Sukses

4 Cara Jaga Kulit Wajah Tetap Bercahaya Saat Puasa

Sebenarnya tak terlalu sulit, tetapi mempraktikkan tips untuk membuat kulit wajah tetap bercahaya ini membutuhkan komitmen tinggi.

Liputan6.com, Jakarta - Puasa membuat asupan cairan berkurang sepanjang siang. Dampaknya, kulit Anda rentan keringan dan kusam. Padahal, aktivitas biasanya semakin padat selama Ramadan. Penampilan kuyu tentu akan menurunkan kepercayaan diri dan bisa merusak kinerja sehari-hari.

Tak boleh terus berlanjut, ada baiknya simak tips yang dibagikan makeup artist Vivi Thalib dalam acara Laneige Beauty in Ramadan di Jakarta, pekan lalu. Relatif praktis dan bisa diikuti, apa saja?

1. Selalu gunakan pelembab

Tips menghalau kulit kering yang pertama adalah menggunakan pelembab. Kandungan air di dalamnya membuat kulit bisa terhidrasi. "Aku selalu bawa pelembab ke mana-mana," kata Vivi.

Semua jenis kulit wajah membutuhkan pelembab, tidak terkecuali kulit berminyak. Meski terlihat kenyal, sebenarnya kulit bagian dalam memerlukan tambahan air yang bisa diperoleh dari luar.

Bagi pemilik kulit berminyak, direkomendasikan memilih pelembab yang berbahan dasar air. Salah menggunakan pelembab, kulit Anda malah akan semakin berminyak.

2. Rutin merawat kulit

Vivi menekankan riasan apapun akan tampak kurang pas bila kulit wajah tak dirawat. Maka itu, penggunaan produk-produk perawatan kulit wajib dilakukan.

Secape apapun, selalu luangkan waktu untuk menghapus makeup sebelum tidur. Dengan begitu, kulit bisa bernapas. Anda bisa mengoleskan krim malam, esens, dan serum yang akan bekerja dengan baik selama kulit beristirahat.

Pemakaian produk perawatan kulit wajah juga sangat disarankan sebagai dasar makeup. Dengan begitu, riasan akan lebih maksimal.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perawatan dari dalam

3. Minum air putih

Asupan cairan dalam tubuh memegang faktor penting untuk kesehatan kulit. Memakai pelembab takkan cukup untuk menjaga kesehatan kulit tanpa minum air mineral. Selama berpuasa, disarankan untuk minum air minimal dua gelas setelah buka puasa, empat gelas di antara makan malam hingga tidur, dan dua gelas saat sahur.

4. Konsumsi sayur dan buah

Kandungan cairan dan serat dalam sayur, juga buah sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam. Maka itu, lengkapi menu makan sahur maupun buka puasa dengan sayuran dan buah-buahan. Selain menyegarkan seketika, konsumsi kedua jenis makanan juga akan membantu menjaga kulit terhidrasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.