Sukses

Cara Membuat Telur Asin dengan Abu Gosok, Lezat dan Gurih

Liputan6.com, Jakarta Siapa sih yang nggak tahu telur asin? Telur yang terbuat dari telur bebek ini memiliki rasa gurih dan asin yang tentu saja memanjakan lidah penikmatnya. Telur asin sendiri merupakan salah satu makanan yang diawetkan sehingga dapat disimpan hingga berhari-hari tanpa takut basi. Selain rasanya yang menggoda lidah, ternyata telur asin juga banyak mengandung gizi lengkap dan kandungan mineral serta kalsium yang baik bagi kesehatan tubuh terutama bagi anak-anak yang sedang dalam proses pertumbuhan. Sebelum diasinkan telur sendiri memang sudah bergizi, namun dengan diawetkan gizi pada telur asin meningkat hingga 2 kali lipat.

Telur asin sendiri dapat dengan mudah ditemui di setiap kota di Indonesia. Terutama di daerah Brebes, Jawa Tengah yang merupakan kota penghasil telur asin. Telur asin khas Brebes ini bahkan sudah muncul sejak setengah abad yang lalu. Bahkan industri telur asin di Brebes cukup meluas dan juga tersedia berbagai pilihan rasa dan kualitas telur asin.

Tidak hanya sebagai hidangan pelengkap lauk dan nasi, kamu juga menyantap telur asin sebagai camilan sehat. Telur asin juga cocok dibawa sebagai bekal saat perjalanan, karena praktis dan juga tahan lama.

Telor asin masir yang dinilai berkualitas tinggi memiliki ciri-ciri khas dari kuning berwarna agak kemerahan, kering (kalau digigit tidak mengeluarkan cairan), tidak menimbulkan bau amis, dan rasa asin menyengat, tekstur tidak berminyak. Ciri-ciri rasa telur asin ini dianggap sempurna dan bernama telur asin masir.

Apalagi kini sudah banyak hidangan yang menggunakan telur asin sebagai sausnya atau yang biasa disebut dengan salted egg sauce. Mulai dari cumi telur asin, jamur telur asin, hingga keripik dengan bubuk telur asin. Buat kamu si pecinta salted egg, nggak ada salahnya mencoba membuatnya di rumah lho. Bahan yang kamu perlukan juga mudah ditemukan kok. Salah satu bahan utamanya adalah abu gosok. Berikut ini rangkuman liputan6.com, Sabtu (20/10/2018) cara membuat telur asin dengan abu gosok.

2 dari 4 halaman

Alat dan bahan:

10 Butir telur bebek

Abu gosok setengah ember atau 1 kg

100 gram garam dapur

Air secukupnya

1 buah ember

3 dari 4 halaman

Cara membuat telur asin:

1. Siapkan ember plastik, amplas, panci, alat pengaduk, dan wadah penyimpan telur.

2. Siapkan air ke dalam ember plastik, untuk mencuci telur.

3. Cuci bersih telur bebek yang masih mentah. Untuk mempermudah membuang kotoran di kulit telur. Kamu bisa menggunakan bantuan sikat gigi.

4. Setelah telur bersih, lap dan keringkan telur.

5. Gosok telur dengan amplas agar pori-pori di kulit telur terbuka. Tujuannya adalah untuk membuat adonan garam meresap ke dalam telur.

6. Buat campuran untuk mengasinkan telur dengan cara mencampur abu gosokmerah dengan perbandingan 1:1.

7. Campur dengan air hingga menjadi pasta.

8. Baluri telur bebek dengan adonan kira-kira setebal 1-2 mm.

9. Simpan telur dalam wadah selama 15-20 hari. Semakin lama telur disimpan, rasanya akan semakin asin dan lezat.

10. Setelah dirasa cukup waktu disimpan, bersihkan telur kemudian masak dengan cara dikukus atau direbus.

11. Telur asin siap dihidangkan.

Demikianlah cara membuat telur asin dengan abu gosok yang sangat mudah. Abu gosoknya bisa digunakan kembali untuk membuat telur asin sampai selanjutnya. Jadi jangan sampai dibuang. Telur asin ini sangat kaya dengan protein sehingg sangat baik untuk anak yang masih dalam tahap pertumbuhan.

4 dari 4 halaman

Membuat telur asin secara praktis

Jika tidak punya cukup waktu untuk membuat telur asin secara tradisional, kamu bisa memakai cara praktis yaitu dengan hanya menggunakan air dan garam. Cara membuatnya sangat mudah.

Pertama, cuci bersih lalu amplas perlahan telur agar pori-porinya terbuka sehingga garam bisa meresap dengan sempurna ke dalam telur.

Kedua, panaskan air dalam panci sampai mendidih, lalu masukan garam sedikit demi sedikit sampai larut sembari diaduk. Jika garam sudah larut, matikan panci dan dinginkan air garam sampai mencapai suhu ruangan.

Langkah terakhir, rendam telur dalam air garam hingga terendam sempurna seluruh permukaannya. Simpan rendaman telur di tempat yang kering dan bersih selama kurang lebih 3 minggu. Tapi jika kamu ingin tidak terlalu asin, cukup rendam telur selama 12 hari saja. Tiriskan telur, cuci bersih, dan telur asin siap diolah lebih lanjut.