Sukses

Miss Laos Raih Best National Costume di Miss Universe 2018

Liputan6.com, Jakarta – Miss Filipina, Catriona Gray akhirnya terpilih sebagai pemenang Miss Universe 2018 yang berlangsung hari ini, Senin (17/12/2018) di Bangkok, Thailand. Sebelumnya sudah diumumkan pemenang untuk kategori Best National Costume atau Kostum Nasional Terbaik.

Dilansir dari The Nation, finalis dari Laos, On-anong Homsombath, terpilih sebagai pemenang. Didominasi warna kuning emas, kostum yang dikenakan Miss Laos terlihat unik dan menarik banyak perhatian.

Menurut Homsombath, konsep utama kostumnya adalah mahluk spiritual setengah manusia dan setengah burung. Kemenangan di ajang Miss Universe yang baru kali ini diikuti oleh Laos disambut dengan sukacita oleh Homsombath.

"Terima kasih atas dukungannya. Saya bangga bisa membawa negara saya memenangkan penghargaan Kostum Nasional Terbaik. Ini tahun pertama kami mengikuti ajang Miss Universe dan saya senang bisa melangkah sejauh ini," tulis Miss Laos di akun Instagramnya.

Menurut On-anong Homsombath, kostum yang dikenakannya melambangkan mahluk tradisional yang sangat dikenal dalam legenda Laos. Beberapa finalis juga sempat tampil menonjol di kategori National Costume Miss Universe 2018, termasuk Puteri Indonesia Sonia Fergina Citra.

Sonia memakai kostum nasional tema Bird of Paradise rancangan Dynand Fariz yang merupakan pendiri dari Jember Fashion Carnival atau JFC. Ia menampilkan keelokan burung Cendrawasih, burung endemik khas tanah Papua.

Tema flora dan fauna memang banyak menjadi ciri utama di kategori Nastional Costume. Meski banyak peserta yang mendapat pujian, pada akhirnya peserta dari Asia Tenggara, Miss Laos On-anong Homsobath terpilih sebagai pemenang Best National Costume di Miss Universe 2018.

Saksikan video pilihan di bawah ini: