Sukses

15 Ucapan Natal 2018 yang Indah dan Menyentuh Hati, Cocok Dikirim Buat Orang Terkasih

Liputan6.com, Jakarta Natal (dari bahasa Portugis yang berarti "kelahiran") adalah hari raya umat Kristen yang diperingati setiap tahun oleh umat Kristiani pada tanggal 25 Desember untuk memperingati hari kelahiran Yesus Kristus. Natal dirayakan dalam kebaktian malam pada tanggal 24 Desember dan kebaktian pagi tanggal 25 Desember. Beberapa gereja Ortodoks merayakan Natal pada tanggal 6 Januari.

Dalam tradisi barat, peringatan Natal juga mengandung aspek non-agamawi. Beberapa tradisi Natal yang berasal dari Barat antara lain adalah pohon Natal, kartu Natal, bertukar hadiah antara teman dan anggota keluarga serta kisah tentang Santa Klaus atau Sinterklas. Kata ‘natal’ berasal dari ungkapan bahasa Latin Dies Natalis (Hari Lahir).

Dalam bahasa Inggris perayaan Natal disebut Christmas, dari istilah Inggris kuno Cristes Maesse (1038) atau Cristes-messe (1131), yang berarti Misa Kristus. Christmas biasa pula ditulis Χ'mas, suatu penyingkatan yang cocok dengan tradisi Kristen, karena huruf X dalam bahasa Yunani merupakan singkatan dari Kristus atau dalam bahasa Yunani Chi-Rho. Dalam Alkitab bahasa Indonesia sendiri tidak dijumpai kata ‘Natal’, yang ada hanya kelahiran Yesus.

Perayaan Natal baru dimulai pada sekitar tahun 200 M di Aleksandria (Mesir). Para teolog Mesir menunjuk tanggal 20 Mei tetapi ada pula pada 19 atau 20 April. Di tempat-tempat lain perayaan dilakukan pada tangal 5 atau 6 Januari; ada pula pada bulan Desember. Perayaan pada tanggal 25 Desember dimulai pada tahun 221 oleh Sextus Julius Africanus, dan baru diterima secara luas pada abad ke-5. Ada berbagai perayaan keagamaan dalam masyarakat non-Kristen pada bulan Desember.

Nah, sudah siapkah kamu menyambut Natal 2018? Jangan lupa untuk menyebarkan kasih Natal ke sanak saudara dan kawan-kawanmu yang merayakannya. Ucapan Natal pun tak kalah penting saat merayakan hari penuh sukacita ini.

Jika jarak menjadi alasan untukmu tak bisa memberikan pelukan untuk orang terkasih, cobalah untuk mengungkapkannya melalui kata-kata dengan ucapan Natal. Mengirimkan ucapan Natal memang tampak sederhana, tetapi akan sangat berarti bagi mereka yang merayakannya.

Tak hanya merayakan kelahiran Yesus Kristus, Hari Natal juga menjadi saat yang tepat untuk berkumpul bersama orang terkasih. Namun, akan lebih bermakna apabila saat-saat berharga tersebut dilengkapi dengan pesan atau ucapan Natal untuk mereka.

Berikut ucapan Natal yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (24/12/2018).

2 dari 6 halaman

Natal membawa damai

1. Membawa damai dan sukacita

"Natal membawa Damai, sukacita, pengharapan, dan berkat yang berkelimpahan, selalu menyertai keluarga dan pekerjaan kita sekalian. Selamat natal.”

2. Sang penyelamat sudah lahir

"Natal adalah saatnya berbagi hati dengan cinta dan kasih sayang. Natal adalah saat memberi dan menerima berkat. Saatnya kita berbahagia, karena penyelamat kita sudah lahir. Selamat Natal.”

3. Setiap saat memiliki arti

"Setiap saat dalam sehari memiliki arti dan nilai tersendiri. Pagi membawa harapan, sore membawa iman. Petang membawa cinta, malam membawa ketenangan. Semoga semuanya ada padamu. Selamat Natal dan tahun baru.”

3 dari 6 halaman

Menjadi pembawa cinta kasih

4. Momen berbagi kasih

“Natal merupakan saatnya berbagi hati dengan cinta dan kasih sayang. Natal merupakan saat untuk memberi dan menerima berkat. Saatnya bagi kita berbahagia, karena penyelamat kita sudah lahir. Selamat Natal dan tahun baru.”

5. Menjadi pembawa cinta kasih

“Mari kita menjadi pembawa cinta kasih, damai dan terang bagi dunia. Selamat Natal, semoga kehidupan kita dan keluarga selalu dipenuhi dengan cinta dan damai.”

6. Natal bukti kasih Allah

“Natal merupakan bukti kasih allah kepada kita. Kita diberikan kasih keselamatan, nafas kehidupan dan juga rezeki. Selamat Natal, damai dan kasih Tuhan beserta kita semua.”

4 dari 6 halaman

Damai Kristus melindungi umatnya

7. Juru selamat telah datang

“Malam kudus yang sunyi senyap. Bintang-bintang begitu gemerlap. Juru selamat telah datang ke dunia. Selamat Natal.”

8. Tuhan telah hadir

“Selamat Natal, semoga damai Natal tahun ini menyertai seluruh umat dan kebahagiaannya senantiasa dirasakan karena Tuhan telah hadir dan menyapa kita.”

9. Damai Kristus melingkupi umatnya

“Semoga damai Kristus senantiasa melingkupi kita, dan semoga kita dapat menjadi pembawa cinta kasih, damai dan terang bagi dunia. Selamat Natal, semoga kehidupan kita dan keluarga selalu dipenuhi dengan cinta dan damai.”

5 dari 6 halaman

Hadiah terbaik dari Tuhan

10. Natal hadiah terbaik dari Tuhan

“Hadiah yang terindah dan terbaik dari Tuhan adalah hari Natal, hari kelahiran Tuhan penyelamat kita semua. Selamat Natal! Damai dan kasih Tuhan beserta kita semua.”

11. Damai di bumi dan hati

“Damai di Bumi, Damai di Hati. Biarlah Damai dan Kasih Kristus serta sukacita Natal menyertai hari hari kita. Selamat Natal!”

12. Iman membuat semua jadi mungkin

“Iman membuat semua hal yang mungkin. Harapan membuat semua hal bekerja. Cinta membuat segala sesuatu menjadi indah. Semoga kita memiliki ketiganya untuk natal tahun ini.”

6 dari 6 halaman

Kasih Tuhan tak pernah lekang oleh waktu

13. Tidak ada yang tidak mungkin

“Kehidupan penuh dengan lika-liku. Dengan iman dan harapan, tidak ada yang tidak mungkin. Tetap percaya, berbuat baiklah, dan bersinarlah. Selamat Natal.”

14. Kasih Tuhan tidak lekang dan lapuk

“Kasih Tuhan Yesus tidak lekang oleh panas, tidak lapuk oleh hujan. Karena itu mari kita balas dengan mempersembahkan hidup kepadaNya. Selamat Natal. Semoga damai & kasih natal beserta kita semua.”

15. Syahdu di malam Natal

“Syahdunya malam penuh gemintang, diiringi nyanyian puji-pujian, wahai sahabatku, ku ucapkan selamat natal untuk kalian semua.”

Geber Motor Depan Rumah, Pemuda Dipukul Emak-Emak
Loading
Artikel Selanjutnya
Kumpulan Ucapan Natal 2018 yang Bisa Kamu Bagikan ke Sanak Saudara
Artikel Selanjutnya
Cara Polres Cilacap Pastikan Natal yang Aman dan Nyaman