Sukses

Fakta Menarik Kopi Putih di Balik Kehebohan karena Terbakar

Liputan6.com, Jakarta - Produk olahan kopi putih atau white coffee tengah menjadi sorotan publik. Ini bermula dari beredarnya video bubuk kopi terbakar yang disulut api di media sosial. 

Isi video itu kemudian ditanggapi BPOM RI melalui laman resmi, pom.go.id. Mereka menjelaskan varian kopi putih yang ada dalam video tersebut, termasuk dalam kategori minuman serbuk kopi gula krimer.

Komposisi produk meliputi gula, krimer nabati, kopi bubuk instan. Melalui evaluasi keamaan dan mutu oleh BPOM RI, produk tersebut telah mendapat nomor izin edar.

BPOM juga menjelaskan serbuk kopi bisa sampai terbakar. "Hal ini terjadi karena produk tersebut berbentuk serbuk, ringan dan berpartikel halus serta mengandung minyak dan memiliki kadar air yang rendah sehingga mudah terbakar dan menyala." 

BPOM melanjutkan, produk pangan yang memiliki rantai karbon (ikatan antaratom karbon), kadar air rendah, terutama yang berbentuk tipis dan berpori, dapat terbakar/menyala jika disulut dengan api. Meski begitu, BPOM memastikan produk kopi putih aman dikonsumsi.

"Apabila produk pangan sudah memiliki nomor izin edar BPOM RI, berarti produk tersebut aman untuk dikonsumsi masyarakat," demikian keterangan dari BPOM RI.

Selain cerita produk kopi putih yang sedang viral di atas, ada baiknya untuk menilik lebih dalam tentang fakta menarik soal kopi putih. Seperti apa? Yuk, simak rangkuman selengkapnya berikut ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Fakta di Balik Kopi Putih

Di Balik Kopi Putih

Kopi putih selama ini lebih diketahui pada suguhan kopi hitam biasa yang telah dicampurkan dengan susu atau krim yang membuat warnanya nampak lebih terang. Meski begitu, penyajian kopi putih di berbagai negara memang berbeda-beda.

Khusus di Indonesia, kopi putih lebih kepada biji kopi yang dipanggang tidak terlalu lama seperti biji kopi biasa. Durasi pemanggangan yang lebih singkat ini menghasilkan biji kopi yang berwarna lebih terang.

Berasal dari Malaysia

Kopi putih sendiri berasal dari kota Ipoh, Malaysia, yang diperkenalkan pada abad ke-19 dengan bahan utama biji kopi yang dipanggang bersama margarin kelapa sawit. Kopi yang dihasilkan kemudian disajikan dengan susu kental manis.

Sajian Kopi Putih di Amerika Serikat

Sementara di Amerika Serikat, kopi putih merujuk pada biji kopi yang dipanggang hingga tingkat panggang berwarna kuning. Saat disajikan sebagai espresso, biji kopi menghasilkan minuman berwarna kuning tipis dengan asam yang tinggi.

 

Geber Motor Depan Rumah, Pemuda Dipukul Emak-Emak
Loading
Artikel Selanjutnya
Jurus Pengusaha Ganjot Daya Saing Petani Kopi Indonesia
Artikel Selanjutnya
AP II Sebar Kopi Gratis ke Penumpang di Terminal III Bandara Soetta