Sukses

Mengintip Ruang Favorit Keluarga Jokowi Saat Menyantap Sajian Plataran Menteng

Jokowi ternyata sudah menjadi pelanggan restoran Plataran Menteng sejak sebelum menjadi presiden.

Liputan6.com, Jakarta - Nama Plataran Menteng makin naik daun setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih restoran yang berada di hoek sebagai lokasi pengumuman nama calon wakil presiden yang mendampinginya dalam Pilpres 2019, Agustus 2018 lalu. Ternyata, orang nomor 1 di Indonesia tersebut sudah lama jadi pelanggan restoran berkonsep fine dining tersebut.

"Sebelum jadi presiden, beliau sudah ke sini," kata Corporate Marketing Communication Plataran Hotels and Resorts, Maitri Widyakirana kepada Liputan6.com, beberapa waktu lalu.

Tak hanya Jokowi, ia juga menyebut sang istri, Iriana, juga terkadang menyantap makan siang di restoran yang berdiri di bekas kediaman seorang dokter kandungan ternama, Liem Khe Loen. Hal itu tak mengherankan mengingat restoran tersebut menyediakan beragam makanan Nusantara dengan teknik memasak yang berbeda.

Salah satu ruangan yang sering ditempati keluarga Jokowi adalah Ruang Mangkunegaran. Berada di lantai 2, ruang makan ini memiliki jendela lebar dengan pemandangan daun-daun pohon mangga tua nan rimbun.

Satu meja panjang berkapasitas ideal 10 orang menjadi diletakkan di tengah ruang yang beralas karpet merah. Sementara, sepasang kursi beralas rotan ditaruh di sisi kanan ruangan, yang bisa menjadi tempat duduk ajudan saat menunggu Jokowi selesai makan.

Sesuai namanya yang merupakan nama Keraton Solo, kesan megah dan anggun terasa dengan desain ruang memiliki sentuhan Jawa. Perabot dari kayu mendominasi ruang tersebut, misalnya deretan kursi makan dan lemari pajangan berukir yang menandakan berasal dari Jepara.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apa Favorit Jokowi?

Lemari pajangan yang berdiri menempel dinding dengan wallpaper bermotif berisi sejumlah peralatan makan. Ada piring, mangkuk, cangkir, hingga teko berdesain klasik.

Menurut Maitri, desain piranti makan tersebut dipilih agar selaras dengan konsep ruang makan yang ditempati. Meski terkesan lama, ia meyakinkan bila seluruh perabot itu diproduksi baru-baru ini.

Piranti makan juga ditata di atas meja, masing-masing depan kursi. Ada gelas kristal dan piring dengan sekelilingnya disepuh warna emas. Mendampinginya, ada pisau, garpu, dan sendok logam yang disepuh warna emas.

Ruddy Wahyudi, Operation Manager Plataran Menteng mengatakan tak ada yang permintaan khusus dari Jokowi saat datang ke tempat itu. "Yang penting enggak pedes. Tempe makan, tahu makan, ayam, dia sederhana saja," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.