Sukses

Durian dan 6 Makanan Lain yang Tak Disarankan Masuk Pesawat

Bakal membuat Anda repot, bahkan jadi petaka lain saat turbulensi, durian dan deretan makanan ini sebaiknya tak dibawa ke kabin pesawat terbang.

Liputan6.com, Jakarta - Mengutamakan keselamatan dan kenyamanan penumpang, Anda tentu sudah sangat sadar kalau perjalanan udara memiliki segudang aturan yang harus ditaati, termasuk soal membawa makanan ke pesawat terbang.

Terpecah dalam beberapa kategori, terdapat makanan-makanan tertentu yang sebaiknya tak Anda bawa. Satu kategori yang paling lumrah adalah makanan dengan bau menyengat seperti durian.

Bukan berarti tak boleh sama sekali. Beberapa maskapai ada yang memperbolehkan dengan syarat durian tak mengeluarkan bau menyengat. Di samping durian, nangka juga dilarang dibawa oleh salah satu maskapai. Selain itu, masih ada beberapa kategori makanan lain yang sebaiknya tak dibawa ke pesawat terbang seperti dikutip dari berbagai sumber, Rabu (7/11/2018).

Makanan bertekstur basah dan lengket

Makanan jenis ini dilarang dibawa agar perjalanan aman dari adegan tumpah. Situasi itu akan sangat merepotkan jika terjadi turbulensi, juga saat akan lepas landas dan mendarat, mengingat getaran di pesawat bisa jadi sangat hebat.

Makanan kaleng

Masih dalam upaya menghindari tumpah, makanan kaleng yang beberapa di antaranya ada liquid, seperti sarden juga dilarang dibawa ke pesawat terbang. Tapi, ada sejumlah maskapai yang memperbolehkan dengan syarat lulus ketentuan pengemasan standar tertentu.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makanan yang Tak Boleh Dibawa ke Pesawat Terbang

Makanan beku

Makanan beku juga dilarang dibawa, lantaran biasanya memerlukan es atau suhu tertentu untuk membuatnya tetap beku. Dengan suhu udara yang sangat mungkin berubah, makanan ini nantinya malah cair dan merepotkan selama penerbangan.

Cupcakes in a jar

Camilan satu ini dilarang dibawa ke pesawat terbang karena dianggap masuk dalam ketegori liquid atau gel. Dengan ukuran yang melebihi batas ketentuan liquid, makanan ini dilarang dibawa ke kabin selama penerbangan.

Makanan yang merepotkan

Membawa makanan yang merepotkan hingga butuh banyak peralatan ketika menyantapnya, bukanlah ide bagus. Sushi, misalnya. Anda perlu menyelupkannya ke saus sebelum dimakan. Nah, saus yang biasanya berupa kecap asin ini juga sangat rentan tumpah.

Selai dan jelly

Masuk kategori liquid. Walau sudah dalam kemasan, belum tentu selai dan jelly tak tumpah ketika dibawa ke pesawat terbang. Kalau tetap ingin membawanya, Anda bisa memasukkan makanan ini ke bagasi dengan dibungkus kantong plastik.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.