Sukses

Cara Menanam Tomat di Pot, Mudah Tidak Perlu Halaman yang Luas

Liputan6.com, Jakarta Tahukah kamu bahwa tomat mengandung banyak manfaat bagi tubuh? Salah satunya kandungan vitamin K yang ada pada tomat. Vitamin K sendiri bagus untuk tulang dan kalium sebagai nutrisi penting untuk fungsi jantung, kontraksi otot, menjaga tekanan darah agar tetap sehat dan menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, juga terdapat di tomat.

Tomat juga dikenal luas karena kandungan antioksidannya yang luar biasa. Secara keseluruhan tomat memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Melihat banyaknya manfaat dari buah berwarna kemerahan ini, tak ada salahnya jika ingin menanamnya sendiri di rumah.

Daripada kamu harus membeli alangkah baiknya jika kamu hanya tinggal memetik saja di halaman rumahmu. Jika kamu merasa bingung bagaimana cara menanam tomat yang benar. Tidak usah khawatir, berikut ini akan dibahas tentang Cara Menanam Tomat di pot.

Cara menanam tomat di pot ini mudah kok. Kamu juga tidak perlu membutuhkan lahan yang luas. Berikut adalah cara menanam tomat di pot yang Liputan6.com telah rangkum dari berbagai sumber, Senin (4/3/2019).

2 dari 4 halaman

Alat dan Bahan yang Perlu Disiapkan

Sebelum mengetahui cara menanam tomat di pot, terlebih dahulu menyiapkan lat dan bahan yang akan digunakan. Berikut alat dan bahan yang perlu disiapkan di bawah ini:

1. Pot

Jika kamu tidak memiliki pot kamu bisa memanfaatkan kaleng bekas, ember plastik atau polybag..

Pastikan pot yang akan anda pakai tersebut memiliki beberapa lubang di bagian bawahnya untuk mempermudah aliran air. Letakkan kerikil halus atau pasir hingga seperempat dari dari kedalaman pot tersebut. Dengan begitu, air akan cepat keluar dari bagian bawah tanah nantinya

2. Tanah subur

Berupa tanah, pupuk kandang atau kompos dengan perbandingan 1:1

3. Bibit tomat

3 dari 4 halaman

Cara Menanam Tomat di Pot

1. Memilih Bibit tomat

Memilih bibit buah tomat adalah langkah yang paling penting dalam menanam tomat. Pilihlah bibit tomat yang baik yang terbebas dari hama. Kamu bisa memilih buah tomat yang benar-benar matang ditandai dengan warna yang merah dan kulit yang tipis. Selain itu biji tomat juga tampak besar dan jika direndam tidak terapung.

Tetapi jika kamu masih ragu, alangkah lebih baiknya kamu membeli bibit unggulan pada petani atau datang saja kios pertanian. Tentu bibit dari petani atau kios pertanian memiliki kemungkinan bibitnya lebih berkualitas.

2. Penyemaian

Langkah awal setelah memilih biji tomat adalah penyemaian. Biji tomat disemai terlebih dahulu di dalam kotak pesemaian. Media persemaian berupa campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1. Benih ditanamkan kedalam kotak pesemaian dan diletakkan di tempat yang teduh sehingga curahan hujan tidak merusak benih yang masih lemah.

Bibit lalu dipindahkan ke dalam polybag kecil setelah bibit mempunyai 5 helai daun. Bibit yang telah berumur ± 1 bulan dapat dipindah ke dalam pot/polybag.

3. Penanaman Tomat

Setelah berumur 20 hari , pindahkan benih tomat pada lahan yang telah disiapkan. Jangan lupa untuk menggemburkan tanah lahan dan memberikan pupuk. Berhati-hatilah saat melepaskan benih dari polybag agar akar tidak rusak.

Kamu bisa juga menggunakan ember bekas yang sudah dibersihkan. Campuran dari tanah, pasir dan kompos dengan perbandingan 1:1:1. Selama masa penanaman, rajinlah memberi pupuk. Gunakan pupuk kompos sehingga tomat menjadi lebih organik.

4. Perawatan tomat

Jangan lupa untuk menyirami tanaman tomat setiap hari. Seringlah melihat apakah ada tanaman lain yang tumbuh yang akan mengganggu pertumbuhan tomat. Jika ada cabut secara rutin agar tomat bisa tumbuh dengan baik.

Selain itu, jangan lupa untuk menancapkan bambu di samping tanaman sebagai media tomat untuk merambat.

5. Panen

Setelah 60 hari hingga 90 hari sejak masa tanam, tanaman tomnat biasanya sudah bisa dapat dipanen. Kamu pun bisa melakukan panen, memetik tomat dari halaman rumah kamu. Setelah itu, kamu pun bisa mengonsumsi tomat yang kaya akan vitamin.

Ternyata, cara menanam tomat di pot bisa dilakukan secara mudah. Jadi, apakah kamu tertarik untuk menanam tomat sendiri di rumah?

4 dari 4 halaman

Manfaat Tomat bagi Kesehatan

Setelah mengetahui cara menanam tomat di pot. Saatnya mengetahui manfaat tomat bagi kesehatan yang membuat kamu berpikir untuk segera menanam pot tomat di halaman rumah.

1. Bagus untuk kulit

Tomat mengandung vitamin C yang dibutuhkan untuk sintesis kolagen. Ini membantu menjaga agar kulit tetap kencang, meningkatkan elastisitas dan menyembuhkan luka bakar.

2. Meningkatkan Penglihatan

Tomat mengandung beta karoten dan vitamin A yang penting untuk menjaga penglihatan dan juga mendukung fungsi retina.

3. Memperbaiki Sistem Pencernaan

Tomat membantu menjaga sistem pencernaan tetap sehat dengan menjaga sembelit dan diare. Ini juga membantu menghilangkan racun berbahaya dari tubuh.

4. Mengurangi Depresi

Menghilangkan Depresi dan stres merupakan salah satu manfaat utama tomat. Folat yang ditemukan dalam tomat membantu mengatasi depresi dengan mencegah penumpukan homosistein (asam amino dalam plasma darah) berlebihan.

5. Melindungi Jantung

Tomat mengandung kolin, potassium, serat dan vitamin C yang membantu meningkatkan fungsi jantung. Asupan kalium yang tinggi efektif dalam mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Inilah salah satu manfaat kesehatan tomat terbaik.