Sukses

Pedas dan Lezatnya 5 Sambal Khas Jawa Barat

Liputan6.com, Jakarta - Di Indonesia terdapat beragam sambal yang menjadi pendamping yang selalu ada di meja makan. Setiap daerah memiliki sambal khas yang tak hanya lezat dan pedas, tapi juga memiliki cita rasa khas.

Selama ini makan terasa kurang lengkap tanpa sambal. Di Jawa Barat ada beraneka ragam sambal yang lezat dan pedasnya juara. Berikut sejumlah sambal khas di Jawa Barat.

Sambal Oncom

Sambal oncom merupakan sambal yang terbuat dari oncom yang memiliki cita rasa gurih dan pedas. Adanya tambahkan bumbu seperti rempah kencur, daun kemangi, dan bawang putih menjadikan sambal oncom memiliki rasa maupun aroma khas yang sangat menggugah selera.

Sambal Cibiduk

Selain itu, ada juga sambal cibiduk yang dibuat dari bahan mentah seperti cabai rawit, tomat hijau, bawang putih, kencur, dan daun kemangi serta garam. Karena menggunakan bahan mentah, sambal ini memiliki rasa dan aroma pedas menyengat. Sambal ini sangat lezat dan cocok untuk teman makan ayam goreng, ikan goreng atau pun daging goreng.

Sambal Dadak

Selanjutnya, sambal dadak yang tak memakai bawang sebagai campurannya. Bahannya hanya cabai rawit, tomat, garam, terasi dan gula merah. Perasan air jeruk membuat sambal ini terasa segar dan harum.

Sambal Tomat

Sambal tomat menjadi sambal khas Jawa Barat. Bahan untuk membuat sambal seperti cabai, tomat, bawang merah dan bawang putih digoreng dulu sebelum dihaluskan bersama garam, gula, dan terasi.

Sambal Terasi

Sambal terasi terdiri dari dua jenis. Sambal terasi mentah dan terasi matang. Sambal terasi memiliki rasa yang khas dan menggugah selera serta gurih pedas. Sambal terasi khas ini rasanya pedas dan segar setelah diberi perasan jeruk nipis. (Mimi Rohmitriasih/Fimela.com)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Polres Cianjur Kejar Komplotan Penyerang Polisi dengan Bensin
Artikel Selanjutnya
Piala Humas Jabar Jadi Refleksi dan Apresiasi Kepemimpinan 'Rindu'