Sukses

6 Cara Mengemas Durian agar Tak Mengeluarkan Bau Menyengat di Pesawat

Bisa dari cara mengemas, hingga menambahkan beberapa bahan, berikut cara bawa durian agar tak mengeluarkan bau menyengat di pesawat.

Liputan6.com, Jakarta - Sepotong durian mungkin surga dunia bagi sebagian orang. Namun untuk sisanya, durian adalah siksaan tiada akhir. Utamanya soal aroma tajam yang tak semua orang suka. Namun, salah satu buah eksotis khas Asia ini terlalu menggoda bagi tak sedikit orang.

Karenanya, wajar kalau beberapa di antaranya memutuskan membawa durian sebagai oleh-oleh. Tapi, niat ini sering terbentur bila pulang dengan perjalanan udara. Pasalnya, terdapat maskapai tertentu yang melarang penumpang membawa durian.

Namun, sebagian besar maskapai mengizinkan dengan catatan tak mengeluarkan bau yang nantinya mengganggu penumpang lain. Setelah memasikan Anda boleh membawa durian di pesawat terbang, langkah selajutnya adalah mencari tahu bagaimana mengemas durian agar tak mengeluarkan bau.

Terdapat beberapa saran perihal membungkam bau durianketika tengah di pesawat terbang. Mungkin dengan cara mengemasnya, bisa juga menambahkan sejumlah bahan untuk menghalau bau dikutip dari berbagai sumber, Rabu (7/11/2018). Berikut beberapa tips di antaranya.

Pisahkan kulit dengan daging durian. Membawa kulit hanya akan merepotkan Anda. Taruh ke dalam wadah, kemudian bungkus menggunakan tisu makanan. Tutup wadah tersebut dan selotip di sepanjang penutup.

Tutup keseluruhan wadah menggunakan aluminium foil. Selotip kembali di ujung-ujungnya. Jika tak puas dengan satu lapisan, ulangi tahap ini hingga 2-3 kali. Kemudian, pakai baking soda dan akhiri dengan membungkus wadah durian menggunakan plastik, tutup menggunakan selotip hingga rapat sempurna.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengemas Durian agar Tak Mengeluarkan Bau

Ditaburi biji kopi

Agar aromanya tidak mengganggu selama penerbangan, durian bisa disimpan di dalam wadah yang memiliki tutup. Lalu, masukkan ke dalam wadah kedap udara yang lebih besar (kalau bisa dilapisi aluminium foil), taburi dengan biji kopi.

Masukkan dalam wadah tertutup

Pertama, kulit durian dibelah. Buah dimasukkan ke kotak plastik. Kotak yang sudah ditutup rapat kemudian dilakban. Sesudah itu, kotak tersebut dimasukkan ke plastik bening. Sekali lagi, kemasan tersebut dilakban lagi.

Pakai daun pandan

Langkahnya sama dengan yang ditaburi biji kopi. Namun ketimbang biji kopi, tahap tersebut membuat Anda memasukkan daun pandan. Kalau bisa yang sudah dipotong agar wanginya lebih keluar, sebelum akhirnya ditutup rapat.

Dikemas vakum

Kalau Anda membawa durian dari luar negeri, Hong Kong misalnya, pilihan ini bisa jadi alternatif terbaik. Bisa dilakukan di bandara atau di tengah kota kalau Anda memang tak terlalu terburu-buru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.