Sukses

Deretan Aksi Nyata untuk Berpartisipasi dalam Perayaan Hari Bumi 2019

Karena sekedar wacana tak akan cukup dalam partisipasi Hari Bumi 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Tak semata sebagai peringatan, Hari Bumi yang setiap tahun jatuh di tanggal 22 April lebih bertitik berat pada aksi nyata. Pasalnya, gagasan yang dicanangkan dalam kampanye peduli Bumi ini membutuhkan lebih dari sekadar wacana.

Anda tentunya juga bisa ambil andil dalam gerakan peduli 'kesehatan' rumah kita, lantaran tidak ada Bumi kedua. Dilansir dari stuff.co.nz, Senin (22/4/2019), berikut beberapa tindakan yang bisa dikerjakan individu sesuai tema kampanye tahun ini.

Jaringan Hari Bumi tengah mengedepankan daftar tindakan apa saja yang bisa dilakukan untuk mencegah perubahan iklim, terutama secara ekstrem, dan melindungi lingkungan guna menyelamatkan ragam spesies di seantero dunia.

Beberapa tindakan yang direkomendasikan adalah mengganti pemakaian sunscreen dengan produk serupa yang ramah untuk koral, ikut dalam gerakan membersihkan pantai atau sesederhana melakukan kegiatan tersebut secara mandiri.

Isu yang paling masif adalah mengurangi pemakaian plastik sekali pakai. Karenanya, pemakaian sedotan bukan plastik, membawa reusable bag ketika berbelanja untuk mengganti pemakaian kantong plastik, serta membawa tempat minum dan makan sendiri, sangat dianjurkan.

Beberapa kegiatan lain yang juga disarankan dalam partisipasi Hari Bumi adalah menanam pohon, minimal satu rumah satu pohon rindang, menggunakan kendaraan umum untuk mengurangi polusi, dan menghemat listrik, serta menggunakan sumber daya ramah lingkungan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tema Hari Bumi 2019

Tema Hari Bumi 2019 adalah "Melindungi Spesies Kita". Hal ini merupakan tindak lanjut atas keperhatinan cukup banyak makhluk hidup yang seiring waktu punah dan tak lagi terlihat berjalan di muka Bumi.

Jaringan Hari Bumi membeberkan, sekitar 40 persen dari sebelas ribu spesies burung sudah resmi dinyatakan punah dan 75 persen dari keseluruhan jumlah koral di Bumi dinyatakan dalam keadaan terancam.

Ide ini mengimbau warga Bumi untuk melakukan aksi berdasarkan kesadaran individu guna memperlambat atau malah menyudahi sama sekali kepunahan yang terjadi. Hal yang bisa dlakukan adalah dengan jadi vegetarian atau berhenti membeli barang yang memakai bagian tubuh hewan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.