Sukses

7 Trik Mudah Dapatkan Kualitas Tidur yang Lebih Baik

Liputan6.com, Jakarta Tidur menjadi masalah bagi kebanyakan orang yang memiliki pekerjaan super sibuk. Bahkan, orang yang memiliki kuantitas aktivitas sedang sering mengalami sulit tidur. Jikapun bisa tidur cepat, di tengah malam Anda akan terbangun tanpa alasan yang jelas. Pola tidur seperti ini akan merusak kesehatan Anda,

Padahal, tidur malam yang nyenyak sangat penting bagi kesehatan Anda. Sementara kebiasaan tidur Anda cukup berantakan. Untuk memperbaiki kebiasaan tidur, Anda bisa menggunakan tujuh trik seperti dikutip dari Real Simple pada Minggu (16/9/2018).

1. Memiliki jadwal tidur dan bangun yang konsisten

Semua orang sibuk seringkali sulit untuk tidur pada waktu yang sama setiap harinya. Namun sangat penting utnuk menjaga irama tidur bangun setiap harinya, bahkan ketika akhir pekan. Ini menjadi awal bagi Anda untuk mendapatkan kebiasaan tidur lebih baik.

2 dari 3 halaman

2. Matikan layar

Kebanyakan orang tidak bisa tidur karena terus menatap layar ponsel. Untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak, matikan semua layar ponsel, televisi, bahkan tablet Anda. Cahaya biru dari layar menstimulasi otak Anda untuk tetap waspada.

3. Olahraga rutin

Anda tahu persis jika olahraga rutin sangat baik bagi kesehatan secara keseluruhan. Termasuk meningkatkan kualitas tidur. Terutama jika Anda berolahraga di pagi hari. Direkomendasikan untuk melakukan olahraga kardio 20 menit sehari.

4. Jangan tidur siang

Jika Anda mendapatkan tidur malam yang buruk, Anda mungkin merasa begitu lelah di keesokan harinya. Anda akan memilih melakukan tidur siang. Namun tidur siang dapat membuat Anda lebih sulit tertidur pada malam hari berikutnya dan menjadikannya insomnia.

3 dari 3 halaman

5. Tutup jam Anda

Jika Anda sering terbangun di tengah malam dan menyadari bahwa malam masih begitu panjang, akan membuat Anda tertekan. Untuk tidur lebih baik, singkirkan jam Anda. Atur jam hanya untuk alarm.

6. Jangan minum alkohol sebelum tidur

Minum satu atau dua gelas anggur mungkin akan memberi efek menenangkan dan mengantuk. Namun begitu efek ini hilang akan membuat Anda terjaga dengan keringat bercucuran, sakit kepala, dan merasa tidak nyaman. Untuk itu, jangan sekali-kali minum alkohol menjelang tidur.

7. Aktifkan latar suara yang menenangkan

Tidur benar-benar hening justru membuat Anda tidak bisa tidur. Sebaiknya nyalakan latar suara yang menenangkan sebagai pengantar tidur Anda.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Bebas Insomnia, Teknik Ini Bantu Kamu Tertidur dalam Satu Menit
Artikel Selanjutnya
Kebiasaan Berbagi Tempat Tidur, Ungkap Kenyamanan Bersama Pasangan