Sukses

Rahasia PM Malaysia Mahathir Mohamad Tetap Bugar di Usia 93 Tahun

Tidak banyak tidur adalah salah satu rahasia PM Malaysia Mahathir Mohammad tetap bugar di usia 93 tahun. Lalu apa lagi?

Jakarta - Tak banyak bahkan mungkin termasuk langka seseorang berusia di atas 90 tahun masih bisa menjadi pimpinan sebuah negara. Namun hal itu bisa dilakukan Perdana Menteri (PM) Malaysia, Mahathir Mohamad.

Di usia 93 tahun, Mahathir yang kembali menjadi PM di tahun lalu masih tetap bugar dan sehat. Apa rahasianya? Menteri Pendidikan Malaysia Maszlee bin Malik mengungkap sejumlah rahasia hidup sehat Mahathir.

"Perdana Menteri Mahathir memberikan sejumlah kita bagaimana hidup sehat kepada saya. Tidak hanya makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang," ungkap Maszlee saat berkunjung kke Jakarta, dilansir Antara.

Kiat pertama adalah jangan banyak tidur. Ketika usia sudah menua banyak yang menggunakan waktu luang untuk tidur. Tapi tidak dengan Mahathir. Ia hanya tidur lima menit ketika siang hari untuk mengembalikan energinya.

Selain itu, Mahathir juga tidak pernah atau setidaknya jarang terlihat stres meski mengemban banyak tugas dan pekerjaan. Kiat lainnya adalah rajin membaca buku, terutama buku fiksi. Bahkan saat Mahathir cuti dari pekerjaan selama enam hari, ia tetap membaca buku.

Menurut Maszlee, pihak pemerintah Malaysia ingin membudayakan membaca pada generasi muda. Kalau ingin tetap bugar dan sehat sampai usia senja seperti PM Malaysia Mahathir Mohamad, mungkin Anda bisa mengikuti pola hidup sehat yang diungkapkan oleh salah seorang menterinya tersebut.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.