Sukses

6 Hal yang Perlu Diingat Sebelum Jerawat Punggung Muncul

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang bertanya-tanya apa sih penyebab timbulnya jerawat di area punggung? Kok bisa ya? Bagaimana cara menghilangkannya? Perlu Anda ketahui Jerawat punggung itu bisa muncul ketika ada pori-pori kulit yang tersumbat, permukaan kulit kotor, perubahan iklim, terlalu sering menggunakan produk kimia, hingga penggunaan produk berbahan kimia yang tidak tepat. 

Setelah mengetahui bahwa jerawat timbul kembali pada titik area tertentu, kita dapat dengan mudah menyingkirkan jerawat tersebut. Jadi Anda tidak perlu khawatir, ubahlah gaya hidup Anda dan ikuti beberapa perawatan yang dapat membantu mengatasi jerawat. 

Dilansir dari Boldsky, Senin (10/9/2018). Berikut adalah beberapa tips dan trik yang dapat Anda gunakan atau sesuaikan dalam rutinitas harian untuk meredakan jerawat dengan tepat.

2 dari 4 halaman

1. Lakukan eksfoliasi Kulit secara teratur

Alasan pertama di balik jerawat adalah pori-pori yang tersumbat. Sama seperti wajah Anda, kulit punggung juga cenderung berminyak yang merupakan salah satu penyebab utama timbulnya jerawat. Kadar minyak berlebih dapat memicu jerawat muncul kembali.

Eksfoliasi secara teratur penting untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat. Gunakan scrub favorit Anda untuk mengeksfoliasi secara teratur. Hal ini juga akan membantu menyingkirkan sel-sel kulit mati. Setidaknya coba lakukan eksfoliasi kulit setidaknya sekali seminggu.

2. Biarkan Kulit Anda Bernafas

Tahukah Anda mengenakan busana yang terlalu ketat dapat menyebabkan jerawat?  Memakai pakaian ketat akan menjebak keringat berlebih dan ini akhirnya akan menyebabkan jerawat yang akan menyebar di seluruh area. Jika Anda menderita jerawat punggung, inilah saatnya untuk melepaskan pakaian ketat Anda. 

3 dari 4 halaman

3. Jangan Lupa untuk Mandi

Saat Anda sibuk menjaga tubuh Anda, jangan lewatkan hal-hal kecil ini. Pastikan Anda mandi segera setelah berolahraga untuk mencegah jerawat muncul di punggung Anda. Jika tidak, itu akan menyebabkan masalah yang terkait dengan kulit yang serius. Hal yang sama, ketika Anda telah menyelesaikan aktivitas diluar seperti pulang kantor, selesai kuliah. Anda harus segera membasuh badan Anda dengan bersih. 

4. Gunakan Kain Lembut

Mengusap kulit Anda dengan penuh semangat setelah mandi dengan kain kasar dapat semakin memperburuk situasi tubuh Anda. Nah, untuk mencegah jerawat menyebar di bagian belakang, pastikan Anda hanya menggunakan kain lembut untuk mengusap sisa air dengan lembut setelah mandi. 

5. Terapkan Lotion

Menggunakan lotion tubuh, tidak hanya akan membantu dalam menjaga kelembapan saja, tetapi juga membantu dalam mengobati jerawat. Jadi, ini sangat disarankan untuk menerapkan body lotion secara teratur untuk menghindari jerawat punggung.

4 dari 4 halaman

6.Bilas Kondisioner Hingga Bersih

Ada kemungkinan bahwa ketika Anda mengoleskan kondisioner pada rambut mengenai area punggung. Terkadang hal ini juga bisa menyebabkan timbulnya jerawat di area punggung. Karena kondisioner mengandung bahan kimia, bila tidak dibilas dengan baik dapat menyebabkan iritasi. Oleh karena itu, pastikan Anda membilasnya dengan baik saat keramas dan mandi. 

(Mariany)

Loading
Artikel Selanjutnya
Mengenal Conglobata, Jerawat Langka yang Mengesalkan
Artikel Selanjutnya
10 Manfaat Masker Kopi dan Madu untuk Wajah, Salah Satunya Atasi Jerawat