Sukses

Studi: Punya Teman Baik buat Anda Panjang Umur

Liputan6.com, Jakarta - Pertemanan merupakan salah satu bukti bahwa manusia tidak dapat hidup seorang diri dan memerlukan orang lain. Hal mendasar inilah yang ternyata juga berpengaruh pada usia.

Fimela.com merangkum berdasarkan penelitian terbaru dimuat dalam Menopause, jurnal American Menopause Society, menemukan mempunyai teman-teman baik dapat membantu Anda panjang umur.

Peneliti dari George Mason University menganalisis selama 10 tahun pada lebih dari 90 ribu post-menopause perempuan untuk mengetahui seperti apa efek dari mempunyai teman-teman terhadap penyakit kardiovaskuler.

Ketua penelitian Dr. Nancy Freeborne, menemukan pertemanan atau social support dan panjangnya usia seseorang memiliki hubungan erat. Untuk perempuan kardiovaskuler, mempunyai social network yang baik mampu menurunkan risiko kematian dari penyakit apa pun.

Sementara, menerima dukungan sosial seperti halnya memberi obat pada rasa kesepian. Hal ini juga untuk memenuhi kebutuhan emosional dan mental seseorang dalam hal kasih sayang.

Maka dari itu, orang yang memiliki banyak teman bakal lebih cepat sembuh atau lebih lama bertahan hidup dari penyakit saat didampingi oleh orang-orang terkasih. Ternyata, dukungan teman baik memiliki kekuatan yang luar biasa. (Febi Anindya Kirana/Fimela.com)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Pentingnya Bicarakan Uang Sebelum Menikah
Artikel Selanjutnya
Kesepian dan 4 Penyebab Kegagalan Jalani Hubungan Jarak Jauh