Sukses

Bersiap Takjub Lihat 3.500 Kostum Penari dari Rinaldy Yunardi di Asian Games

Liputan6.com, Jakarta Asian Games 2018, pesta olahraga terbesar se-Asia akan dibuka lewat opening ceremony yang megah pada Sabtu, (18/8/2018) di stadion utama Gelora Bung Karno (GBK). Sebagai tuan rumah, Indonesia berkesempatan mempromosikan kekayaan budayanya kepada seluruh negara di Asia dan dunia.

Salah satu persembahan yang akan ditampilkan dalam acara pembukaan yaitu tarian dari berbagai daerah di Indonesia yang akan dibawakan 3.500 orang. Desainer aksesori ternama yang mendunia Rinaldy Yunardi dipercaya untuk mendesain kostum semua penari.

Desainer yang akrab disapa Koh Yungyung ini mengungkapkan dirinya merancang kostum untuk tiga segmen dengan 55 desain di acara pembukaan Asian Games.

"Jadi saya membuat desain kostum untuk tiga segmen dalam acara pembukaan Asian Games. Ini menjadi suatu kehormatan bagi saya merancang kostum yang tetap mempertahankan kekayaan budaya Indonesia untuk dipromosikan di kancah internasional," kata Rinaldy Yunardi saat dihubungi via telepon pada Kamis (16/8/2018).

Tiga segmen tersebut adalam earth, fire, dan energy. Ketiga segmen ini mewakili Semangat Asia yang menjadi tema besar Asian Games 2018 di Indonesia ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Segmen pertama di pembukaan Asian Games

Segmen pertama yaitu earth lebih mengeksplorasi kekayaan bumi Indonesia. Berkolaborasi dengan koreaografer tanah air Eko Pece, Rinaldy tetap mempertahankan budaya dan busana nusantara dalam koleksi ini. Menggabungkan pakaian tradisional dari semua provinsi yang ada di tanah air sehingga menjadi sebuah koleksi yang istimewa.

Warna yang digunakan lebih bervariasi memperlihat warna-warni yang bumi negeri Indonesia. Rinaldy menggunakan kain-kain nusantara seperti batik dan tenun yang dimodifikasi dengan sentuhan yang modern dan elegan, tanpa meninggalkan nilai-nilai budayanya.

 

3 dari 4 halaman

Segmen kedua dan ketiga pembukaan Asian Games

Sementara untuk segmen kedua yaitu Fire didominasi kostum berwarna merah. Warna merah berarti semangat perjuangan untuk Indonesia di ajang perhelatan olahraga internasional Asian Games ini.

Terakhir segmen yaitu Energy yang menggambarkan energi positif dan sportivitas dalam perlombaan. Busana ini juga mewakili semangat berjuang bersama dan bergotong royong yang juga merupakan budaya Indonesia. Energi positif ini diterjemahkan Rinaldy Yunardi dalam busana yang didominasi warna putih.

 

4 dari 4 halaman

Penampilan para artis di pembukaan Asian Games

Selain merancang busana untuk 3.500 penari, Rinaldy Yunardy juga mendesain busana bagi para artis yang akan tampil di pembukaan Asian Games berkolaborasi dengan desainer kondang tanah air yaitu Didi Budiardjo seperti Rossa, Fatin, Anggun, dan GAC.

"Sebelumnya saya membawa nama Indonesia di kancah internasional lewat karya yang digunakan oleh aktris luar negeri. Namun kali ini saya lebih bangga lagi karena langsung membawa Indonesia untuk pertama kalinya di ajang olahraga bergengsi ini. Banyak tantangannya dan semua desain mulai dari persiapan hingga jadi sebuah desain membutuhkan waktu enam bulan," tutup Rinaldy Yunardi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.