Sukses

Cara Sulap Sampah Plastik Jadi Tempat Koin Unik

Liputan6.com, Jakarta - Sampah plastik masih menjadi pekerjaan rumah bersama. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), sampah plastik di Indonesia mencapai 64 juta ton per tahun dan 24 persennya masih tidak terkelola.

Program 3R, yakni reduce, reuse, dan recycle, wajib digaungkan kembali. Reduce adalah mengurangi penggunaan plastik, baik dengan memilih produk tanpa kemasan plastik atau menggunakan tas belanja yang bisa dipakai berulang-ulang.

Sementara, reuse adalah menggunakan kemasan plastik berulang-ulang hingga masa pakainya habis. Terakhir yang mulai banyak dirintis adalah mendaur ulang sampah plastik menjadi barang baru yang lebih berguna dan tahan lama.

Contoh produk daur ulang yang bisa Anda praktikkan di rumah adalah tempat koin unik. Ide ini berasal dari Kertabumi Recycling Center saat mengisi acara Hari Peduli Sampah Nasional di Bukalapak, beberapa waktu lalu. Cara membuatnya relatif mudah dengan bahan-bahan yang relatif gampang dijangkau.

Bahan-Bahan:

Plastik kresek ukuran sedang/besar

Bubble wrap

Kertas minyak

Risleting

Aksesori sesuai kesukaan

Peralatan:

Mesin jahit

Setrika

Gunting

2 dari 2 halaman

Cara Membuat

1. Gunting kantong plastik hingga menjadi dua bagian yang sama.

2. Tumpuk kedua bagian kantong plastik itu, selipkan bubble wrap di tengah dengan rapi.

3. Setrika plastik tersebut dengan alas kertas minyak hingga semua bagian menempel sempurna. Sesuaikan panas setrika dengan ketebalan plastik.

4. Potong plastik berbentuk segi empat atau sesuai pola yang Anda kehendaki.

5. Jahit bahan plastik dan pasang risleting dengan mesin jahit.

6. Tempat koin unik bisa digunakan.

Saksikan video pilihan berikut ini: