Sukses

5 Tips Berhenti Merasa Paranoid dalam Hubungan Cinta yang Baru

Simak di sini beberapa tips untuk membuat Anda berhenti merasa paranoid dalam hubungan cinta yang baru, penasaran apa saja?

Liputan6.com, Jakarta Tidak ada yang bisa menghancurkan hubungan cinta di masa depan lebih cepat dari kekhawatiran karena hubungan di masa lalu yang buruk. Kekhawatiran tersebut bisa berubah menjadi paranoid.

Jelas masalahnya bukan pada pasangan baru Anda, namun lebih pada beban emosional dan trauma dari masa lalu. Dilansir dari yourtango.com, berikut ini adalah beberapa tips untuk berhenti merasa paranoid dalam hubungan cinta yang baru. Penasaran?

1. Sadarilah bahwa trauma tersebut berhubungan dengan masa lalu

Anda mungkin bisa mengingat perasaan di masa lalu dengan sangat jelas, namun perasaan tersebut tidak akan serupa dengan hal yang dirasakan dalam hubungan cinta saat ini.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mencari bantuan seorang profesional

2. Mencari bantuan

Pertimbangkan untuk menghubungi psikoterapis. Anda perlu merasa aman untuk mengeksplorasi hal-hal tersebut dengan seseorang yang terpercaya.

3. Tetaplah hadir di masa ini

Cobalah untuk menjadi lebih sadar dengan apa yang terjadi di sekitar Anda saat ini untuk menghilangkan ketakutan- ketakutan di masa lalu.

3 dari 3 halaman

Mencari tahu pemicu dari semua ketakutan Anda

4. Mencari tahu pemicu yang mendorong Anda terus ketakutan

Coba cari tahu pengalaman atau perjalanan apa yang Anda lalui dan menyebabkan trauma tersebut terus menerus kembali. Melakukan hal ini dengan mengikuti alur pemikiran dan asosiasi kesadaran bisa membuat Anda memahami dan mengubah ketakutan yang dialami.

5. Jujur tentang diri sendiri

Lebih jujur terhadap pilihan yang Anda buat untuk bisa mengelola emosi dengan lebih baik dan mengembangkan hubungan yang ada. Anda sendiri yang harus membersihkan sisa-sisa dari masa lalu untuk bisa berhenti paranoid tentang masa depan hubungan cinta saat ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.