Sukses

10 Wisata Kuliner Surabaya Bercita Rasa Tradisional, Lezat dan Wajib Dicoba

Liputan6.com, Jakarta Surabaya adalah kota terbesar kedua di Indonesia. Terkenal dengan julukan Kota Pahlawan ternyata Surabaya juga dikenal sebagai kota dengan sejuta kuliner. Selain jenis kuliner yang beragam, cita rasanya yang dimiliki pun sangat khas. Mau yang pedas, manis, ataupun gurih bisa ditemukan di kota ini. Wisata Surabaya pun bisa kita nikmati lewat kuliner tradisionalnya.

Berkunjung ke Kota Pahlawan sepertinya akan kurang lengkap jika tidak mencicipi kuliner khas. Tidak usah bingung. Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (17/10/2018), berikut 10 wisata kuliner Surabaya paling recommended dan tentunya bercita rasa lezat.

2 dari 6 halaman

Kuliner khas Surabaya yang jangan sampai terlewat

1. Rujak Cingur Ahmad Jais

Rujak umumnya dikenal sebagai kuliner buah-buahan yang disiram bumbu kacang. Namun beda halnya dengan rujak cingur khas Surabaya. Seperti namanya, rujak cingur menggunakan irisan cingur (potongan hidung sapi) yang sudah direbus. Lalu ditambah potongan tahu, tempe goreng, kangkung, taoge, bengkuang, dan mentimun yang disiram bumbu rujak.

Rujak cingur yang direkomendasikan adalah Rujak Cingur Ahmad Jais. Ada perpaduan rasa gurih, asin, manis, dan pedas bisa kamu nikmati setiap porsinya. Daging cingur yang tersaji pun kenyal dan tidak berbau. Karena itu, tak heran jika wisata kuliner Surabaya yang satu ini selalu laris manis.

2. Sate Klopo Ondomohen Bu Asih

Sate Klopo Ondomohen merupakan sate daging sapi, ayam, usus, udang, atau sumsum yang dibakar dan disajikan dengan bumbu sate seperti umumnya. Akan tetapi perbedaannya adalah pada rasa gurih yang lebih menonjol.

Klopo alias kelapa adalah hal yang membedakan kuliner ini dengan sate pada umumnya. Daging yang telah ditusuk akan dioleskan bumbu kelapa parut saat dibakar. Sate kemudian disajikan dengan potongan lontong atau nasi, bumbu kacang, dan serundeng.

3 dari 6 halaman

Pecinta bebek dan seafood direkomendasikan mencicipi kuliner ini

3. Bebek Goreng Sinjay

Banyak orang rela menyeberangi Jembatan Suramadu hanya untuk menikmati Bebek Goreng Sinar Jaya (Sinjay) yang legendaris. Kini, tak perlu repot-repot pergi ke Madura karena nasi bebek khas Bangkalan ini sudah bisa ditemui di Surabaya. Kalau ingin mencobanya, bisa datang ke kawasan Ruko Njemur Sari, Ruko Pertokoan Baru, Jalan A. Yani No 166.

Satu paket Bebek Goreng Sinjay terdiri dari nasi, bebek goreng, lalapan, dan sambal pencit (sambal mangga muda).

4. Nasi Cumi Waspada

Di warung ini, pengunjung bisa merasakan sensasi lezat dan nikmat seporsi nasi cumi yang lengkap dengan tintanya. Untuk menu nasi cumi ini tersedia dalam berbagai variasi tergantung dengan selera dan keinginan pengunjung, pengunjung bisa segera mencicipi kuliner ini dengan harga terjangkau.

4 dari 6 halaman

Dua olahan lontong khas Surabaya

5. Lontong Kupang Artomoro

Berbicara tentang wisata kuliner Surabaya rasa kurang lengkap tanpa memasukkan lontong kupang. Lontong kupang merupakan potongan lontong dan kupang (sejenis kerang laut berukuran kecil) rebus yang diberi kuah kupang. Sebagai pelengkap, lontong kupang ditambahkan sambal petis dan lentho.

6. Lontong Balap Garuda Pak Gendut

Satu lagi kuliner khas di Surabaya, yaitu lontong balap. Lontong balap ini merupakan salah satu kuliner yang diburu oleh banyak wisatawan saat berkunjung ke Surabaya. Makanan ini terdiri dari irisan lontong, tauge, tahu goreng, bawang goreng, lentho, sambal, dan kecap yang dipadukan dengan siraman kuah segar dan enak.

Lontong balap Garuda Pak Gendut ini sudah berdiri lebih dari empat dekade dengan kualitas rasa yang masih tetap sama. Cara memasak dan bumbu-bumbunya masih diolah dengan sama karena merupakan warisan keluarga. Tak heran tempat ini jadi favorit saat wisata kuliner di Surabaya.

5 dari 6 halaman

Makanan berkuah khas Surabaya yang lezat dinikmati saat hangat

7. Soto Ayam Cak Har

Kuliner ini menjadi salah satu yang cukup terkenal sebagai wisata kuliner Surabaya yang jangan sampai dilewatkan. Setiap porsinya berisi nasi putih, sohun, dan ayam suwir yang disiram kuah kaldu santan berwarna kuning. Tak lupa, taburan koya dan kerupuk udang tumbuk untuk melengkapi racikannya. Cita rasa gurih dan segar yang dihasilkan dijamin akan membuatmu ketagihan.

Uniknya, Soto Ayam Lamongan Cak Har menggunakan daging ayam kampung, sehingga rasanya lebih gurih.

8. Rawon Pak Pangat

Rawon adalah kuliner identik dan khas Surabaya. Ada banyak warung makan yang menyediakan makanan ini. Salah satu warung makan yang direkomendasikan adalah Rawon Pak Pangat. Rawon di warung ini sangat berbeda dengan yang lainnya. Suwiran daging empal begitu empuk, lembut dan tambahan kuahnya juga sangat terasa lezat di lidah. Apalagi tak ada kandungan lemak yang tampak di menu rawon ini. Ada dua menu rawon yang disajikan di warung ini yaitu rawon campur dan rawon krengsengan.

6 dari 6 halaman

Pecinta pedas wajib banget coba

9. Nasi Goreng Jancuk

Dinamakan nasi goreng Jancuk karena disajikan dengan irisan cabe dan rasanya yang sangat pedas. Nasi goreng ini dibuat oleh Chef Eko di restoran Surabaya Plaza Hotel. Nasi ini sangat pedas dengan memakai minimal 20 cabe rawit dan tambahan bumbu sambal dan rempah yang lengkap.

10. Sego Sambel Wonokromo Mak Yeye

Kalau ingin mencicipi wisata kuliner Surabaya saat tengah malam maka datanglah ke Sego Sambel Wonokromo Mak Yeye. Tempat ini buka mulai pukul 22.00 WIB. Untuk mencicipi kelezatan menu makanannya, maka pengunjung harus bersabar dan rela mengantre karena tempat ini selalu ramai pembeli. Menu yang disajikan adalah nasi hangat dengan lauk ikan pari dengan sambal merah yang membuat pengunjung ketagihan untuk mencicipinya lagi.