Sukses

Maria Simorangkir Bangga Terpilih Sebagai Endorser Sales Mission Danau Toba

Maria Simorangkir salut dengan promosi Kemenpar untuk Danau Toba.

Liputan6.com, Bandung Jawara Indonesian Idol 2018, Maria Simorangkir, mengucapkan terima kasih kepada Menteri Pariwisata Arief Yahya karena telah memilihnya sebagai endorser acara Sales Mission Danau Toba. Kegiatan ini berlangsung di Trans Mall Studio, Bandung, pada 9-11 November 2018.

"Terima kasih kepada Bapak Menteri Pariwisata aku sudah diajak mengisi acara Ayo ke Toba. Karena memang Danau Toba itu sangat layak dipromosikan. Danau Toba itu indah banget. Danau Toba itu kuasa Tuhan yang tak ada tandingannya," ujarnya.

Maria pun menghibur para pengunjung dengan suara emasnya. Ia membawakan lagu-lagu hits miliknya dan menyapa para penonton di sela-sela lagu itu.

“Pengunjung di sini luar biasa. Acara Ayo ke Toba sangat bagus. Sebab, mengajak orang untuk mengenal dan datang ke Danau Toba. Maria sangat mengenal Danau Toba. Destinasi Danau Toba itu indah banget. Danaunya sangat biru. Kayak laut saja,” ucapnya.

Terkenal sebagai kaldera raksasa, eksotisme Danau Toba sudah mendunia. Danau terluas di Indonesia dan Asia Tenggara. Daya tarik utama dari Danau Toba adalah Pulau Samosir yang ada di tengah danau.

Kawasan ini semakin menarik dengan keberadaan Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang di tengah Toba. Ditambah kehadiran pulau lain, seperti Sibandang, Tao, Tolping, dan Tulas.

Air Danau Toba sangat jernih dan menyegarkan berkat keberadaan 12 air terjun di sekitar Danau Toba. Ada Air Terjun Sipiso-Piso, Situmurun, Afrata, dan Bidadari. Di sisi lainnya ada Air Terjun Sigarattung, Janji, Binanga Bolon, dan Simamora.

Selain itu, Danau Toba juga menjadi habitat endemik ikan Batak (Neolissochillus Thienemanni). Ikan ini bahkan sudah masuk kategori terancam punah.

“Berada di Danau Toba sangat menyenangkan. Ada banyak hal indah yang bisa dinikmati. Dari ujung ke ujung semuanya masih sangat original. Tradisi di Toba dan Batak juga masih ada. Semua dilestarikan sangat baik,” kata Maria.

Selain alam, Danau Toba juga ditopang kekuatan budaya yang luar biasa. Salah satunya adalah ulos, kain tradisional Batak ini sangat indah dengan beragam fungsi. Budaya Mengulosi saat ini pun masih berlaku.

Menjadi situs budaya besar, Kawasan Danau Toba memiliki Museum Huta Bolon Simanindo. Dengan nuansa tradisional kuat dengan benteng dan tanaman bambu, kawasan ini dahulu juga didiami oleh raja. Hingga kini, Pesta Adat Mangalahat Horbo tetap dilestarikan. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati Tarian Batak Tradisional setiap harinya.

Destinasi lainnya adalah Batu Kursi Siallagan. Di sana, wisatawan dapat melihat proses hukum simulasi adat, termasuk proses eksekusi hukuman mati orang yang dinilai bersalah.

“Pokoknya, semua harus datang ke Danau Toba. Pesonanya luar biasa dan indah banget. Danau Toba ini destinasi yang wajib dikunjungi,” ujar Maria.

Danau Toba juga menawarkan beragam cara untuk menikmati keindahannya. Salah satu sudut terbaiknya adalah Menara Pandang Tele. Kombinasi Gunung Pusuk Buhit dan biruanya air danau menjadi background foto terbaik.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya, menjelaskan bahwa pernyataan Maria Simorangkir terkait keindahan Danau Toba adalah fakta.

“Keindahan Danau Toba adalah fakta. Maria Simorangkir pasti tahu banyak hal terkait Danau Toba ini. Kawasan ini memang sangat indah. Alamnya luar biasa. Kawasan ini juga menjadi situs budaya yang sangat besar. Ada banyak pesona yang ditawarkan Danau Toba,” ucap menteri yang sukses membawa Kemenpar No. 1 dan menjadi #TheBestMinistryTourism2018 se-Asia Pasifik di Bangkok.

Selain atraksinya, aksesibilitas menuju Danau Toba juga sangat mudah. Melalui Bandara Internasional Silangit, kawasan ini sudah terkoneksi langsung dengan Malaysia. Poros ini dihubungkan oleh Malindo Air dan AirAsia.

“Ada banyak pilihan menuju Danau Toba, apalagi ada 2 maskapai yang terbang langsung dari Malaysia. Selain itu, amenitasnya juga bagus di sana. Ada banyak pilihan hotel. Belum lagi kuliner yang disajikan ini sangat nikmat. Silahkan datang ke Danau Toba dan nikmati banyak experience yang ditawarkan,” tutupnya.

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini