Sukses

Cara Membuat Donat yang Empuk dan Mengembang, Enak Banget

Meski hasilnya mirip, ternyata cara membuat donat beragam lho.

Liputan6.com, Jakarta Siapa sih yang tidak tahu donat? Banyak orang sangat menyukai kue yang berlubang di bagian tengah ini. Donat merupakan kue yang populer baik di dunia termasuk Indonesia. Rasanya yang manis dengan tekstur yang empuk nan lembut membuat kue ini memiliki banyak penggemar. Donat mempunyai banyak macam rasa dengan toping yang berbeda-beda, rasa dan toping paling umum bagi orang Indonesia adalah dengan toping meses coklat dan gula salju. Berkat popularitasnya sebagai kudapan manis favorit orang dari berbagai kalangan dan usia, donat saat ini mudah sekali ditemukan di berbagai tempat. 

Menariknya, meskipun hasilnya sama, cara membuat donat ini cukup beragam lho. Ada cara membuat donat dengan teknik klasik, ada juga yang menggunakan bahan lain seperti kentang, ubi serta masih banyak cara yang lainnya. Kamu sendiri juga bisa membuat donat jika mengetahui cara membuat donat yang empuk dan mengembang. Nah, berikut ini liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Jumat (26/10/2018), cara membuat donat empuk dan mengembang. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tips membuat donat empuk dan mengembang.

- Untuk membuat donat yang lembut dan empuk, kamu bisa menggunakan ragi sebagai pengembang atau pelembut adonan donat.

- Cara mengolah bahan adonan donat penting untuk membuat ragi dan bahan lain bercampur dengan baik dan bisa maksimal. Mencampur adonan sebaiknya dahulukan memasukan air hangat dahulu kedalam mangkok lalu taburkan ragi kedalam mangkok tersebut baru kemudian masukan adonan lain kedalamnya.

- Aduk dan campur hingga adonan lentur dan jika disentuh tangan tetap kering. Cara mengaduk sambil ditekan-tekan atau seperti halnya anda sedang mencuci pakaian.

- Pehatikan suhu adonan agar bisa mengembang sempurna. Suhu adonan ini tergantung dari air sebagai bahan adonan yang kamu gunakan. Gunakanlah air hangat dengan suhu kurang lebih 26 – 28 ° C, jangan sampai air yang digunakan terlalu panas. Air dan adonan yang terlalu panas akan membuat proses fermentasi ragi terjadi terlalu cepat sehingga justru membuat adonan donat punya tekstur yang tidak bagus atau tidak lembut dan mudah gosong jika digoreng. Donat yang sudah matang juga ukurannya tidak mengembang baik, tidak tahan lama dan justru membuat donat menjadi keras.

- Selain menggunakan air hangat kamu juga bisa menggunakan susu cair hangat sebagai pencair, selain bisa melembutkan juga menambah cita rasa donat menjadi lebih lezat.

- Proses fermentasi sangat penting untuk membuat adonan menjadi lebih lembut dan mengembang. Fermentasi sebaiknya dilakukan pada suhu dan tingkat kelembaban kamar. Gunakanlah kain sebagai penutup untuk menjaga kelembaban adonan dan didiamkan kurang lebih antara 1 hingga 1,5 jam. Dengan begitu seharusnya adonan akan mengembang menjadi 2 hingga 3 kali lipat dari ukuran sebelumnya.

- Saat proses pembuatan donat bagi adonan menjadi bagian kecil-kecil untuk dijadikan bentuk donat pastikan adonan donat jika ditekan tidak kembali ke bentuk awal. Jika saat ditekan adonan kembali ke bentuk awal, maka adonan donat belum siap untuk dibuat donat dan digoreng. Diamkan dahulu untuk memperoleh adonan yang empuk.

- Proses penggorengan merupakan salah satu teknik cara membuat donat yang cukup krusial. Suhu minyak menjadi penting supaya adonan bisa lembut dan matang dengan baik. Suhu yang ideal dalam menggoreng donat adalah 190 ° C. Suhu yang tepat akan membuat donat menguning keemasan yang menunjukan donat sudah siap dibalik memakan waktu kurang lebih 1 menit. Jadi butuh 2 menit untuk mematangkan donat di dua sisinya. Sebagai patokan jika kurang dari 1 menit sudah matang maka api terlalu besar dan jika lebih 1 menit api terlalu kecil.

3 dari 4 halaman

Cara membuat donat empuk dan mengembang :

Bahan-bahan:

1. Tepung terigu

Biasanya terigu yang digunakan adalah terigu yang mempunyai range protein 11%-13%. Saat membuat donat kamu bisa mengakalinya dengan mencampur terigu protein tinggi dan terigu protein sedang. (misal: cakra+segitiga, gunung+kompas, tali emas+beruang biru).

Kalau menggunakan terigu protein tinggi, hasil jadinya besar dan mengembang ke atas. Namun, jika menggunakan protein sedang dimakannya soft tetapi hasil jadi volumenya tidak tinggi dan besar. Selain itu kadar moisture dalam terigu benar-benar dijaga tidak boleh lebih dari 14,5%, karena di atas angka tersebut akan mudah sekali menimbulkan jamur, bakteri, kutu dan lainnya.

2. Gula

Gula yang digunakan di dalam adonan donat tidak banyak. Maksimal 15% dari berat tepung. Gula disini berfungsi sebagai pemberi rasa, makanan ragi, memberi warna, bikin empuk, serta agar memiliki daya tahan yang lebih lama.

Nah, jika sudah mengetahui tips dan triknya saatnya kamu menyimak cara membuat donat empuk dan mengembang berikut ini.

Bahan-bahan yang harus disiapkan:

- 500 gram tepung terigu protein tinggi

- 100 gram gula pasir

- 11 gram atau 1 bungkus ragi instan

- 1/4 sdt baking powder

- 1/2 sdt garam

- 2 kuning telur

- 100 gram mentega

- 250 ml susu cair 

Olesan: 

- Mentega

- Cokelat yang sudah ditim

- Meises

- Selai

- Gula halus

- Kamu juga bisa menggunakan bahan lain yang sesuai dengan seleramu.

4 dari 4 halaman

Cara membuat donat empuk dan mengembang:

- Campur tepung terigu, gula, ragi instan, baking powder dan garam, aduk dengan tangan. Tambahkan kuning telur, uleni hingga berbentuk butiran halus. Tuangkan susu cair sedikit demi sedikit. Uleni hingga tercampur rata. Tambahkan mentega, uleni lagi dengan gerakan memutar, sesekali banting adonan. Lakukan hingga adonan licin dan kalis, kurang lebih 15 menit.

- Kumpulkan adonan menjadi satu dalam baskom. Tutupi dengan kain bersih, diamkan selama 1 jam. Tinju-tinju adonan hingga udara keluar dan adonan kempes. Bagi adonan menjadi 30 bagian, buat bulatan seperti bola. Diamkan lagi selama 10 menit. Lubangi masing-masing adonan, untuk hasil terbaik, lakukan dengan tangan.

- Goreng donat dalam minyak panas menggunakan api kecil-sedang. Goreng satu bagian hingga menguning, lalu balik hingga semua bagian berwarna kuning keemasan. Angkat, tiriskan dan tunggu hingga dingin.Hias dengan topping sesuai selera. 

Nah itu tadi cara membuat donat empuk dan mengembang sendiri di rumah. Nggak kalah lezat dari donat yang dijual di toko-toko kue deh. Selamat mencoba.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini