Sukses

7 Tempat Wisata di Belitung Ini Wajib Kamu Kunjungi, Tak Melulu Pantai

Selain pantainya yang indah, Belitung juga memiliki potensi wisata selain pantai.

Liputan6.com, Jakarta Bangka Belitung merupakan sebuah provinsi yang terdiri dari dua pulau besar dan yang menjadi pulau utama yaitu Pulau Bangka dan juga Pulau Belitung. Selain kedua pulau utama tersebut, Bangka Belitung juga memiliki pulau-pulau kecil lainnya seperti Pulau Lepar, Pulau Pongok, Pulau Mendanau, dan Pulau Selat Nasik.

Keadaan alam provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini sebagian besar wilayahnya merupakan daerah dataran tinggi, lembah, dan sebagian kecil lainnya adalah pegunungan dan juga perbukitan. Oleh karena itu, sektor perekonomian di Bangka Belitung juga memiliki berbagai macam sektor seperti pertanian, pertambangan, dan juga pariwisata.

Sebagian besar penduduk di Bangka Belitung bekerja sebagai petani, namun ada satu sektor yang menjadi andalan masyarakat dan pemerintah Bangka Belitung. Ya, sektor ini adalah sektor pariwisata. Potensi alam yang dimiliki oleh Bangka Belitung sangat bagus untuk dikembangkan.

Terlebih pada pulau Belitung. Banyak sekali tempat wisata di Belitung yang menarik saat sedang berkunjung ke sini. Tempat wisata di Belitung identik dengan pantainya, karena memang wilayah pulau Belitung ini mempunyai banyak sekali pantai. Tapi ternyata tak hanya pantai lho.

Masih ada tempat wisata di Belitung lainnya yang indah-indah selain pantai. Mau tau apa saja? Ya, kali ini Liputan6.com, Rabu (13/3/2019) telah merangkum dari berbagai sumber terkait tempat wisata di Belitung yang bisa jadi referensi kamu untuk pergi liburan ke sana.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tempat Wisata di Belitung Selain Pantai

Belitung memang terkenal dengan keindahan pantai dengan bebatuannya yang indah dan bikin berdecak kagum saat mengunjunginya. Saat ke Belitung, memang tak boleh melewatkan untuk pergi menikmati keindahan pantainya. Namun ternyata tak hanya pantai di Belitung yang bisa kamu kunjungi. Berikut tempat wisata di Belitung yang bisa kamu kunjungi selain pantai, tak kalah seru pastinya.

1. Museum Kata Andrea Hirata

Museum Kata Andrea Hirata ini merupakan museum literature pertama yang ada di Indonesia, loh. Ya, di museum ini kamu bisa melihat koleksi film Laskar Pelangi dan juga berbagai karya dari Andrea Hirata.

Di sini kamu akan menemukan berbagai macam karya Andrea Hirata. BErbagai pajangan pigura dengan kata-kata karya Andrea Hirata ada di sini. Bagi kamu yang menyukai sastra, tempat ini sangat direkomendasikan. Selain itu, cocok juga untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga.

2. Danau Kaolin

Merupakan sebuah danau yang memiliki warna daratan yang putih bersih dan air yang berwarna biru menyala. Danau ini terbentuk dari bekas tempat pertambangan Kaolin yang telah ditinggalkan dan alam menyempurnakan dengan keindahannya. Kaolin sendiri merupakan mineral sebagai bahan industry seperti kosmetik, kertas, makanan, dan pasta gigi.

Terletak di Desa Air Raya, Tanjung Pandan, danau ini cocok buat kamu yang gemar fotografi. Selain itu, kamu juga bisa berenang di sini. Kandungan mineralnya dapat menyerap minyak berlebih dan membuat kulit kamu menjadi halus.

3. SD Laskar Pelangi

Bangunan ini awalnya dibuat guna dijadikan sebagai tempat lokasi syuting untuk film Laskar Pelangi. Ya, SD Muhammadiyah Gantong yang sesungguhnya sudah tidak ada, dulu lokasinya terletak di pinggir pantai Belitung Timur. Namun sekarang sudah dibangun dengan megah. Sutradara Riri Riza membuat replika SD ini lengkap dengan pasir pantai putihnya.

Di sini kamu bisa menikmati suasana sekolah yang pernah kamu lihat di film Laskar Pelangi sambil berswafoto. Kamu harus menempuh perjalanan hampir 2 jam dari bandara Belitung untuk bisa sampai ke lokasi ini.

4. Batu Mentas

Tempat wisata di Belitung lainnya ada Batu Mentas. Merupakan bagian dari kawasan Hutan Lindung Wisata Alam Gunung Tajam. Di sini kamu bisa merasakan sejuknya hawa pegunungan dan menikmati asrinya hutan yang hijau.

Terletak di Desa Kelekak Datuk, Kecamatan Badau, Belitung Barat, di sini menyimpan hewan endemik Belitung. Tak hanya itu, di Batu Mentas ini juga memiliki kawasan konservasi Tarsius.

 

3 dari 3 halaman

Tempat Wisata di Belitung Pantainya yang Indah

5. Pantai Tanjung Tinggi

Merupakan pantai yang terkenal di Belitung ini digunakan sebagai salah satu lokasi syuting untuk film Laskar Pelangi. Pantai ini terletak di sebelah utara Belitung, tapetnya 37 km dari kota Tanjung Pandan.

Pantai ini identik dengan pasirnya yang putih, air laut yang jernih, dan batu granit super besar. Ombak di pantai ini juga relative tenang. Jadi kamu bisa berenang tanpa harus takut terbawa ombak.

6. Pulau Lengkuas

Pulau ini terletak di sebelah utara pulau Belitung. Untuk menuju ke sini, kamu hanya perlu menempuk jarak sekitar 30 menit dengan menyebrangi pulau ini. Pulau ini identik dengan mercusuar yang menjulang tinggi di tengah-tengah pulau.

Keberadaan mercusuar ini sudah ada sejak tahun 1882. Dari atas mercusuar ini kamu bisa menikmati pemandangan indahnya pantai-pantai di Belitung dari ketinggian.

7. Pulau Batu Berlayar

Tempat wisata di Belitung yang wajib kamu kunjungi juga adalah pulau Batu berlayar. Disebut sebagai pulau Batu Berlayar karena ketika air pasang, bebatuan yang ada di pulau ini seakan berlayar di tengah lautan. Berbagai bentuk granit putih menjulang tinggi akan nampak saat kamu mendekati pulai ini.

Namun waktu yang pas untuk berkunjung ke sini adalah saat sore hari. Ya, di sini kamu bisa berswafoto dengan jajaran batu granit yang berdiri tegak. Selain itu bisa juga melihat ikan atau menyaksikan ubur-ubur. Pulau ini hanya berjarak 10 menit dari pulau Pasir dan pulau Kepayang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini