Sukses

Cerita Akhir Pekan: 6 Tips Mengatasi Lapar Mata Saat Ramadan

Liputan6.com, Jakarta - Saat menjalankan ibadah puasa, mengalami rasa haus ataupun lapar ketika hari menjelang siang adalah hal yang wajar. Menahan lapar dan haus dirasakan semua umat muslim pada saat Ramadan.

Yang banyak menjadi masalah sepertinya bukan menahan lapar perut, tapi menahan lapar mata. Banyak penjual makanan bertaburan menjelang berbuka, dan membuat mata yang lapar akhirnya tergerak untuk membeli.

Padahal belum tentu semua yang dibeli itu akhirnya bisa dimakan semuanya sesampainya di rumah atau di tempat kita berbuka. Kalau ternyata tak semua makanan disantap, tentu akan ada sisa makanan.

[bacajuga:Baca Juga]3964089 3964089 3969083)               

Kalau itu terjadi selama sebulan penuh, bisa Anda bayangkan berapa banyak makanan yang terbuang percuma dan jadi mubazir. Selain itu makanan atau minuman yang tak jadi dikonsumsi akan menimbulkan banyak sampah.

Dampak negatif lainnya dari lapar mata adalah membuat bujet bulanan bertambah. Pengeluaran jadi semakin banyak, padahal makanan atau minuman yang kita beli banyak yang terbuang percuma.

Untuk itu Anda harus bisa untuk menghilangkan lapar mata, Bagaimana cara mengatasinya? Dilansir dari beragam sumber, berikut enam cara untuk mengatasi lapar mata di bulan puasa.

Melakukan Kegiatan Bermanfaat

Puasa jangan dijadikan halangan untuk melakukan aktivitas harian. Tetaplah beraktivitas seperti biasa membantu orang lain. Hal tersebut bisa memberikan manfaat. Ingat, Ramadan adalah bulan penuh berkah. Jadi ada baiknya kita banyak melakukan kegiatan yang bermanfaat.

Tonton Film atau Tayangan Favorit

Salah satu cara praktis menghabiskan waktu sekaligus membuat Anda lupa dengan rasa lapar dan haus adalah dengan menonton film atau tayangn favorit Anda. Menonton film berdurasi 2-3 jam adalah ide yang bagus untuk menghabiskan waktu saat puasa.

Anda juga bisa menonton serial yang terdiri dari banyak episode. Rasa penasaran terhadap jalan cerita biasanya ampuh membuat Anda lupa dari rasa lapar termasuk lapar mata.

2 dari 4 halaman

Jangan Sering Melihat Jam

Hal yang paling ditunggu-tunggu bagi mereka yang sedang berpuasa adalah waktu berbuka, sehingga tak heran jika jam dinding adalah hal yang tak pernah luput dari pandangan mata.

Padahal, melihat jam sebentar-sebentar justru akan membuat waktu berjalan terasa lebih lambat. Apalagi jika masih siang, semakin Anda melihat jam dinding saat puasa, maka akan semakin merasa lapar dan haus.

Buat Bujet Belanja

Cara ampuh lainnya untuk mengatasi lapar mata adalah menetapkan bujet belanja selama bulan puasa. Kalau bisa bujet untuk belanja saat Ramadan hanya separuh dari belanja di bulan lainnya.

Jangan sampai bujet belanja di bulan Ramadhan justru membengkak hingga dua kali lipat bujet belanja di bulan lainnya. Syukur-syukur yang kita tambah adalah budget sedekah.

3 dari 4 halaman

Berbuka di Masjid

Ada baiknya sesekali kita berbuka di masjid atau musala yang biasanya menyediakan makanan dan minuman untuk berbuka puasa.

Dengan begitu kita bisa lebih menyadari kalau buka puasa sekadarnya saja sudah cukup, tak perlu berlebihan yang bisa membuat banyak makanan terbuang percuma.'

Memperbanyak Ibadah

Satu hal lagi yang sangat ampuh untuk mengatasi lapar mata adalah dengan memperbanyak ibadah. Bulan Ramadan adalah waktu yang tepat untuk beribadah sesering dan sebanyak mungkin.

Jadi daripada Anda memuaskan hasrat lapar mata, ada baiknya lebih memperbanyak ibadah baik di rumah, masjid maupun tempat ibadah lainnya.

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Cerita Akhir Pekan: Waroeng SS yang Bertahan karena Sambal
Artikel Selanjutnya
Cerita Akhir Pekan: Bisakah Sambal Indonesia Go International?