Sukses

4 Manfaat Minuman Soda yang Jarang Diketahui, Apa Saja?

Minuman soda tak selalu menimbulkan masalah, tetapi juga bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Apakah itu?

Liputan6.com, Jakarta - Minuman soda belakangan banyak dijauhi lantaran masalah kesehatan. Namun, minuman karbonasi ini nyatanya bisa bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari.

Dikutip dari akun Youtube 5minutecrafts, Jumat, 26 Oktober 2018, setidaknya ada empat manfaat minuman soda selain untuk dikonsumsi. Berikut rangkumannya:

1. Lampu Darurat

Minuman bersoda yang dicampur dengan cairan pembersih lantai ternyata dapat menyala saat diletakkan pada kegelapan. Caranya cukup sederhana, yaitu dengan menuangkan pembersih lantai terlebih dahulu dalam sebuah botol, lalu campurkan minuman bersoda. Kemudian, tutup botol dengan rapat. Pastikan perbandingan cairan pembersih lantai dengan minuman bersoda setengah-setengah dari ukuran botol.

2. Sumber Air

Bahan yang diperlukan ketika ingin bereksperimen tentang perubahan dalam warna, bisa Anda gunakan karbon aktif yang sudah ditumbuk hancur dan campurkan dengan minuman bersoda. Tunggu hingga empat hari, Anda bisa melihat perubahan warna bening pada minuman bersoda yang telah diuji coba tadi.

3. Bersihkan Alat Masak

Sebagai alat masak, panci menjadi suatu benda yang paling sering digunakan. Untuk itu, kebersihan adalah yang terpenting. Namun, panci seringkali mengalami gosong pada bagian bawah bahkan sampai berkerak di bagian atas.

Minuman soda bisa membantu menghilangkannya. Caranya, dengan menuangkan minuman bersoda pada panci yang berkerak tersebut, lalu didihkan, dan biarkan semalaman. Setelah itu, Anda bisa membilasnya dan kerak panci pun hilang dan bersih kembali.

4. Melunakkan Daging

Saat ingin memanggang daging, tentu butuh waktu untuk melunakkannya. Dengan minuman bersoda, Anda bisa mencampurkannya pada tumpukan daging yang ingin diempukkan. Tunggu hingga dua jam, lalu angkat dan siap diolah. (Mariany)

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.