Sukses

Kunci Terampil Jadi Fashion Stylist untuk Generasi Muda

Liputan6.com, Jakarta - Dalam Rangka menciptakan generasi muda yang terampil, Kementrian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui Spirit of Millennials BUMN berkolaborasi dengan Inisiator Indonesia mengahadirkan Festival Terampil di kawasan Kasablanka, Jakarta pada Sabtu, 9 Februari 2019.

Festival terampil ini adaah wadah yang sehat bagi anak-anak muda Indonesia untuk memulai impian mereka melalui pembelajaran, pelatihan, dan perluasan jaringan pertemanan maupun rekan kerja dan usaha. Kegiatan ini terbagi menjadi lima kelas praktik yang akan diajarkan langsung oleh ahlinya dengan pembahasan dan pembekalan keterampilan populer masa kini seperti kelas fashion, fotografi, bisnis digital, makeup dan membuat kopi.

Menteri BUMN Rini Soemarno mengapresiasi kegiatan positif ini. Menurutnya, kolaborasi antara Inisiator Indonesia dengan Sprit of Millenials BUMN sangat baik dalam rangka meningkatkan keterampilan kewirausahaan generasi millenials di era industri yang semakin modern atau bisa dikenal dengan industri.

"Dengan adanya festival keterampilan yang menghadirkan mentor-mentor ternama ini diharapkan wawasan-wawasan generasi muda dapat semakin luas. Ditambah lagi dengan perlusan jaringan pertemanan. Dengan begitu, ke depan mereka bisa membawa Indonesia semakin lebih baik lagi dan berkontribusi bagi kemajuan perekonomian bangsa," kata Rini.

Pemateri di kelas fashion adalah Khairiyyah Sari dan Alva Susilo. Khairiyyah Sari adalah seorang style Consultant dengan pengalaman tujuh tahun sebagai Fashion dan Beauty Editor. Lepas menjabat posisi tersebut, Khairiyyah Sari kemudian mendirikan start-up barang-barang fashion milik artis Lndonesia.

Pengalaman dua dekade dalam dunia fashion menjadikan ia sosok yang dikenal sebagai Fashion Stylist dan kini Style Consultant. Pada Festival Terampil ini, Khairiyyah membahas dan mengajarkan kepada peserta bagaimana secara konsisten meniti karir sebagai fashion stylist hingga bisa memiliki usaha di bidang fashion meskipun tidak memiliki latar belakang sekolah mode.

Menurutnya, stylist adalah memandukan semua rancangan sehingga menjadi satu kesatuan konsep. Ada beberapa hal yang harus diketahui sebelum menjadi fashion stylist untuk orang lain.

"Kamu harus mengetahui bentuk tubuh orang yang akan kita stylist terlebih dahulu, kenali busana dan bentuk kulitnya. Lalu, kenali karakter orang yang akan di stylist dan kenali warna terbaik yang cocok untuk kulit yang akan di stylist. Ini adalah konsep dasar sebelum stylist seseorang yang harus kamu ketahui," tambahnya.

Pembicara kedua di sesi kelas fashion ini adalah Alva Jonathan Susilo yang dikenal dengan Alva Susilo merupakan stylist muda berbakat untuk selebritas ternama di Indonesia. Berawal dari melihat seorang menggambar baju dan sosok perempuan saat duduk di bangku Sekolah Dasar (SD), kecintaan pada dunia fashion mulai tumbuh dan Alva kembangkan hingga saat ini.

Dimulai dari klien pertamanya Dimas Beck, dengan kosisten pada akhirnya Alva Susilo kini memiliki berbagai nama artis papan atas Indonesia sebagai kliennya. Pada Festival Terampil, Alva Susilo membahas dan mengajarkan bagaimana menjadi fashion stylist yang memiliki ciri khas khusus dan keratif.

Menurutnya, ada beberapa tips stylist yang harus dilakukan dan tidak harus dilakukan. "Kamu harus memilih busana sesuai situasi dan kondisi event yang akan dikunjungi, pilih sesuai usia, dan style yang baik harus diimbangi dengan attitude yang baik, dan yang tidak harus dilakukan adalah memakai logo atau barang bermerek, pakai busana atau tas branded mahal dan fashion victim," ungkap Alva.

"Untuk menjadi fashion stylist kamu harus mencari inspirasi melalui Instagram, majalah Vogue, dan film karena disana kita akan mendapatkan inspirasi atau ide saat men-stylist klien kamu. Tidak hanya itu sebagai seorang fashion stylist kamu harus menjalin jaringan kepada make up artis, fotografer dan hairdo," kata Alva Susilo.

Menurut Alva Susilo ada 4 fashion Stylist  yang lagi banyak di minati di Indonesia yaitu, Celebrity Stylist, Commercial Stylist, Magazine Stylist dan Movie/Tv Stylist. Namun menjadi fashion stylist harus berfokus pada satu bidang seperti Alva Susilo sebagai Celebrity Stylist. (Indah Permata Niska)

Saksikan video pilihan di bawah ini :

Momen Hening untuk Karl Lagerfeld di London Fashion Week

Tutup Video
Loading
Artikel Selanjutnya
Kementerian BUMN Hadirkan Festival Terampil Bagi Anak Muda
Artikel Selanjutnya
Jokowi: Anak Muda Indonesia Jangan Mudah Mengeluh