Sukses

3 Cara Memasak Ayam yang Enak dan Empuk, Selezat Olahan Restoran

Olahan ayam paling banyak variasinya.

Liputan6.com, Jakarta Dibanding bahan makanan lain seperti daging sapi atau ikan, cara memasak ayam dianggap lebih mudah. Ayam adalah salah satu bahan makanan yang paling sering diolah untuk lauk di rumah. Dikenal sebagai bahan pangan yang nikmat dan kaya nutrisi, ayam kerap dibuat menjadi menu masakan nikmat, mulai dari ayam goreng, ayam bakar, hingga ayam bumbu kecap. 

Meskipun begitu, masih banyak orang yang belum tahu cara memasak ayam yang tepat. Salah cara memasak ayam bisa membuat dagingnya kurang empuk. Oleh sebab itu dibutuhkan tips dan trik khusus agar tekstur, serta rasa dagingnya lebih lembut dan gurih. Nah, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Rabu (7/11/2018) 3 cara memasak ayam yang enak dan agar empuk maksimal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tips cara memasak ayam agar lembut

1. Pilih ayam yang lebih muda 

Memilih ayam merupakan salah satu hal yang perlu anda perhatikan. Jika ingin mendapatkan olahan ayam yang lebih empuk dan nikmat, anda bisa memilih ayam yang masih muda. Selain dagingnya tidak terlalu keras, daging ayam muda juga memiliki rasa yang lebih lezat.

2. Jangan menyimpan ayam terlalu lama di kulkas

Teknik penyimpanan daging ayam merupakan salah satu langkah cara memasak ayam yang cukup krusial. Paling lama, simpan ayam dalam kulkas selama dua hari. Soalnya suhu kulkas di rumah biasanya lebih hangat daripada suhu pendingin makanan yang ada di toko, dan lebih sering dibuka-tutup. Meskipun masa kedaluarsanya masih agak lama, biasanya ayam sudah tidak begitu segar.

3. Merebus

Agar ayam yang anda olah cepat empuk dan lunak, maka anda bisa merebus dagingnya bersama dengan potongan tebu. Dengan memanfaatkan potongan tebu, daging ayam kampung akan cepat empuk dan lunak. Sehingga anda bisa mengolahnya menjadi berbagai olahan masakan yang nikmat dan lezat.

Selain dengan tebu, cara lain cara memasak ayam agar cepat empuk dan lunak adalah dengan merebusnya menggunakan air kelapa. Merebus daging ayam dengan air kelapa akan membuatnya lebih mudah empuk dan lunak, selain itu juga akan menambah cita rasanya.

4. Direndam

Sebelum mengolah ayam, pastikan untuk membumbuinya terlebih dahulu. Tak hanya memperkaya rasa daging, teknik ini juga akan membuat tekstur daging lebih lembut dan berserat. Bumbui daging ayam sekitar 3-4 jam sebelum memasaknya agar rasanya semakin nikmat.

Cara memasak ayam ini bisa dilakukan jika Anda ingin mengolah ayam dengan cara digoreng. Caranya rendam daging ayam dengan bumbu yang sesuai dengan selera Anda. Selain akan membuat daging lebih cepat empuk, proses merendam ini juga akan membuat daging lebih gurih dan lezat.

5. Mengiris daging

Sebelum mengolahnya, iris tipis daging ayam mengikuti alur serat daging, setelah itu pukul-pukul daging agar lebih empuk. Biasanya, cara memasak ayam satu ini sangat cocok digunakan untuk ayam panggang atau ayam goreng.

6. Jangan memasak terlalu lama

Cara memasak ayam yang benar adalah hindari memasak daging ayam terlalu lama.  Sering dilakukan agar ayam matang sempurna, memasaknya terlalu lama rupanya dapat membuat tekstur dan serat daging menjadi lebih keras, serta kering. Karenanya, perhatikan waktu pemasakan ayam, dan jangan lupa untuk membolak-balikannya agar seluruh permukaan daging ayam matang merata.

Nah, jika sudah mengetahui tips cara memasak ayam, kini saatnya mengolah ayam menjadi sajian favorit, seperti ayam bakar, ayam bumbu kecap, serta ayam goreng biasa. Berikut ini beberapa cara memasak ayam.

3 dari 5 halaman

1. Cara memasak ayam bakar

Ayam bakar memang selalu nikmat dan menggoda untuk disantap, tak heran jika olahan satu ini kerap membuat ketagihan. Kini Anda juga bisa membuat ayam bakar sendiri di rumah. Berikut ini cara memasak ayam bakar. 

Bahan Utama

- 1 ekor ayam (bagi menjadi 8 atau sesuai keinginan)

- 1 batang serai dimemarkan2 lembar daun salam

- 1 sendok teh airjeruk nipis 2 cm jahe, dimemarkan

- 1 sendok teh garam2 sendok makan kecap manis

- 300 ml air1 sendok teh gula merah sisir

- 1/4 sendok teh merica bubuk

- 2 sendok makan minyak untuk menumis 

Bumbu Ayam yang dihaluskan:

- 1/2 sendok makan ketumbar

- 1/4 sendok teh jintan

- 4 siung bawang putih

- 8 butir bawang merah

- 2 butir kemiri, disangrai

Bahan Olesan (dicampur):

- 3 sendok makan kecap manis

- 4 buah cabai rawit merah, diiris

- 1 sendok teh minyak goreng

Cara memasak ayam bakar

- Setelah ayam dibersihkan, tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga tercium bau harum.

- Setelah itu, masukkan juga bumbu lain seperti jahe, serai dan tumis kembali hingga tercium bau harum. Jika bumbu sudah harum, masukkan ayam kedalamnya dan aduk-aduk ayam hingga berubah warna.

- Masukkan air kedalam tumisan bumbu dan ayam bersama dengan kecap, garam, gula dan juga merica bubuk.

- Masak semua hingga bumbu meresap atau air menyusut dan ayam menjadi lebih empuk secara merata.

- Setelah itu, baru siapkan panggangan dan bakar ayam sambil diberikan bumbu olesan hingga tercium bau harum. Tidak perlu terlalu lama, cukup panggang sampai terbentuk lapisan karamel tipis pada permukaan ayam. Jangan lupa untuk dibulak-balik agar ayam tidak gosong.

4 dari 5 halaman

2. Cara memasak ayam bumbu kecap

Ayam bumbu kecap merupakan salah satu lauk simpel favorit banyak orang. Rasanya manis gurih dan cukup mudah diolah. Nah, berikut ini cara memasak ayam bumbu kecap.

Bahan yang diperlukan

- 1 ekor ayam, potong 6 bagian

- 1/2 sdt garam

- 2sdm air jeruk nipis

Bumbu tumisan

- 4 siung bawang putih, memarkan

- 1/2 butir bawang bombay, potong panjang1 buah tomat, potong panjang

- 2 tangkai daun bawang, potong serong

- 1/2 ruas jari jahe, memarkan

- 5 sdm Kecap Manis

- 1/2 sdt lada putih bubuk

- 1/4sdt garam100 ml air

- 1 sdm margarinminyak sayur

Cara memasak ayam bumbu kecap:

- Balurkan potongan ayam dengan garam dan air jeruk nipis hingga merata.

- Panaskan wajan dan minyak sayur, kemudian goreng ayam hingga matang namun tidak terlampau kering. Angkat dan kemudian sisihkan.

- Panaskan margarin di wajan, kemudian tumis jahe beserta bawang putih hingga harum. Lalu masukkan bawang bombay dan tumis hingga layu.

- Masukkan ayam ke dalam tumisan margarin, jahe, dan bawang, kemudian aduk-aduk sebentar.

- Tambahkan Kecap Manis, air, garam, lada, dan tumis semua hingga matang. Kemudian masukkan tomat dan daun bawang. Aduk sebentar kemudian angkat.

- Sajikan ayam bumbu kecap selagi hangat.

5 dari 5 halaman

3. Cara memasak ayam goreng biasa

Ayam goreng merupakan cara memasak ayam yang sudah sangat umum dan cukup mudah. Walaupun cara memasak ayam goreng biasa sederhana namun rasanya enak dan gurih.

Bahan dan Bumbu :

- 1/2 kg ayam

- minyak untuk menggoreng

Haluskan :

- 3 butir bawang merah

- 3 siung bawang putih

- 6 butir kemiri

- 2 ruas jari kunyit

- garam dan penyedap secukupnya

Cara memasak ayam goreng biasa:

- Rebus daging ayam hingga matang, angkat dan tiriskan.

- Masukkan ayam ke dalam wadah, masukkan bumbu halus lalu aduk rata. Diamkan 3 - 4 jam agar bumbu meresap sempurna.

- Panaskan minyak, goreng dengan api sedang hingga warna kecoklatan. Angkat, tiriskan lalu sajikan.

- Nah, itu tadi cara memasak ayam yang enak dan lezat.

Selamat mencoba.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.