Sukses

16 Kuliner Surabaya yang Enak nan Lezat, Dijamin Bikin Ketagihan

Ragam kuliner Surabaya yang menggugah selera.

Liputan6.com, Jakarta Kuliner Surabaya dikenal sangat khas dengan kelezatan yang menggugah selera. Ada begitu banyak tempat wisata kuliner Surabaya yang selalu menjadi buruan oleh para wisatawan kala berkunjung di Kota Pahlawan.

Ibukota Provinsi Jawa Timur ini memang memiliki banyak jenis makanan unik yang sayang untuk Anda lewatkan. Bahkan saat tengah malam, masih banyak kuliner Surabaya yang siap menggoyang lidah Anda. Sudah tak kuasa menahan air liur? Yuk simak ragam kuliner Surabaya yang menggugah selera. Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (21/12/2018), ragam kuliner Surabaya yang enak nan lezat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Masakan khas Surabaya yang tak boleh dilewatkan

1. Lontong Balap Garuda Pak Gendut

Lontong balap merupakan salah satu kuliner Surabaya yang khas. Kuliner Surabaya satu ini terdiri dari ontong, tahu goreng, taoge, lentho, bawang goreng, kecap, dan sambal dipadu kuah segar. Ditambah dengan lezatnya sate kerang dan segelas es kelapa muda tentu akan sangat menggugah selera.

Ada banyak tempat yang menyajikan kuliner Surabaya ini. Salah satunya adalah Lontong Balap Garuda Pak Gendut. Lokasinya berada di depan bekas Bioskop Garuda, tepatnya di Jalan Kranggan no. 60, Sawahan, Surabaya. Meski telah berjalan selama lebih dari empat dekade, kualitas lontong balap ini tetap terjaga.

2. Rawon Setan Mbak Endang

Rawon merupakan kuliner Surabaya yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung di kota Pahlawan. Rawon Setan Mbak Endang yang ada di Jalan Embong Malang, Surabaya merupakan depot rawon setan yang asli dan pertama di Indonesia. Disebut dengan rawon setan karena warung ini hanya buka di malam hari saja. Daging rawon disini cukup besar dan juga empuk. Rasa kuahnya nendang abis. Terletak di tengah kota, membuat rumah makan rawon setan ini enggak pernah sepi pengunjung.

3. Pecel Rawon Warung Pojok Moro Seneng

Kuliner Surabaya ini terdiri dari nasi pecel yang dicampur dengan kuah rawon. Kuliner Surabaya yang unik ini bisa dinikmati di Warung Pojok Moro Seneng, Surabaya. Tepatnya di Jl. Pucang Anom No 17, Gubeng, Surabaya. Ulekan kacang sebagai saus aneka sayuran yang kemudian disiram dengan kuah rawon yang hitam dan kaya dengan rasa rempah ini bakal memanjakan lidah Anda.

4. Nasi Goreng Jancuk

Menu nasi goreng memang mudah ditemukan di banyak tempat, namun kuliner Surabaya ini tak bisa Anda lewatkan begitu saja ketika berada di kota ini. Kuliner Surabaya ini dinamakan naso goreng jancuk karena rasa nasi goreng ini super pedas dengan porsi yang cukup besar sehingga cukup untuk disantap bersama beberapa orang. Nasi goreng pedas ini dimasak dicampur dengan irisan ayam, potongan udang, daging kepiting, telur, dan sambal terasi disajikan dengan acar dan kerupuk udang. Bertempat disalah satu restoran hotel, nasi goreng jancuk menjadi incaran oleh para penikmat kuliner.

3 dari 5 halaman

Makanan pedas selalu menjadi andalan kuliner Surabaya

5. Mie Pecun

Satu lagi kuliner Surabaya yang ditujukan bagi anda penggila masakan pedas. Tumisan mie kuah yang dicampur dengan irisan udang, telur, serta kornet, dijamin bakal membuat anda ketagihan untuk melahapnya. Di sini juga memiliki berbagai varian tingkat kepedasan, misalkan saja Paket Klimax (super pedas), Paket Galau (pedas biasa), Paket Semriwing (pedas sedang) dan Paket Culun (tidak pedas). Jadi tidak perlu khawatir untuk membawa si kecil bersama anda. Lokasi: Jalan Anjasmoro, Sawahan, Kecamatan Sawahan, Kota SBY, Jawa Timur.

6. Sate Klopo Ondomohen

Kuliner Surabaya yang unik ini merupakan sate daging sapi, ayam, usus, udang, atau sumsum yang dibakar dan disajikan dengan bumbu sate seperti umumnya. Walaupun terlihat sama, lidah Anda akan merasakan perbedaan rasa yang lebih menggoda. Irisan sate di tempat kuliner Surabaya ini lebih besar dan sudah dibumbui terlebih dahulu dengan kelapa yang telah disangrai, inilah yang menyebabkan Sate Klopo Ondomohen menjadi lebih gurih.

7. Soto Ayam Lamongan Cak Har

Meski bukan kuliner Surabaya yang asli, namun Soto Lamongan sudah menjadi salah satu menu utama yang wajib anda cicip bila berada di Surabaya. Soto lamongan yang paling terkenal di Surabaya ada di warung Cak Har yang berlokasi di Jalan Dr.Ir.H.Soekarno. Sotonya juga memiliki berbagai varian, mulai dari ceker, ayam, sapi, juga jeroan.

8. Nasi udang empal Bu Rudy

Nasi udang empal merupakan nama salah satu menu yang ada di depot Bu Rudy. Kuliner Surabaya ini disajikan dengan sambal bawang yang menggelitik lidah. Nasi pulen putih yang nikmat dan istimewa sangat cocok di lidah Anda.Depot Bu Rudy menjadi salah satu tempat kuliner Surabaya yang recommended. Menu yang disajikan di tempat ini sangat beragam sesuai dengan selera dan lidah. Anda bisa datang ke lokasi ini untuk menikmati menu istimewanya di Jalan Dharmahusada no. 140 Surabaya.

4 dari 5 halaman

Mengandalkan bumbu dengan rempah yang tajam

9. Kepiting Cak Gundul 1992

Kuliner Surabaya ini cocok buat Anda yang menyukai olahan sea food. Cak Gundul 1992 memang menjual aneka olahan makanan laut, namun andalan restoran yang sudah berdiri lebih dari 25 tahun ini adalah olahan kepitingnya. Kepiting di sini punya berbagai ukuran jadi Anda bisa bebas memilih sesuai dengan selera. Sausnya pun bisa Anda pilih mulai dari yang standar seperti asam manis sampai yang khas seperti saus kare.

Menu paling populernya adalah kepiting bumbu kare dan kepiting asam manis. Untuk menyantap kuliner Surabaya yang lezat ini Anda bisa berkunjung ke jalan Raya Kupang Indah, No. 45 C-D, Surabaya, Jawa Timur.

10. Rujak Cingur Ahmad Jaiz

Panganan yang berbahan dasar hidung sapi ini sudah menjadi kuliner Surabaya yang khas. Kuliner Surabaya satu ini gampang ditemukan di banyak tempat, namun ada satu tempat makan rujak cingur yang wajib anda kunjungi saat berada di Surabaya. Namanya warung Rujak Cingur Ahmad Jaiz yang berlokasi di jalan Achmad Jais No.40, Peneleh, Genteng, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Rasa khas yang ada dari rujak cingur ini adalah karena hasil ulekan bumbu dari sang pemilik warung, yakni Nyonya Giok Tjoe.

11. Nasi Cumi

Salah satu kuliner Surabaya tradisional yang murah dan enak adalah Nasi Cumi Waspada. Lokasinya berada di belakang Pasar Atom, tepatnya di Jalan Wasapada, Pabean, Cantikan, Surabaya. Di warung ini, nasi cumi yang ditawarkan sangat menggoda.

Ada empat variasi nasi cumi yang ditawarkan: nasi biasa (nasi+cumi+peyek udang), nasi campur (nasi+cumi+empal+telur+peyek udang), nasi komplet (nasi+cumi+mi goreng+usu+paru+babat+peyek udang), dan nasi rawon cumi. Panasnya nasi dipadu dengan cumi tinta dan beberapa menu lainnya akan membuat Anda ketagihan. Jika Anda bukan pencinta cumi, ada juga beberapa menu lainnya seperti nasi ayam, nasi paru, nasi tongkol, dan lain-lain.

12. Ice Cream Zangrandi

Mencari kuliner Surabaya yang manis dan cocok disantap saat siang hari yang terik? Maka Anda bisa berkunjung ke Restoran Ice Cream Zangrandi yang berada di jalan Yos Sudarso No.15, Embong Kaliasin, Genteng, Kota SBY, Jawa Timur, Indonesia. Restoran yang sudah ada sejak 1933 ini khusus menjajakan beraneka ice cream ini, sudah sangat terkenal di Surabaya.

5 dari 5 halaman

Dijamin bakal bikin ketagihan

13. Sego Sambel Wonokromo Mak Yeye

Surabaya dikenal dengan kuliner malamnya yang menggugah selera. Jika Anda pencinta kuliner pedas dan merasa lapar saat malam hari wajib mencicipi kuliner Surabaya satu ini. Di jalan Jagir Wonokromo Wetan no. 12, Jagir, Wonokromo, Surabaya anda bisa menyantap makanan saat malam hari di warung Sego Sambel Wonokromo Mak Yeye. Namun, Anda harus rela mengantre untuk mendapatkan kelezatan sajian di warung ini Menunya boleh jadi sederhana, tetapi urusan rasa, Sego Sambel Mak Yeye memang jawara. Nasi hangat dengan lauk iwak pe alias ikan pari yang dibaluri sambal merah menyala dan menantang, bisa-bisa membuat Anda ketagihan. Jika tak ingin iwak pe, ada juga beragam lauk sederhana lainnya.

14. Nasi Krawu Mbuk Su

Walaupun berasal dari Kota Gresik, nasi krawu juga sangat terkenal sebagai kuliner Surabaya yang lezat. Anda bisa menyantap enasi krawu yang otentik di Nasi Krawu Mbuk Su yang ada di daerah Gubeng. Nasi krawu disini disajikan di atas pincuk dengan lauknya berisi suwiran daging, dua macam serundeng kelapa, dan sambalnya. Walaupun sederhana nasi krawu ini menawarkan rasa unik karena serundengnya punya rasa gurih sekaligus manis.

Baca juga info terkait di sini.

15. Lontong Kupang Artomoro

Kupang sejenis kerang berukuran kecil ini hanya bisa ditemukan di Surabaya. Jadi kamu wajib banget untuk makan lontong kupang ketika ke Surabaya. Kupang ini punya tekstur yang unik dan sedikit seperti pasir tapi rasanya enak. Kamu bisa mencicipi kuliner surabaya yang unik ini di Lontong Kupang Artomoro.

16. Tahu Campur Kalasan

Tahu Campur Kalasan ini menjadi salah satu kuliner Surabaya yang terkenal dari masa ke masa. Tahu campur ini merupakan salah satu makanan favorit bagi banyak orang. Kuliner Surabaya ini terdiri dari jeroan sapi, daging, perkedel, tahu goreng, selada, dan bumbu kental. Bila Anda penasaran dengan menu kuliner Surabaya ini, maka segera datang dan nikmatilah tahu campur Kalasan yang lezat dan nikmat. Tahu campur ini berada di Jalan Kalasan No. 22 Tambaksari, Surabaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini