "Schubertiade" atau perkumpulan penggemar music Franz Schubert sehingga Schumanniade diartikan sebagai pementasan karya-karya Schumann yang dirayakan bersama.

Konser kali ini membawakan karya-karya legendaris Robert Schumann dengan konserto piano dalam A minor, Op. 54 dan simfoni kedua dalam C mayor, Op. 61, Adi Morag dengan Octobones untuk Dua Marimba rearansemen Alfin Satria dan Algi Dilanuar, serta Mochtar Embut dengan Suita Kaliurang.

Jakarta City Philharmonic Edisi #21 diaba langsung oleh pengaba utama JCP Budi Utomo dan berkolaborasi dengan pianis terkenal, Harimada Kusuma. (Devita Nur Azizah)

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Melbourne Symphony Orchestra Siap Kembali Beraksi di Yogyakarta
Artikel Selanjutnya
Bantu Bonita Adi yang Alami Kecelakaan, Sahabat Gelar Konser Malam Dana