Sukses

Yuk, Nikmati Liburan yang Tak Biasa di Tempat Wisata Ini

Anda bisa menikmati suana liburan yang berbeda dengan pemandangan indah di waduk Embung Banjaroya. Seperti apa?

Liputan6.com, Jakarta Bosan dengan destinasi liburan yang itu-itu saja? Sebagai alternatif, Anda bisa menikmati pemandangan waduk di ketinggian dengan suasana perbukitan indah nan sejuk.

Suasana tersebut dapat ditemukan di Embung Banjaroya. Embung Banjaroya merupakan sebuah waduk mini yang berada di atas ketinggian Kalibawang Kulonprogo,Yogyakarta.

Embung Banjaroya memiliki luas 60 x 80 meter dan mampu menampung 8-10 ribu meter kubik air. Waduk mini ini pun menjadi sarana pengairan bagi 20 ha kebun durian di sekitarnya. Kawasan waduk dan kebun durian berada di tanah kas Desa Banjaroya.

Pembangunan embung dan kebun yang diresmikan pada 2014 tersebut didanai oleh APBD DIY sebesar Rp 1miliar untuk membangun waduk, dan CSR Pertamina sebesar Rp 1,3 miliar untuk membangun kawasan kebun durian. Kulonprogo memang terkenal sebagai penghasil durian Menoreh. Karena itu, di pintu masuk waduk, dibangun ikon patung durian menoreh kuning dengan ukuran besar.

“Patung durian ini memiliki makna bahwa daerah Kalibawang Kulonprogo merupakan sentra penghasil Durian menoreh terbaik di Kota Yogyakarta,” ujar Madun. salah satu pengelola Embung Banjaroya.

Setiap musim durian, akan ada festival durian yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Pengunjung dapat dengan puas menikmati durian menoreh khas Kalibawang.

Soal pemandangan, dari Embung Banjaroya pengunjung dapat menikmati pemandangan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu jika cuaca sedang cerah. Tak hanya sampai di situ, ketika sore hari pengunjung dapat menikmati pemandangan keindahan matahari terbenam. Pertunjukan senja tersebut tergambar jelas di antara bukit dengan warna jingga sore hari.

Pengunjung dapat menikmati pemandangan indah tersebut di pendopo yang ada di sekitaran Embung Banjaroya. Adapun tiket masuk menuju destinasi wisata ini hanya untuk parkir mobil Rp 5.000 dan parkir motor Rp 2.000. Di sana, pengunjung terdapat fasilitas umum seperti toilet, area parkir kendaraan, mushola, tempat istirahat, warung makan, dan warung penduduk sekitar.

Anda bisa mengunjungi Embung Banjaroya di Jl. Kalibawang Sendang Sono, Banjaroyo, Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Wilayah ini berada tepatnya di Kulonprogobagian utara, sekitar 38 km dari titik nol Yogyakarta jika ditempuh melalui Jalan Godean melalui Kenteng, Nanggulan. 

Tips dan trik berwisata ke Embung Banjaroya

1. Siapkan fisik dan kendaraan agar liburan lancar

2. Ajaklah sanak keluarga atau teman-teman berkunjung ke waduk dengan pemandangan indah dan menikmati durian lebih menyenangkan bersama-sama.

3. Sebelum berangkat pantau terlebih dahulu cuaca agar tidak menghalangi pemandangan indah yang dapat dinikmati saat cuaca cerah.

4. Persiapkan bekal dan kamera, karena Anda psti ingin mengabadikan momen bersama keluarga atau teman- teman.5. Jangan lupa untuk membawa pulang oleh-oleh Durian Menoreh terbaik khas Kulonprogo.

6. Makanan khas Kulon Progo ada Growol, Besengek, Tempe Benguk, Geblek, Enting-enting Jahe, Peyek Undur-undur, dan Gula Semut.

Apabila Anda ingin melihat dulu seperti apa Embong Banjaroya, silakan saksikan video di link ini.

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.