Sukses

Minum Segelas Air Hangat Sebelum Tidur Punya Banyak Manfaat

Banyak yang belum menyadari manfaat minum segelas air hangat sebelum tidur. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Minum air sering kali diabaikan oleh orang karena dianggap remeh dan tidak terlalu berdampak. Padahal tubuh manusia pada dasarnya lebih banyak mengandung cairan.

Kalau cairan di dalam tubuh tidak tercukupi maka akan timbul beragam masalah yang bisa mengganggu aktivitas, bahkan mengganggu kesehatan. Banyak minum air putih sangat baik bagi kesehatan tubuh bahkan untuk kecantikan.

Cukup minum air putih bisa membuat tubuh terhidrasi sepanjang hari. Meski begitu, akan lebih baik jika meminum air putih hangat, apalagi sebelum tidur di malam hari.

Dilansir dari NDTV, 10 April 2019, para ahli kesehatan menganjurkan minum air hangat di pagi hari. Alasannya, karena berperan penting dalam kelancaran semua fungsi tubuh serta meningkatkan kesehatan dan kecantikan.

Namun, tahukah Anda kalau kita mengadaptasi kebiasaan yang sama juga baik jika dilakukan sebelum tidur? Banyak orang menghindari minum air pada waktu tidur agar mereka merasa tidak perlu buang air kecil di malam hari. Padahal minum air hangat sebelum tidur bisa berdampak baik bagi kesehatan.

Salah satunya adalah melawan depresi dan kecemasan. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa kekurangan air dalam tubuh bisa meningkatkan kadar stres dan menyebabkan depresi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menurunkan Berat Badan

Minum air hangat sebelum tidur akan menjaga level air di dalam tubuh dan menjaga mood tetap terkendali.Air panas juga meningkatkan suhu tubuh bagian dalam dan mengganti cairan yang hilang.

Hal itu akan menghasilkan keringat, sehingga sirkulasi darah menjadi lebih baik dan menghilangkan racun dalam tubuh. Air hangat juga dapat melarutkan makanan yang tidak diinginkan dalam saluran pencernaan.

Dengan begitu pencernaan akan lebih baik. Satu lagi manfaat minum air putih yang tak boleh dilupakan adalah bisa membantu menurunkan berat badan.

Minum air hangat akan memecah makanan lebih cepat dan membantu mencernanya lebih cepat, yang akan menghasilkan penurunan berat badan yang lebih cepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.