Sukses

Tips Menikmati Kopi dan Teh yang Lebih Sehat

Ada tips untuk bisa menikmati kopi dan teh dengan lebih sehat. Bagaimana caranya?

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tak suka minum teh atau kopi? Dua minuman khas ini sepertinya tak bisa lepas dari kebiasaan minum masyarakat Indonesia.

Beberapa orang tidak bisa beraktivitas tanpa mengonsumsi kopi atau teh. Bahkan banyak juga yang saat bangun tidur harus langsung ngopi atau ngeteh dulu sebelum beraktivitas.

Mereka mengatakan baru merasa bisa berkonsentrasi setelah menikmati segelas kopi atau teh hangat. Kali ini ada tips untuk menikmati kopi dan teh dengan lebih sehat.

Dilansir dari Fimela, 15 Juni 2019, ternyata disarankan untuk minum air putih terlebih dahulu sebelum ngopi atau ngeteh. Demi kesehatan, sangat disarankan untuk minum air putih dulu sebelum meneguk teh atau kopi.

Teh dan kopi sama-sama terbuat dari bahan alami, seperti daun teh dan biji kopi. Keduanya sama-sama mengandung kafein, hanya saja kandungan kafein dalam kopi lebih banyak daripada teh.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan Berlebihan

Kafein adalah kandungan yang dapat meningkatkan energi dan bisa membuat kita lebih aktif dan terjaga. Namun kalau konsumsinya berlebihan bisa memberi efek negatif pada tubuh seperti masalah pada jantung.

Minum air putih sebelum ngopi atau ngeteh akan mengencerkan kekentalan kafein dan menurunkan efek berbahayanya. Selain itu, kadar pH kopi adalah 5 dan teh adalah 6. Bisa dibilang, kopi dan teh sama-sama memiliki kadar asam yang tinggi.

Kalau dikonsumsi secara berlebihan bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Jadi, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi teh dan kopi secara berlebihan. (Ivana Okta/Fimela.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.