Sukses

Semangkuk Es Krim Sumber Hidangan Spesial di Braga Penuh Kenangan

Liputan6.com, Bandung - Sumber Hidangan adalah salah satu restoran zaman baheula yang masih bertahan di Jalan Braga, Kota Bandung. Lokasinya hanya berselang tiga toko dari Maison Bogerijen alias Restoran Sumber Hidangan yang tak kalah jadulnya.

Sajian utama yang ditawarkan adalah beragam kue dan roti masa lalu. Yang paling favorit adalah roti kismis (kretenbol) dan kue sus. Bila beruntung, Anda bisa mendapatkan kue linzen yang berisi kacang almond dan kacang tanah pada Sabtu.

Di sebelah toko kue yang beroperasi sejak 1929 itu, terdapat kafe yang menyediakan es krim sebagai hidangan utama. Kafe dan toko kue itu memang masih dalam satu pengelola. Pemiliknya seorang keturunan Tionghoa yang hanya bisa berbahasa Indonesia dan Belanda.

Toko tersebut buka setiap Senin hingga Sabtu, mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 15.30 WIB. Liputan6.com dalam Fam Trip De Braga by Artotel berkesempatan mencicipi salah satu menu es krim yang legendaris, Sumber Hidangan Spesial.

Semangkuk es krim yang berharga Rp 30 ribu seporsi itu disajikan sekitar 15 menit setelah pemesanan. Isinya cukup lengkap, hampir semua rasa dasar es krim yang ditawarkan di kafe ada di dalam satu wadah.

Paling atas adalah es kopyor, dilanjutkan, es cokelat, vanila, stroberi, dan moka. Es krim kemudian ditaburi potongan buah peach dan leci yang menyegarkan. Terakhir adalah taburan kismis yang membuat rasa es krim seimbang.

Rasa jadul masih terdeteksi dari semangkuk es krim tersebut lewat sensasi kres butiran es. Hal itu berbeda dari rasa es krim masa kini yang umumnya sangat lembut sehingga langsung meleleh saat di lidah.

Yono, pramusaji di kafe tersebut mengatakan es krim yang paling direkomendasikan sebenarnya bernama Marasquino. Namun karena mengandung rhum, kaum muslim harus berhati-hati mencicipinya. Harganya Rp 25 ribu seporsi.

Ia juga mengatakan banyak menu yang disajikan di Sumber Hidangan sudah tak lagi ditemukan di negara asalnya, Belanda. "Mereka (orang Belanda) heran kenapa menu seperti ini masih bisa ditemukan di sini," ujarnya tertawa.

Jadi, apakah Anda berminat untuk melegakan dahaga dengan es krim penuh kenangan?

Saksikan video pilihan berikut ini:

Artikel Selanjutnya
Kreasi Es Krim Nanas yang Menyegarkan
Artikel Selanjutnya
Cara Membuat Es Krim Sendiri di Rumah Tanpa Mixer, Mudah dan Murah