Sukses

Manfaat Tomat untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Ibu Hamil

Jakarta Tomat adalah buah yang kerap kita gunakan untuk memasak atau membuat sambal. Tomat sendiri sebenarnya sudah lumrah untuk dikonsumsi sebagai jus karena rasanya yang nikmat. Namun di balik rasanya yang segar, tomat sebenarnya juga menyehatkan dan bisa dimanfaatkan sebagai masker kecantikan.

Jika tomat kebetulan merupakan buah favorit Anda, berikut deretan manfaat tomat yang bisa Anda gunakan sehari-sehari dan mengganti bahan kimiawi dengan yang lebih alami. Sebagaimana dirangkum Liputan6.com pada Jumat (5/10/2018) dari berbagai sumber.

2 dari 4 halaman

Manfaat Tomat Untuk Wajah

Berikut adalah manfaat tomat yang bisa Anda aplikasikan ke wajah Anda.

 

1. Mengecilkan pori-pori yang terbuka

Manfaat tomat yang pertama adalah mengecilkan pori-pori. Caranya mudah. Hanya dengan mencampur jus tomat dengan sedikit jus lemon lalu mengaplikasikannya pada wajah Anda selama sekitar 20 menit, akhiri dengan membilasnya dengan air hangat. Jika Anda makukan ini setidaknya dua kali seminggu, manfaat tomat untuk mengecilkan pori akan terasa nyata.

2. Menunda penuaan dini

Manfaat tomat selanjutnya adalah membantu menunda proses penuaan dini. Munculnya garis-garis halus dan kerutan dapat disamarkan dengan mudah oleh buah ini.

Caranya, kupas tomat dan hancurkan semua daging buahnya serta air jusnya. Campurkan dengan tepung hingga teksturnya berubah menjadi pasta. Oleskan pada wajah Anda sebagai masker dan biarkan sampai mengering, kemudian bilas dengan air dingin. Tambahkan sedikit minyak zaitun agar lebih lembap.

3. Untuk meredakan jerawat

Manfaat tomat selanjutnya adalah untuk meredeakan jerawat. Hal ini dikarenakan tomat mengandung Vitamin A dan C, yang keduanya sangat membantu dalam mengurangi jerawat.

Untuk mendapatkan manfaat tomat demi meredakan jerawat, potong saja tomat menjadi dua dan gosokkan potongan tomat dengan gerakan melingkar pada kulit Anda selama sekitar 10 menit. Jika sudah, cuci muka Anda.

4. Mengatasi permasalahan kulit berminyak

Salah satu manfaaat tomat yang satu ini cocok bagi Anda yang memiliki kulit berminyak. Tomat memiliki sifat zat alami yang dapat membantu untuk mengurangi kadar minyak berlebih. Akan makin efektif bila dipadukan dengan mentimun, karena mentimun dapat membantu menenangkan dan mendinginkan kulit.

Caranya mudah saja, campur jus tomat dengan jus mentimun, dan aplikasikan pada wajah Anda dengan bantuan bola kapas. Lakukan perawatan ini setiap hari.

5. Untuk mengobati kulit yang terbakar matahari

Manfaat tomat berikutnya adalah untuk obat bagi Anda yang terlalu lama di bawah paparan matahari. Kandungan lycopene dalam tomat, dapat meredakan efek paparan sinar UV dari matahari.

Caranya mudah, aplikasikan jus tomat yang dicampur dengan butter-milk (atau susu yang telah dicampur jus lemon) ke area kulit yang terbakar dan bilas setelah 30 menit. Ini akan meringankan luka bakar dan membantu menyembuhkan belang pada kulit.

6. Pengelupasan sel kulit mati

Manfaat tomat yang selanjutnya adalah kemampuannya mengelupas sel kulit mati. Caranya, celupkan potongan buah tomat ke dalam mangkuk gula dan gosok wajah Anda dengan lembut.

Proses ini membantu untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan membuat kulit bercahaya. Lakukan perawatan ini dua kali seminggu agar hasilnya maksimal.

7. Membuat kulit berkilau

Manfaat tomat berikutnya adalah untuk mengatasi kulit kusam. Tomat akan memiliki efek menetralkan dan mendinginkan kulit. Manfaat tomat untuk memperkilau wajah ini akan makin maksimal dengan dipadu yogurt. Pasalnya yogurt akan mencerahkan dan menutrisi kulit.

Caranya adalah dengan menggunakan masker wajah dengan mencampur puree tomat dengan yogurt. Perawatan ini sangat baik untuk dilakukan saat musim kemarau.

8. Untuk membersihkan kulit

Manfaat tomat yang terakhir adalah dengan memadukan tomat dan alpukat untuk membersihkan kulit. Alpukat memiliki sifat hydrating dan tomat memiliki sifat astringent alami, yang keduanya bekerja dengan baik menutrisi kulit.

Gunakan tomat yang dicampur dengan alpukat untuk membersihkan kulit secara teratur. Perawatan ini cocok untuk mereka yang memiliki kulit kombinasi.

3 dari 4 halaman

Manfaat Jus Tomat

Manfat tomat bisa dengan mudah didapat dengan meminumnya. Jus tomat adalah salah satu minuman yang baik untuk dikonsumsi setiap hari. Minuman ini mengandung Vitamin C dan A, yang dibutuhkan untuk mendukung sistem kekebalan tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat tomat yang bisa didapat dengan minum segelas jus tomat setiap hari, seperti dilansir Boldsky.

1. Vitamin A dan C

Tomat mengandung banyak Vitamin A dan C. Anda bisa mengonsumsinya setiap hari untuk menjaga kesehatan dan mendapatkan manfaat tomat yang sarat vitamin.

2. Antioksidan

Banyak penelitian menunjukkan manfaat tomat untuk kekebalan tubuh. Nah, hal ini bisa diraih karena tingginya kandungan anti-oksidan dalam jus tomat. Minuman ini dapat membantu memerangi radikal bebas, yang dapat memicu kanker.

3. Meningkatkan ketahanan tubuh

Tomat mengandung likopen dan zat ini meampu menambah kekebalan tubuh. Bayangkan manfaat tomat yang bisa diraih dengan membuatnya jadi jus: tak cuma kekebalan tubuh, namun juga meningkatkan daya tahan dan melawan infeksi.

4. Mengurangi risiko penyakit jantung

Salah satu manfaat tomat lainnya adalah menghindarkan Anda dari risiko penyakit jantung. Tomat kaya akan niasin, folat dan vitamin B6, yang diketahui dapat mengurangi risiko penyakit jantung hingga 30 persen.

Nutrisi yang ditemukan pada tomat sangat efektif dalam mengelola kadar homosistein, sehingga dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

5. Mencegah kanker

Dengan menjadikannya jus, kita akan mendapat manfaat tomat yang mengandung banyak antioksidan. Jus ini akan membantu untuk menghilangkan radikal bebas yang membahayakan sistem tubuh. Aktivitas radikal bebas di tubuh dapat memicu berbagai penyakit seperti kanker.

 

4 dari 4 halaman

Manfaat Tomat Untuk Ibu Hamil

Manfaat tomat juga bisa didapat oleh sang ibu hamil yang memang butuh asupan dan nutrisi lebih untuk si kecil. Berikut deretan manfaat tomat bagi ibu hamil.

1. Membentuk Plasenta dan Sel Darah Merah

Salah satu manfaat tomat adalah suplai vitamin C yang tinggi. Nah, jika ibu hamil mengonsumsi tomat, kandungan vitamin C di dalamnya akan memperlancar penyerapan Zat Besi, dan akan memperlancar aliran sel darah merah ke janin untuk membentuk plasenta.

2. Mengatasi Tekanan Darah Rendah

Tekanan darah rendah atau hipotensi adalah hal yang lumrah dialami ibu hamil. Nah salah satu manfaat tomat adalah mencegah hal ini terjadi dengan kandungan likopen, bioflafanoid, serta garam.

3. Mengatasi anemia

Anemia juga kerap dialami oleh ibu hamil. Namun dengan mengonsumsi tomat dapat mencegah anemia dengan asupan vitamin C yang memperlancar penyerapan zat besi.

4. Pengembangan Sel Janin

Salah satu manfaat tomat yang paling utama untuk ibu hamil adalah membantuk perkembangan sel janin. Tomat mengandung likopen yang mampu membantu perkembangan sel janin, karena likopen berperan meningkatkan komunikasi antar sel.

Tak cuma itu, kandungan protein dalam tomat juga bermanfaat dalam pembentukan sel darah, cairan ketuban, serta sel otak pada janin.

Loading
Artikel Selanjutnya
Menteri Jonan: Permukaan Tanah Jakarta Sudah Turun 40 Meter
Artikel Selanjutnya
Cuaca Hari Ini: Akhir Pekan, Jakarta Cerah Berawan, Bogor Hujan